1000 Hari Perlindungan
Image

Panduan Mempersiapkan Keperluan Bayi New Born

Menyambut kelahiran si kecil menjadi momen yang sangat membahagiakan sekaligus mendebarkan. Menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL) biasanya dihabiskan Bunda dengan berbelanja untuk menyiapkan keperluan bayi new born. Berbagai persiapan Bunda lakukan dari jauh-jauh hari, seperti mempersiapkan nama untuk si kecil, menyiapkan kamar bayi hingga berbelanja seluruh barang-barang keperluan bayi new born.

Kegiatan ini juga dipakai oleh Bunda sebagai salah satu relaksasi menjelang melahirkan. Apalagi jika semua persiapan sudah beres. Bunda otomatis akan merasa lebih tenang, begitu tanda persalinan mulai muncul. Agar persiapan dalam memenuhi keperluan bayi new born berjalan lancar dan tepat guna, berikut beberapa hal yang harus Bunda perhatikan dalam menyiapkan keperluan bayi new born:

  1. Lakukan pengecekan USG untuk mengetahui jenis kelamin si kecil. Dengan mengetahui jenis kelamin bayi yang akan lahir, ini akan membantu memudahkan Bunda dalam menyiapkan keperluan bayi new born. Jika sengaja ingin surprise tanpa mengetahui gender bayi, Bunda dapat membeli keperluan bayi new born yang unisex atau berwarna netral.
  2. Waktu yang tepat untuk mulai menyiapkan perlengkapan bayi new born adalah maksimal 1 bulan sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL). Di usia kandungan 8 bulan, biasanya ibu hamil masih cukup kuat untuk bepergian. Tapi jika bisa menyicip persiapan keperluan bayi new born lebih dini, akan lebih baik.
  3. Meski barang-barang keperluan bayi new born lucu-lucu, jangan sampai kalap ya, Bun. Sebab biaya yang Bunda keluarkan untuk belanja akan membengkak. Ingat, persalinan dan perawatan bayi setelahnya juga membutuhkan biaya tak sedikit. Sebaiknya Bunda membuat daftar keperluan bayi new born yang harus diprioritaskan terlebih dahulu agar tidak banyak barang yang tidak terpakai karena ternyata Bunda tidak memerlukannya.
  4. Memanfaatkan momen sale atau bazaar untuk belanja keperluan bayi new born menjadi langkah yang cerdas untuk menghemat pengeluaran belanja Bunda. Bunda juga dapat menanyakan kepada teman-teman atau kerabat Bunda yang memiliki pengalaman tentang rekomendasi tempat belanja keperluan bayi new born yang lengkap dengan harga yang terjangkau.
  5. Pembelian barang dalam jumlah besar juga dapat menguntungkan Bunda karena harganya bisa menjadi lebih murah jika disbanding dengan harga satuan. Keperluan bayi new born yang dapat dibeli dalam jumlah besar di antaranya adalah baby wipes atau tisu basah bayi, popok bayi sekali pakai, sabun, dan shampoo.
  6. Beberapa keperluan bayi new born juga mungkin bisa Bunda pinjam dari orang lain yang sudah tidak menggunakannya lagi dan masih dalam keadaan layak pakai, misalnya ranjang bayi atau kerangka tempat tidur bayi, stroller, alat sterilisasi botol susu, dan sebagainya. Untuk benda personal seperi pompa ASI sebaiknya tidak meminjam dari orang lain karena tidak sehat jika pompa tersebut bekas dipakai orang lain. 
  7. Beli pakaian bayi yang sedikit lebih besar, sehingga tak cepat sempit dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, pilih  baju bayi dengan kancing di bagian depan. Hal ini penting, karena akan memudahkan Bunda dalam memakai ataupun melepaskan baju si kecil. Lalu, setiap merek pakaian memiliki pola dan ukuran yang berbeda. Jadi Bunda sebaiknya tidak terlalu terpaku dengan petunjuk umur yang tercantum pada label pakaian.
  8. Setelah dibeli, Simpan perlengkapan dan keperluan bayi new born di tempat yang benar-benar terjaga kebersihannya. Lalu, cuci terlebih dahulu dengan menggunakan deterjen khusus untuk bayi, seperti Sleek Baby Laundry Detergent. Sleek Baby Laundry Detergent dibuat khusus untuk perlindungan si kecil, karena mengandung Natural Plant Extract untuk membersihkan pakaiannya secara efektif, menjaga serat kain dan menyingkirkan bau tidak sedap.
  9. Belilah popok sekali pakai minimal 5 pak. Di hari-hari pasca melahirkan, Bunda disarankan untuk menggunakan popok sekali pakai untuk membantu memudahkan pekerjaan. Namun, selanjutnya Bunda bisa menggunakan popok cloth diaper yang bisa dicuci dan pakai kembali. Selain lebih hemat, popok kain lebih ramah lingkungan juga lho, Bund!
  10. Dari sekian banyaknya jumlah barang keperluan bayi new born yang dibeli, Bunda sebenarnya dapat mengurangi pembelian sejumlah barang yang biasa didapatkan dari kado pemberian teman-teman atau kerabat Bunda. Barang keperluan bayi new born yang umumnya diberikan sebagai kado antara lain:

