1000 Hari Perlindungan
Image

Minyak Telon Bayi, Seberapa Penting? Kenali Ragam Khasiatnya

Bayi yang baru lahir tentu mendatangkan kebahagiaan bagi kedua orangtuanya. Selain melanjutkan kewajiban menyusui untuk menunjang pertumbuhannya, si kecil juga butuh dirawat tubuhnya agar selalu bersih dan sehat.  Di Indonesia, produk yang wajib punya bagi para ibu adalah minyak telon bayi. Minyak ini pun digunakan turun-temurun sejak zaman dahulu kala.


Sudah punya minyak telon bayi? Umumnya minyak tersebut digunakan seusai mandi, sebelum tidur, atau sekadar menghangatkan tubuh. Jadi, memang stok harus selalu tersedia dalam beberapa ukuran. Mulai dari 30 ml, 60 ml, 100 ml, dan 150ml. Ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Semisal untuk traveling, beli yang 30ml agar mudah dibawa kemanapun. Di rumah, gunakan yang paling besar sekalian, yaitu 150ml. 


Tiga Bahan Alami Dalam Minyak Telon Bayi

Nama minyak telon berasal dari bahasa Jawa, 'telu' yang berarti 'tiga'. Seperti namanya, minyak telon merupakan gabungan dari tiga jenis minyak seperti minyak eucalyptus, adas, dan kelapa. Tiap kandungan alami dalam minyak telon bayi tersebut, pastinya membawa manfaat yang berbeda untuk sang buah hati. Berikut penjelasan lengkap masing-masing manfaatnya:


- Minyak eucalyptus

Kandungan minyak eucalyptus yang terdapat dalam minyak telon menciptakan sensasi rasa hangat saat dioleskan ke kulit. Kandungan ini tidak hanya menghangatkan, tetapi juga dapat meredakan rasa gatal akibat gigitan tungau.


- Minyak adas

Selain minyak kayu putih, telon juga mengandung minyak adas yang mampu meredakan sakit perut, dan hidung meler. Selain itu, dalam minyak adas juga terkandung senyawa antimikroba yang dipercaya mampu mencegah infeksi dan menghambat pertumbuhan jamur tertentu yang mungkin menyebabkan penyakit kulit.


- Minyak kelapa

Kandungan minyak kelapa yang terdapat dalam minyak telon bermanfaat untuk melembapkan kulit, tidak terkecuali kulit bayi. Kandungan ini mampu menghidrasi kulit dengan baik, serta terbukti mampu mengatasi gejala eksim yang ditandai dengan ruam dan gatal. Minyak kelapa yang memiliki sifat antimikroba, juga mampu melindungi kulit dari mikroorganisme yang mungkin bisa menyebabkan infeksi kulit.


Baca Juga : Ibu Harus Tahu, Begini Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi


Manfaat Minyak Telon Bayi Bagi Kesehatan

Secara keseluruhan, minyak telon bayi dengan tiga kandungan alaminya memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan sekadar menghangatkan, melembapkan kulit, atau meredakan sakit perut. Lebih dari itu, minyak telon mampu ampuh dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan baik untuk bayi dan orang dewasa sebagai berikut:


1. Meringankan kejang otot

Bila mengalami kejang otot dengan rasa sakit yang masih dapat ditoleransi, mengoleskan minyak telon ternyata dapat membantu untuk meredakan kejang tersebut. Hal tersebut dikarenakan campuran minyak kayu putih dan adas pada minyak telon ini mempunyai efek relaksasi pada otot. Selain itu, eucalyptamint pada minyak kayu putih digunakan sebagai obat untuk mengatasi kejang otot dan radang sendi.


2. Mengatasi perut kembung

Perut tiba-tiba terasa begah? Itu tandanya kamu mengalami kembung. Kembung juga sering dirasakan para bayi dengan tanda sering menangis tanpa henti. Istilah medisnya, kini lebih familiar disebut dengan kolik. Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, coba oleskan minyak telon pada perutmu atau si kecil. Hal ini berkat kandungan minyak adas pada minyak telon dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada perut.  Pada sebuah penelitian tahun 2016, ditemukan bahwa campuran minyak adas dan minyak yang mengandung kurkumin dapat mengurangi gejala pada penderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) ringan.


3. Melegakan pernapasan

Walaupun aromanya tergolong  lembut saat dihirup, minyak telon bayi ternyata juga ampuh melegakan pernapasan. Hal ini dikarenakan kandungan minyak eucalyptus di dalamnya bersifat dekongestan, sehingga membantu seseorang meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat yang mengganggu tidurmu. Kamu bisa mengoleskan beberapa tetes minyak telon bayi di sekitar area hidung untuk mengatasi masalah tersebut.


