1000 Hari Perlindungan
Image

Pentingnya Mengoleskan Minyak Telon Untuk Bayi Baru Lahir

Sebelum waktu melahirkan tiba, Bunda pasti sudah menyiapkan segala hal untuk persiapan menyambut kelahiran si kecil, baik persiapan mental, administrasi hingga mempersiapkan segala kebutuhan di kecil. Hari-hari menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL) pun biasanya dihabiskan Bunda dengan berbelanja untuk menyiapkan perlengkapan si kecil yang pasti menjadi momen terfavorit menjelang kelahirannya, seperti baju, tempat tidur, selimut, popok hingga minyak telon untuk bayi baru lahir untuk menjaga kesehatannya. 


Minyak telon telah digunakan secara turun temurun dan menjadi produk andalan bagi setiap orangtua yang memiliki bayi. Bayi dan balita rentan akan masuk angin, perut kembung, digigit serangga, serta mudah kedinginan walaupun sudah memakai selimut dan pakaian tebal. Untuk mencegah hal tersebut, biasanya Bunda akan mengoleskan minyak telon untuk bayi baru lahir saat ia selesai mandi dan ketika mau tidur agar tidurnya nyenyak.


          Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, nama minyak telon berasal dari Bahasa Jawa yaitu ‘telu’ yang berarti ‘tiga’ karena pada dasarnya, minyak telon memiliki 3 kandungan utama, yaitu minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa. Komposisi dari 3 kandungan utama tersebut sengaja ditakar dan disesuaikan dengan kulit bayi dan anak kecil. Hal ini bertujuan agar kandungan minyak tersebut dapat menyerap dengan efektif ke dalam tubuhnya karena lapisan kulit bayi yang masih tipis. 


Khasiat dan efek positif dari minyak telon untuk bayi baru lahir dapat langsung dirasakan oleh si kecil jika dapat diserap dengan sempurna oleh kulitnya. Pentingnya mengoleskan minyak telon untuk bayi baru lahir agar si kecil terhindar dari hal-hal berikut:


Baca Juga : Manfaat Minyak Telon Pada Bayi


1.       Kedinginan dan masuk angin

Minyak kayu putih yang terkandung dalam minyak telon dapat melebarkan pembuluh darah lokal sehingga menjaga tubuh bayi baru lahir tetap hangat saat dibalurkan. Rasa hangat dari minyak telon juga dapat memberikan rasa nyaman dan mencegah si kecil dari masuk angin akibat udara dingin. Minyak telon untuk bayi baru lahir biasa dioleskan pada tubuh bayi sehabis mandi dan sebelum tidur. 


Tuangkan minyak telon untuk bayi baru lahir pada tangan dan oleskan perlahan pada bagian tubuh bayi yang diinginkan, seperti dada, punggung, perut, tangan, kaki dan telapak kaki setiap selesai mandi, sebelum tidur atau di waktu yang dibutuhkan. Hindari pemakaian minyak telon di dekat area mata, bagian mulut dan luka terbuka karena akan menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman.

 

2.       Perut bayi kembung dan berbunyi

Bayi baru lahir di bawah usia 1 tahun sering menangis untuk mengekspresikan perasaan dan emosinya. Ini normal terjadi, namun yang perlu dikhawatirkan jika si kecil menangis tanpa henti seharian. Hal ini merupakan tanda bahwa bayi merasa tidak nyaman atau terganggu kesehatannya. Jika perut bayi kembung dan berbunyi, bayi biasanya akan mengarahkan tangannya ke bagian perut atau mulai menarik-narik bagian pakaian di dekat perutnya sambil menangis. Perut bayi baru lahir sangat mudah kembung dikarenakan sistem pencernaan mereka yang belum berkembang sempurna. 


Kembung pada bayi ditandai dengan suara unik saat perut bayi ditepuk. Hal pertama yang Bunda bisa langsung lakukan untuk membuatnya lebih nyaman yaitu dengan mengoleskan minyak telon untuk bayi baru lahir ke perutnya sambil memijat lembut untuk menenangkannya. Minyak adas yang terkandung dalam minyak telon, apabila dioleskan pada bagian perut dapat membantu meredakan perut kembung akibat masuk angin ataupun karena gas berlebih.