Baca Juga : Tips Mudah Mengatasi Nafas Bayi Berbunyi Grok Grok

    • Perlengkapan mandi bayi seperti sabun, sampo, handuk dan toiletries lainnya.
    • Gendongan bayi.
    • Selimut bayi.
    • Sarung tangan, kaos kaki dan sepatu bayi.
    • Tas untuk membawa keperluan bayi new born.
  1. Keperluan bayi new born lain juga perlu Bunda persiapkan. Produk-produk ini memang nampak kecil, namun besar manfatnya.  Mulai dari obat-obatan, thermometer digital, pipet kecil untuk mengeluarkan ingus, alat pelembab ruangan (humidifier) dan krim antibakteri, dapat dimasukkan ke dalam daftar perlengkapan.
  2. Perlengkapan keluar seperti gendongan bayi, selimut, stroller, dan car seat jangan sampai lupa Bunda persiapkan juga. Sebab walupun masih dalam situasi darurat Covid-19, ada kalanya bayi new born akan dibawa keluar rumah untuk kepentingan mendesak seperti imunisasi ke dokter spesialis anak.
  3. Pilih beberapa benda yang praktis dan multifungsi. Misalnya saja ranjang bayi yang bisa diubah menjadi tempat tidur anak ketika si kecil nanti menginjak usia 2 tahun. Selain itu, pilih juga stroller yang travel friendly, karena biasanya sangat mudah dilipat, compact, dan ringan dibawa kemanapun.
  4. Beberapa perlengkapan utama yang perlu Bunda siapkan, antara lain baju bayi, celana bayi, selimut bayi, kaus kaki bayi, popok bayi, tisu basah bayi, handuk bayi, sabun bayi, sampo bayi, minyak telon bayi, kain bedong, gendongan, bantal peyang, bedcover, perlak bayi, krim diaper, dan tas bayi untuk membawa seluruh perlengkapan ketika bepergian.
  5. Sebagai keperluan bayi new born menyusui nanti, siapkan juga berbagai perlengkapan menyusui. Seperti alat pumping, botol susu, kantong ASI, sterilizer dan cooler bag. Jangan lupa, cuci semua perlengkapan ini sebelum disterilisasi dengan Sleek Baby Bottle & Nipple Wash.


Selain keperluan bayi new born, prioritaskan produk-produk untuk menunjang kebersihan perlengkapan si kecil. Sleek punya beragam produk tersebut, mulai dari sabun pencuci botol, liquid deterjen, hingga sabun dan sampo mandi. Sementara untuk menjaga kesehatannya, pastikah  Bunda selalu  menggunakan Sleek Baby Telon Oil. Sleek Baby Telon Oil mengandung 2x telon biasa yang ampuh menghangatkan tubuh si kecil selama berjam-jam. Selain itu, kandungan minyak anisinya pun lebih banyak sehingga efektif mencegah perut kembung dan melancarkan pernapasan bayi.


Leave a comment