1000 Hari Perlindungan

Image

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Ajarkan Si Kecil Bilingual

Mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris memang sudah menjadi tuntutan zaman. Saat Si Kecil mengusai lebih dari satu bahasa, otak secara konstan akan sibuk memilih bahasa mana yang akan digunakan.

 

Jika Bunda tertarik ingin mengajarkan bahasa asing pada Si Kecil, perhatikan hal-hal berikut ini:

 

1. Umur

Untuk Bunda yang ingin mengajarkan bahasa asing sejak dini, lakukanlah ketika umur Si Kecil 2 tahun. Pada usia 2 tahun, umumnya Si Kecil sudah mampu merangkai dua kata sekaligus. Namun jika sampai 2 tahun Si Kecil masih memiliki kemampuan bahasa ibu yang terbata-bata, sebaiknya tunda dulu niat Bunda untuk mengajarkan bahasa lain pada Si Kecil.

 

2. Konsisten

Bunda sebaiknya harus konsisten dalam mengenalkan bahasa kedua pada Si Kecil. Misalnya, ketika Bunda memutuskan menggunakan bahasa Inggris, gunakan bahasa Inggris secara konsisten setiap hari. Hindari menggabungkan bahasa Indonesia dan Inggris dalam percakapan, karena dapat membuat Si Kecil bingung mengenai tata bahasa.


3. Pelafalan

Bila Bunda tidak terlalu mahir dalam melafalkan atau menggunakan bahasa asing, sebaiknya Bunda jangan memaksakan diri. Lebih baik Bunda memasukkan Si Kecil ketempat kursus atau klub bahasa Asing.Atau Bunda juga bisa memberikan tontonan atau buku-buku berbahasa Asing.

 

4. Jangan Sampai Berambisi

Memiliki kemampuan berbahasa asing memang penting, namun jangan sampai menjadi ambisi Bunda semata. Bunda harus bijak dalam memperkenalkan bahasa asing pada Si Kecil. Penggunaan bahasa asing jangan sampai membuat Si Kecil tidak nyaman dan membuatnya enggan berkomunikasi karena bingung bahasa.

 

5. Metode Belajar Menyenangkan

Untuk menerapkan dua bahasa, seperti bahasa Inggris dan Indonesia di rumah, Bunda bisa menggunakan beberapa teknik yang mengasyikkan agar Si Kecil tidak stres dalam mempelajarinya.

Leave a comment