 Baca Juga : Bingung Memilih Produk Bayi Terbaik? Berikut Informasi Lengkapnya


3.       Si kecil mengalami flu, pilek dan hidung tersumbat

Bagi sebagian orang, gejala flu seperti pilek dan hidung tersumbat dapat disebabkan karena paparan udara dingin dalam waktu yang lama. Bayi baru lahir mudah terserang flu karena sistem daya tahan tubuhnya yang masih belum sempurna. Namun Bunda tak perlu khawatir, dengan mengoleskan minyak telon pada tubuh si kecil, ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi flu dan hidung tersumbat yang dideritanya. Pijatan yang lembut dan sederhana dapat juga Bunda lakukan untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat yang diderita bayi baru lahir untuk membuatnya merasa lebih lega dan mudah untuk bernapas kembali. 


Oleskan minyak telon untuk bayi baru lahir pada bagian dada si kecil, gosok perlahan pada dada bayi membentuk bentuk hati dengan telapak tangan Bunda. Lakukan gerakan ini beberapa kali sebelum masuk ke langkah berikutnya. Selanjutnya, buat gerakan menyilang di atas dada si kecil. Gosok perlahan bagian dada dengan gerakan tangan Bunda menyilang secara bergantian. Lakukan beberapa kali secara lembut dan perlahan. Terakhir, lakukan gerakan pijatan pada bagian hidung si kecil untuk membantu menghilangkan hidung tersumbat. Letakkan kedua telunjuk Bunda di bagian atas hidung si kecil, gosok secara perlahan ke arah atas dan melewati bagian bawah mata menuju belakang telinga dan leher si kecil. Ulangi gerakan pijatan ini hingga tiga kali.

 

4.       Susah tidur

Memijat bagian tubuh si kecil dengan menggunakan minyak telon dapat membantu melancarkan peredaran darahnya. Bagian tubuh seperti dada, punggung, perut, tangan, kaki dan leher memiliki pembuluh darah yang halus yang jika dioleskan minyak telon dengan cara dipijat perlahan akan membuat tubuh si kecil menjadi rileks saat tidur. Bayi yang baru lahir belum memiliki pola tidur yang pasti seperti orang dewasa pada umumnya. Setelah tertidur, bisa saja si kecil terbangun beberapa kali, baik saat siang maupun di malam hari. Dengan mengoleskan minyak telon untuk bayi baru lahir, aroma khasnya yang menenangkan dapat membuat si kecil tidur lebih nyenyak.

 

5. Masalah pencernaan

Terkadang ada saja masalah pencernaan yang mungkin terjadi pada bayi. Entah mengalami diare hingga konstipasi. Si kecil tentu akan rewel karena tak nyaman jika mengalaminya. Oleh sebab itulah, minyak telon untuk bayi juga dibutuhkan dalam hal ini. Kandungan minyak adas dalam minyak telon rupanya sangat baik memulihkan pencernaan mereka dari luar. Bunda dapat menggunakan metode pijat I-L-U pada perutnya secara lembut menggunakan minyak telon. Biasanya, pijatan tersebut dilakukan ketika bayi mengalami konstipasi atau belum buang air besar selama beberapa hari.


Baca Juga : Penyebab Perut Bayi Kembung dan Berbunyi


Bayi dan balita rentan akan masuk angin, perut kembung, digigit serangga, serta mudah kedinginan walaupun sudah memakai selimut dan pakaian tebal. Untuk mencegah hal tersebut, pilih minyak telon untuk bayi baru lahir yang dapat diandalkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, salah satunya dengan minyak telon dari Sleek Baby. 

Sleek Baby Telon Oil menjadi pilihan minyak telon untuk bayi baru lahir yang tepat untuk menggantikan minyak telon biasa yang selama ini Bunda berikan kepada si kecil. Sleek Baby Telon Oil ini berbeda dari minyak telon biasa pada umumnya. Sleek Baby Telon Oil memiliki kandungan 2x minyak telon biasa dan memiliki minyak anisi lebih banyak. Sehingga selain dapat menghangatkan tubuh si kecil secara lebih maksimal, Sleek Baby Telon Oil juga lebih efektif melancarkan aliran pernapasan dan mencegah kembung pada perut si kecil akibat masuk angin. Sleek Baby Telon Oil dapat menjadi andalan untuk Bunda dalam menjaga kesehatan si kecil setiap hari.

Leave a comment