1000 Hari Perlindungan

Image

Penting! Lima Bentuk Stimulasi untuk Pendengaran Si Kecil

Stimulasi merupakan cara yang dapat dilakukan Bunda untuk mendukung perkembangan Si Kecil. Pendengaran adalah fungsi yang sangat penting pada Si Kecil karena inilah sarana yang dapat membuat Si Kecil memahami dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

 

Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk menstimulasi pendengaran Si Kecil.

 

1. Musik

Bunda bisa menyanyikan lagu atau memainkan musik yang berirama pada Si Kecil. Pilihlah beberapa jenis lagu atau musik favorit sambil perlahan-lahan Bunda memperhatikan bagaimana reaksi Si Kecil.

 

2. Ajak Bicara

Walaupun Si Kecil belum mengerti dengan apa yang dibicarakan, Bunda tetap bisa mengajak Si Kecil berbicara karena hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan bahasanya. Ketika Bunda menirukan suara binatang hal itu bisa membuat Si Kecil tersenyum.

 

3. Mendongeng

Membacakan dongeng atau cerita sangat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Saat bercerita, Bunda bisa menceritakannya dengan nada atau intonasi yang berubah-ubah agar lebih bervariasi.

 

4. Mainan

Si Kecil yang baru berusia 0-3 bulan sangat tertarik dengan berbagai bunyi. Bunda bisa memilih mainan yang mengeluarkan bunyi dan menggoyangkan mainan tersebut untuk melihat reaksinya.

 

5. Rangsangan Berbagai Suara

Biarkanlah Si Kecil menerima rangsangan berbagai suara di dalam lingkungan rumah atau sekitarnya, seperti suara radio, TV, mesin cuci, dan alat rumah tangga lainnya.

Leave a comment