1000 Hari Perlindungan
Image

Mitos atau Fakta? 5 Manfaat Minyak Telon Untuk Wajah

Minyak telon yang populer di Indonesia karena secara turun temurun digunakan oleh para Ibu yang memiliki bayi, ternyata tidak hanya memberikan rasa hangat, nyaman dan khasiat pada bayi saja. Lebih dari itu, kandungan bahan-bahan alami pada minyak telon memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh, baik untuk bayi maupun orang dewasa. Penasaran, apa saja yang bisa Bunda dapatkan dari khasiat kombinasi minyak-minyak esensial alami tersebut?

Kandungan Minyak Telon

          Minyak telon sudah menjadi benda wajib bagi sebagian besar orang tua yang memiliki bayi. Minyak telon biasanya digunakan atau dioleskan kepada bayi atau balita setelah mandi dan sebelum tidur. Nama minyak telon itu sendiri berasal dari Bahasa Jawa yaitu dari kata ‘telu’ yang berarti ‘tiga’ karena pada dasarnya kandungan minyak telon sendiri berasal dari 3 bahan minyak utama, yaitu minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa dengan kadar perbandingan masing-masing minyak yang telah disesuaikan. Setiap minyak dalam kandungan minyak telon tersebut memiliki manfaatnya tersendiri bagi si kecil. Berikut 3 minyak utama dalam kandungan minyak telon:

1.       Minyak Kelapa (Oleum Cocos)

Minyak kelapa dalam kandungan minyak telon merupakan minyak kelapa yang diekstrak dari kelapa segar tanpa campuran bahan kimia apapun. Minyak kelapa dipercaya menjadi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain sebagai antioksidan, minyak kelapa juga bersifat antimikroba yang memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari mikroorganisme dan menghindari kulit si kecil dari infeksi dan gatal-gatal. Minyak kelapa juga dapat melembabkan kulit si kecil loh, Bunda!

2.       Minyak Kayu Putih (Oleum Cajuput)

Minyak kayu putih berasal dari ekstrak penyulingan daun dan ranting pohon kayu putih. Setelah dilakukan penyulingan, minyak yang dihasilkan ini mengandung bahan kimia bernama Sineol yang memberikan sensasi hangat ketika dioleskan ke tubuh. Selain memberikan rasa hangat, minyak kayu putih dalam kandungan minyak telon dapat meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk dan serangga lainnya.

3.       Minyak Adas Manis/Anisi (Oleum Anisi)

Minyak adas merupakan minyak hasil ekstraksi dari tanaman adas yang banyak ditemui di daerah Timur Tengah. Minyak adas dalam kandungan minyak telon efektif untuk meredakan perut kembung akibat masuk angin ataupun gas berlebih di dalam tubuh si kecil. Selain itu, minyak adas dapat meredakan masalah pernapasan pada si kecil seperti hidung tersumbat dan pilek akibat influenza yang membuat si kecil tidak nyaman saat tidur di malam hari. Minyak adas juga mengandung sifat antibakteri. Minyak telon dari Sleek Baby, Sleek Baby Telon Oil, berbeda dari minyak telon biasa pada umumnya. Sleek Baby Telon Oil memiliki kandungannya lebih banyak dari minyak telon biasa dan memiliki minyak anisi lebih banyak sehingga selain dapat menghangatkan tubuh si kecil lebih maksimal, Sleek Baby Telon Oil juga lebih efektif melancarkan aliran pernapasan dan mencegah kembung pada perut si kecil akibat masuk angin.

Komposisi dari setiap minyak dalam kandungan minyak telon sengaja ditakar dan disesuaikan dengan kulit bayi dan anak kecil. Hal ini bertujuan agar kandungan minyak tersebut dapat menyerap dengan efektif ke dalam tubuhnya karena lapisan kulit bayi yang masih tipis.

 

Manfaat Minyak Telon

          Minyak telon secara turun temurun memang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi bayi, di antaranya adalah menghangatkan tubuh si kecil agar terhindar dari masuk angin; melindungi si kecil dari gigitan serangga; membuat si kecil tidur lebih nyenyak; mencegah perut kembung; meredakan flu, pilek dan hidung tersumbat; melancarkan peredaran darah; serta melembabkan kulit si kecil.

