1000 Hari Perlindungan

Image

Mengobati Ruam yang Terjadi Akibat Penggunaan Popok

Penggunaan popok sehari-hari merupakan hal yang wajar sekaligus dibutuhkan oleh Si Kecil. Sebab, popok bisa membantu Si Kecil agar dapat buang air secara lebih mudah. Meskipun sangat bermanfaat, namun penggunaan popok juga bisa memberikan efek samping. Salah satunya efek samping yang sering terjadi yakni ruam pada kulit Si Kecil.

Ruam pada kulit terjadi akibat kondisi kulit Si Kecil yang tertutup oleh popok dan bersentuhan langsung dengan kotoran yang ada di popoknya. Biasanya, Si Kecil akan merasa tidak nyaman dan menangis ketika ruam hadir di bagian kulit sekitar popoknya. Lalu, apa yang harus Bunda lakukan? Berikut ini ulasannya.


Mengenal Penyebab Ruam Pada Kulit Si Kecil

Sebelum mengobati ruam pada kulit Si Kecil, Bunda harus mengetahui lebih dulu langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah ruam. Mencegah ruam bisa dilakukan dengan cara mencari tahu apa saja penyebab ruam hadir pada kulit Si Kecil. Berikut ini beberapa penyebabnya :

1. Gesekan

Biasanya, ruam terjadi karena adanya gesekan antara kulit dengan popok yang basah oleh kotoran. Kulit Si Kecil yang sensitif membuat gesekan tersebut menghasilkan ruam. Biasanya, ruam akan berwarna merah pada daerah sekitar popok Si Kecil. Untuk mencegah ruam akibat gesekan, Bunda bisa mengganti secara rutin popoknya setelah Si Kecil buang air atau setiap 3 jam. Sehingga, ruam bisa dicegah dan kulit Si Kecil pun akan senantiasa terlindungi. 

2. Alergi

Selain gesekan, ruam pada kulit Si Kecil juga bisa terjadi akibat adanya alergi. Alergi dapat disebabkan oleh beragam hal, salah satunya yakni dari popok yang digunakannya. Si Kecil bisa mengalami ruam akibat penggunaan popok yang kurang tepat, sabun yang tidak cocok untuk kulitnya sampai tissue yang digunakan untuk membersihkan kulitnya setelah buang air. Agar bisa mencegahnya, cari tahu penyebabnya, lalu hindari agar bisa mencegah ruam hadir pada kulit Si Kecil.


Cara Mengobati Ruam

Setelah mengetahui langkah-langkah pencegahannya, Bunda juga perlu mengetahui cara untuk mengobati ruam apabila terjadi pada kulit Si Kecil. Berikut ini beberapa cara yang bisa Bunda lakukan :

1. Menggunakan popok katun

Penggunaan popok sekali pakai memang praktis dan bisa memudahkan Bunda ketika menggantinya. Namun, popok sekali pakai seringkali menjadi penyebab hadirnya ruam karena tidak cocok untuk kulitnya yang sensitif. Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda bisa mengganti popok sekali pakai dengan popok yang berbahan katun. Ganti pula popok Si Kecil secara rutin setelah buang air agar bisa mencegah kulitnya dari ruam. 

2. Mengoleskan minyak zaitun dan minyak kelapa

Ketika Bunda menemukan ruam pada kulit Si Kecil, maka salah satu langkah pengobatan alami yang bisa digunakan yakni dengan menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak zaitun berguna untuk menjaga kelembaban kulit Si Kecil agar lebih sehat. Sementara itu, minyak kelapa bisa berperan sebagai antiseptik untuk meredakan ruam pada kulit Si Kecil. Oleskan minyak kelapa pada kulit yang kemerahan karena ruam. Setelah kering, oleskan minyak zaitun agar kelembaban kulit Si Kecil terjaga.

3. Membiarkan kulit “bernafas”

Kondisi kulit yang tertutup popok menjadi salah satu penyebab ruam sulit untuk dihilangkan. Untuk itu, sebaiknya Bunda membiarkan kulit Si Kecil yang mengalami ruam untuk bernafas sejenak. Bunda bisa membuka popoknya sejenak lalu membiarkannya terkena udara sampai kering atau coba beberapa jam dalam sehari untuk tidak menggunakan popok terlebih dahulu.

4. Menggunakan diaper cream

Cara terakhir yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi ruam pada kulit Si Kecil yakni dengan menggunakan diaper cream. Bunda bisa menggunakan Sleek Baby Natural Antibacterial Diaper Cream untuk mengatasi dan mencegah ruam pada kulit Si kecil. Tak hanya itu, penggunaan baby diaper cream juga berguna untuk mencegah sekaligus mengobati kulit dari ruam serta menjaga kelembaban kulit Si Kecil. Oleskan Sleek diaper cream setiap sebelum menggunakan popok dan setelah membersihkan kulitnya dari kotoran. Dengan menggunakan diaper cream, kulit Si Kecil akan terjaga kelembabannya dan lebih sehat karena bebas dari ruam.


Itulah berbagai cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi ruam pada kulit Si Kecil. Perhatikan selalu kesehatan kulitnya agar Si Kecil bisa tumbuh dan berkembang secara normal. Semoga bermanfaat, Bun!

Leave a comment