1000 Hari Perlindungan

Image

Musim Hujan Datang, Ini Dia Tips Supaya Baju ga Bau Apek

Jangan salahkan musim hujan hanya karena baju bau apek. Bau tak sedap yang berasal dari cucian belum kering tersebut bisa dihindari kok, Bun. Meski tak dipungkiri, akhir-awal bulan, Indonesia memiliki curah hujan cukup tinggi. Tetapi bukan berarti kita pasrah terhadap kondisi ini, apalagi jika baju kotor Si Kecil menumpuk.

 

Untuk menghindari bau apek pada baju Si Kecil, Bunda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

 

Pemisahan. Pisahkan baju Si Kecil dan baju dewasa, lalu kelompokkan baju putih dan berwarna. Masukkan baju ke dalam mesin cuci atau ember sesuai kapasitasnya.

 

Detergent. Bau apek juga dipengaruhi detergent (komposisi). Jika Bunda tak mau baju berbau apek, pilih detergent berbahan baku natural atau dari ekstrak tanaman. Bahan tersebut dapat menjaga baju tetap bersih, tak mudah apek, bahkan efektif menghilangkan noda. Jangan lupa pilih juga detergent yang telah melalui uji dermatologis untuk memastikan produk tidak menyebabkan iritasi pada Si Kecil dan bebas paraben, seperti Sleek Baby Laundry Detergent.

 

Perendaman. Setelah memisahkan baju, tuang detergent, dan baju siap direndam. Cukup rendam 10-15menit saja, terlalu lama merendam juga bisa menyebabkan bau apek.

 

Cuci dan bilas. Pada mesin cuci otomatis, proses mencuci akan dilanjutkan dengan membilas dan mengeringkan. Jika tidak, Bunda mengatur putaran, waktu, dan suhunya. Pada proses pengeringan, pilih putaran maksimal supaya meminimalkan sisa air pada baju. Bagi yang mencuci manual, langsung saja mengucek baju satu per satu. Kucek pada bagian noda, jika perlu, tambah sedikit detergent pada noda membandel. Setelah itu, langsung bilas menggunakan air bersih.

 

Pengeringan. Kalau Bunda memiliki mesin pengering, gunakan saja. Karena proses ini dapat menghemat waktu, tenaga, dan tentu saja mengurangi bau apek.

 

Penjemuran. Jika tak ada mesin pengering, jemur baju di bawah sinar matahari langsung. Akan lebih baik kalau Bunda punya atap pelindung jemuran otomatis. Jadi bisa ditutup sewaktu-waktu kalau datang hujan. Kalau tidak ada? Jemur di dalam ruangan yang agak lapang dan memiliki ventilasi cukup baik, lalu hidupkan kipas angin untuk menghalau bau apek.

 

Bunda ada cara lain mengusir bau apek? Berbagi info di kolom komentar ya. Selamat mencuci.

 

Leave a comment