          Selain memberikan banyak khasiat dan manfaat bagi si kecil, minyak telon juga memberikan manfaat yang sama untuk orang dewasa. Bahkan, minyak telon dipercaya memberikan manfaat untuk kulit wajah. Tiga kandungan minyak utama memberikan manfaat minyak telon untuk wajah sebagai berikut:

1.       Melembabkan kulit

Manfaat minyak telon untuk wajah yang pertama adalah dapat melembabkan kulit. Kandungan minyak kelapa pada minyak telon termasuk salah satu bahan pelembab alami untuk kulit. Minyak kelapa dapat meningkatkan kelembaban kulit pada orang yang memiliki masalah kulit kering dan juga dapat mencegah timbulnya jerawat.

 

2.       Mengatasi eksim

Kemunculan eksim ditandai dengan adanya ruam kemerahan dan rasa gatal pada kulit, kulit mengering dan menebal secara kronis yang biasanya terjadi pada bagian kulit tangan, wajah, leher dan kaki. Hal-hal yang dapat menjadi penyebab munculnya eksim antara lain adalah alergi terhadap bahan kimia tertentu yang terdapat pada produk pembersih kulit dan sabun, berkeringat, penurunan kelembaban dan perubahan suhu udara secara tiba tiba serta alergi pada jenis kain tertentu pada pakaian. Maka manfaat minyak telon untuk wajah selanjutnya adalah minyak telon dipercaya dapat mengatasi eksim saat terjadi pada kulit wajah. Kandungan minyak kelapa pada minyak telon dipercaya dapat mengatasi gejala dermatitis atopik (eksim) yang berupa ruam kemerahan pada kulit. Pada sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of International Dermatology, disebutkan bahwa minyak kelapa dapat menurunkan indeks SCORAD atau Scoring of Atopic Dermatitis.

 

3.       Mengatasi jerawat

Banyak yang meyakini bahwa manfaat minyak telon untuk wajah salah satunya adalah dapat membantu mengatasi jerawat membandel. Manfaat minyak telon untuk wajah satu ini diklaim berasal dari kandungan minyak adas yang diketahui memiliki sifat anti-bakteri. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu penyebab jerawat karena disebabkan oleh infeksi bakteri. Tidak hanya itu, berdasarkan hasil penelitian oleh tim peneliti di Mesir, minyak adas juga dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi. Inflamasi atau peradangan juga menjadi penyembab timbulnya jerawat pada wajah. Selain minyak adas, manfaat minyak telon untuk wajah lainnya juga dapat berasal dari kandungan minyak kayu putih di dalamnya. Kandungan minyak kayu putih pada minyak telon dipercaya tidak hanya meredakan masuk angin dan perut kembung, namun juga dapat mengempeskan jerawat yang meradang. Kandungan sineol pada minyak kayu putih bersifat anti-inflamasi (anti peradangan) dan anti-bakteri sehingga dapat membunuh bakteri di permukaan dan dalam pori-pori kulit wajah, membantu meredakan bengkak merah pada jerawat yang meradang dan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Tentu saja, hindari memegang apalagi memencet jerawat dengan tangan agar tidak meninggalkan bekas luka pada wajah.

 

4.       Menghilangkan noda hitam pada kulit wajah

Manfaat minyak telon untuk wajah juga dipercaya dapat menghilangkan noda hitam pada kulit wajah. Selain dapat melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih halus, kandungan minyak kelapa pada minyak telon juga dipercaya dapat memberikan manfaat minyak telon untuk wajah lainnya yaitu membantu menghilangkan noda hitam pada kulit wajah dengan cara mengaplikasikan minyak telon ke bagian wajah yang memiliki noda hitam secara teratur. Hindari penggunaan minyak telon dekat area sensitif di wajah, seperti mata, untuk menghindari terjadinya iritasi.

 

5.       Mengatasi infeksi

Mengatasi infeksi yang terjadi pada kulit wajah menjadi salah satu manfaat minyak telon untuk wajah. Kandungan minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa yang terdapat pada minyak telon juga bermanfaat untuk mengatasi infeksi pada kulit. Minyak telon memiliki sifat antiseptic yang mempu menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit yang terinfeksi.

          Meskipun dipercaya memberikan banyak manfaat, namun belum ada pengujian secara klinis yang pasti untuk membuktikan kebenaran akan manfaat minyak telon untuk wajah, secara khusus. Lebih baik tetap hubungi dokter untuk mengatasi masalah yang terjadi pada kulit ya, Bunda.

Leave a comment