Baca Juga : Si Kecil Menyusu dari Botol? Perhatikan Hal Ini Agar Selalu Aman Digunakan


Perbedaan Minyak Telon Bayi dan Kayu Putih


Meskipun digunakan untuk tujuan yang sama yakni menghangatkan tubuh, minyak kayu putih dan minyak telon itu berbeda. Perbedaan utama terletap pada komposisinya. Kebanyakan minyak telon terbuat dari campuran minyak kelapa, minyak adas, dan minyak eucalyptus dengan kadar yang berbeda-beda. Sementara, minyak kayu putih terbuat dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih, yakni pohon jenis Melaleuca leucadendra atau Melaleuca cajuputi.


Baik minyak kayu putih maupun minyak kayu telon, keduanya sama-sama memiliki efek aromaterapi. Namun, aroma minyak kayu putih jauh lebih kuat ketimbang minyak telon. Selain itu,  sensasi hangat yang dirasakan juga berbeda. Minyak kayu putih terasa lebih hangat di kulit ketimbang minyak telon. Itulah sebabnya, minyak telon lebih sering digunakan bayi dan minyak kayu putih dipakai orang dewasa.


Sedangkan dari sisi tekstur, minyak kayu putih cenderung tidak licin dan lebih cepat meresap di kulit. Tekstur seperti ini juga yang membuat kayu putih sebaiknya dihindari untuk bayi, karena bisa mengiritasi kulitnya. Kalau minyak telon, terasa lebih kental dan licin serta lebih lama meresap di kulit.


Adakah Manfaat Minyak Telon Bayi untuk Dewasa?


Minyak telon memang aman digunakan oleh segala usia, mulai dari bayi hingga dewasa atau orangtua. Akan tetapi, kebanyakan minyak telon biasanya dibuat khusus untuk kulit bayi dan anak-anak. Jarang, bahkan hampir tidak ada produk minyak telon yang ditujukan untuk orang dewasa.


Seperti dilansir dari laman The Royal Children’s Hospital Melbourne, kulit orang dewasa jauh lebih tebal dibanding kulit bayi dan anak-anak. Oleh karena itu jika minyak telon dipakai orang dewasa, intensitas efek yang muncul mungkin akan terasa berbeda dari yang diharapkan.


Jika orang dewasa tetap ingin mencoba pakai minyak, kamu dapat mencoba mengoleskan lebih banyak minyak telon untuk bisa mendapatkan manfaat yang serupa dirasakan anak. Namun perlu diingat juga, minyak telon berpotensi dapat mengakibatkan iritasi kulit jika terlalu banyak.


Sementara itu, kulit anak dan bayi jauh lebih tipis daripada orang dewasa. Oleh karenanya, tubuh mereka akan lebih mudah dan cepat menyerap zat apa pun yang dioles ke kulit. Sehinigga bayi dan anak-anak bisa langsung merasakan efek losion atau minyak yang dioleskan ke kulitnya.


Mitos Minyak Telon Bayi yang Tidak Aman


Walaupun memiliki banyak manfaat, minyak telon bayi sempat diisukan tidak aman digunakan. Mengapa demikian? Panas minyak telon dianggap kurang cocok dan dapat memicu iritasi pada kulit bayi. Bagi para ibu yang akan menggunakan minyak telon bayi, harap memastikan memilih produk dengan bahan alami dan ramah bagi kulit bayi. Sebab minyak telon tergolong bahan iritan. Apabila digunakan berlebihan dapat menimbulkan ruam pada kulit.


Namun, sebenarnya semua itu kembali pada kulit masing-masing bayi. Jika kulit si kecil tergolong sensitif, sebaiknya jangan digunakan terlalu sering dan gunakan dalam beberapa tetes saja alias tidak banyak atau berlebihan.


Anjuran Pemakaian Minyak Telon Bayi

Saat menggunakan minyak telon bayi pada si kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar minyak tersebut aman digunakan dan khasiatnya terasa lebih maksimal:


- Mengoleskan minyak telon secukupnya setelah bayi mandi.

- Ketika suhu udara sedang tinggi, hindari pemakaian minyak telon terlalu banyak.

- Hindari pemakaian di area sensitif, seperti wajah atau area selangkangan.

- Cukup oleskan pada bagian perut, punggung, lengan dan tungkai bawah.

- Pastikan, si kecil tidak alergi minyak telon.


Rasakan Manfaat Lebih Sleek Baby Telon Oil


Berbeda merek, khasiat yang diberikan minyak telon bayi umumnya juga tak sama. Maka saat membeli produk perawatan untuk sang buah hati ini, pastikan pilihanmu jatuh pada Sleek Baby Telon Oil. Apa bedanya dengan merek minyak telon lain? 


Sleek Baby Telon Oil yang diproduksi oleh Kino mengandung 2x lebih banyak telon, dengan kandungan Oleum Cocos (Minyak Kelapa) 60%, Oleum Anisi (Minyak Adas Manis) 20%, serta Oleum Cajuputi (Minyak Kayu Putih) 20%. Sehingga membantu memberikan rasa hangat pada bayi dan membantu meredakan perut kembung secara lebih efektif. Dapatkan minyak telon bayi ini di supermarket atau toko-toko bayi terdekat. Tersedia dalam dua ukuran, yakni 70ml 30ml yang praktis dibawa kemanapun dan dimanapun.

Leave a comment