1000 Hari Perlindungan

Image

Pentingnya Mengajarkan Mencuci Tangan Dengan Benar

Ajak anak untuk menjaga kesehatan sejak dini. Caranya mudah saja Bunda, ajarkan anak untuk disiplin mencuci tangan sebelum makan, setelah dari toilet. Karena dengan mencuci tangan bisa mencegah dan menghindari dari infeksi  disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Berikut ini langkah mencuci tangan yang benar untuk menjaga kesehatan si Kecil.

Pertama-tama Bunda dapat mengajarkan si Kecil dengan membasahi tangan setinggi pergelangan tangannya bagian bawah hingga air mengalir. Gunakan air yang mengalir, seperti langsung dari kran sehingga memperkecil adanya perkembangan bakteri pada penggunaan air sebelumnya.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menggunakan sabun. Sabun dapat mengurangi kuman dan bakteri yang berada di tangan dengan cepat sehingga sangat dianjurkan penggunaannya.

Untuk sabun, Bunda bisa memakai Foamy Hand Wash, sabun cuci tangan dalam bentuk busa dan mengandung formula FOOD GRADE yang aman untuk anak-anak, serta ekstrak madu yang membuat tangan si Kecil menjadi lebih halus. Bunda bisa memilih salah satu dari tiga aroma yang disukai si Kecil, yaitu Refreshing (Peach aroma), caring (Rose aroma), Soothing (Lavender aroma).

3.   Ketiga adalah menggosok tangan ke telapak tangan dengan cara menempelkan tangan kanan ke punggung tangan kemudian dilanjutkan dengan membersihkan sela-sela jari. Lanjutkan dengan bagian bawah tangan dan punggung tangan bersentuhan, gosok dengan menggunakan sabun dan yang terakhir bersihkan pula kuku si Kecil.

4.   Langkah keempat adalah dengan membilas kembali dengan menggunakan air bersih secara menyeluruh dari bagian lengan bawah hingga ujung jari.

5.   Hal yang seringkali dilupakan adalah menutup kran dengan menggunakan alat bantu. Bunda dapat mengajarkan si Kecil menutup kran menggunakan tisu atau sikut sehingga tangan tidak kotor oleh kuman lagi

6.   Terakhir keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu dan hindari menyentuh benda di sekitar wastafel ketika setelah mencuci tangan. Kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar jika telah diterapkan akan membantu si Kecil dalam menjaga kesehatan terutama pada saat musim hujan dan menghindarinya dari  berbagai jenis penyakit.

Yuk ajarkan si Kecil mencuci tangan dengan benar sejak dini, Bunda.

Leave a comment