1000 Hari Perlindungan

Image

Perhatikan Aturan Ini Saat Ganti Popok Si Kecil

Mengganti popok memang mudah, tapi ada hal-hal yang harus Bunda perhatikan saat mengganti popok demi kenyamanan Si Kecil.

 

Si Kecil suka rewel saat popoknya diganti? Mungkin ada yang salah pada tubuhnya, terutama sekitar paha dalam, bokong, dan alat kelaminnya. Ya, Si Kecil mungkin terkena ruam popok, masalah kulit yang paling sering menyerang bayi akibat penggunaan popok. Yuk, lakukan hal-hal berikut agar Si Kecil tak lagi rewel saat ganti popok!

 

1. Sering-seringlah mengecek kondisi popok Si Kecil. Hanya karena Si Kecil tertidur lelap atau tak rewel, bukan berarti popoknya tak perlu diganti. Popok sebaiknya diganti secara rutin minimal setiap 2 – 3 jam sekali. Jangan menunggu sampai popok Si Kecil dipenuhi kotoran atau air seni untuk menghindari ia terkena ruam popok.

 

2. Pastikan perlengkapan ganti popok ada di dekat Bunda. Matras, popok bersih, kapas atau tisu basah, baskom berisi air hangat, handuk kering dan bersih, krim anti ruam, serta pakaian bersih. Pastikan semua itu ada di dekat Bunda, sehingga proses pembersihan dan ganti popok bisa dilakukan secara maksimal dan tidak ada tahap yang terlewati.

 

3. Lakukan pembersihan dari bagian depan kelamin menuju bokong Si Kecil. Bunda bisa menggunakan kapas yang dibasahi air hangat ataupun tisu basah untuk membersihkan bagian kelamin dan bokong Si Kecil. Pastikan arah pembersihannya dari depan ke belakang, untuk mencegah masuknya kotoran dari bokong ke alat kelamin. Ganti kapas atau tisu basah sesering mungkin saat membersihkan kotoran.

 

4. Keringkan dengan seksama. Setelah Si Kecil selesai dibersihkan, keringkan dengan handuk bersih dan lembut. Pastikan bagian lipatan paha, selangkangan, dan bokong benar-benar kering. Jika perlu, Bunda bisa mengangin-anginkannya sebentar sebelum memakaikannya popok bersih.

 

5. Gunakan krim jika kulit Si Kecil mengalami ruam popok. Ruam popok ditandai dengan area kulit yang kemerahan dan adanya bintil-bintil merah yang terasa gatal dan perih. Jika Bunda mendapati adanya ruam popok, oleskan krim anti ruam tipis-tipis di area kulit yang terkena ruam. Jangan lupa pilih krim anti ruam yang antibacterial dan natural untuk kulit si Kecil ya Bun, seperti Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream

 

6. Pastikan popok yang digunakan Si Kecil sesuai ukurannya. Jangan memilih popok yang sempit atau kebesaran. Pastikan ukuran popok pas baik di bagian pinggang maupun selangkangan Si Kecil. Popok yang kekecilan atau kebesaran akan memicu ruam popok dan membuat Si Kecil tidak nyaman. 

Leave a comment