1000 Hari Perlindungan

Image

Penggunaan Disposable Diapers VS Cloth Diapers untuk Si Kecil yang Baru Lahir

Saat ini, banyak diapers (popok) bayi tersedia di pasaran. Ada disposable diapers yang banyak di minimarket, ada pula cloth diapers (clodi) yang bisa dipakai berkali-kali. Lalu bagus yang disposable atau clodi?

Tak ada yang salah dengan kedua produk di atas. Tetapi, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini, kami akan sedikit membahas plus dan minus keduanya untuk Si Kecil yang baru lahir, mengingat kulitnya sangat sensitif terhadap “benda asing”.

 

Clean and dry

Berbicara kelebihan clean and dry, disposable adalah juaranya. Pasalnya, disposable mampu menyerap cairan, sehingga permukaan diapers lebih kering. Tetapi, ada Si Kecil yang mengalami ruam karena penggunaan disposable. Sehingga Bunda harus rajin mengaplikasikan diaper rash creams. Meski demikian, Bunda perlu mengganti disposable maupun clodi setiap tiga-empat jam sekali.

 

Penampilan

Penampilan clodi agak tebal, karena clodi tersusun dari berlapis-lapis kain. Clodi juga memiliki warna cerah dan gambar lucu. Jadi Si kecil tak perlu lagi mengenakan celana pendek ketika di rumah. Untuk penampilan disposable seperti yang Bunda tahu, tebal dan berwarna putih.

 

Harga

Bunda ingin lebih hemat? Mari kita berhitung berapa uang yang akan dikeluarkan Bunda untuk popok. Disposable isi 50 untuk dibanderol Rp 90 ribu – Rp 150 ribu-an. Untuk berapa hari? Tergantung kondisi Si Kecil, buang airnya kencang atau biasa saja.

Clodi dijual sekitar Rp 75 ribu – Rp 100 ribu, tergantung bahannya. Keuntungannya, clodi dapat dipakai berulang kali bahkan tahunan. Kalau Bunda merasa clodi mahal, Bunda bisa membelinya dengan cara “menyicil”. Caranya pada bulan pertama, Bunda membeli dua clodi, lakukan sampai menginjak bulan kesembilan. Jika dirasa kurang, Bunda bisa tetap membeli setelah Si Kecil lahir.

 

Lingkungan

Menyinggung soal lingkungan, clodi sangat ramah lingkungan. Karena produk ini tak menghasilkan limbah. Berbeda dari pesaingnya, disposable menyumbangkan limbah rumah tangga, yang setiap tahunnya selalu meningkat.

 

Perawatan

Dari harga, jelaslah jika clodi lebih hemat. Bahan lembut berlapis, bisa dicuci, dan dipakai berkali-kali. Untuk perawatannya, Bunda dapat mencuci clodi dengan Sleek Baby Laundry Detergent. Dengan detergen ini, hasilnya akan lebih bersih, lembut, warna tetap terawat, dan efektif menghilangkan noda. Kandungan natural plant extract dan tanpa paraben membuat tangan Bunda tak mudah iritasi dan tetap lembut.

Leave a comment