1000 Hari Perlindungan

Image

Mengapa Bunda Tidak Perlu Khawatir Saat Si Kecil Main Kotor-kotoran?

Bermain merupakan salah satu aktivitas yang sangat disukai dan identik dengan anak-anak. Saat bermain, Si Kecil akan merasa terhibur sekaligus membantu tumbuh kembangnya. Sayangnya, seringkali Si Kecil bermain tidak pada tempat yang higienis dan seringkali lebih tertarik untuk bermain di tempat yang kotor.


Jika Si Kecil bermain di tempat yang kotor, biasanya para Bunda akan merasa khawatir, bukan? Kekhawatiran tersebut merupakan hal yang wajar mengingat di tempat yang kotor biasanya terdapat berbagai bakteri dan virus yang berbahaya untuk Si Kecil. Namun, Bunda tidak perlu khawatir saat Si Kecil main kotor-kotoran karena ada beragam manfaat yang akan didapat sebagai berikut :


Melatih Motorik Si Kecil

Proses tumbuh kembang merupakan hal yang perlu Bunda perhatikan dalam upaya menyukseskan perlindungan 1000 hari pertamanya. Salah satu cara untuk membantu proses tumbuh kembang Si Kecil yakni dengan memberikan rangsangan pada Si Kecil. Ketika Si Kecil bermain kotor-kotoran, maka secara tidak langsung Si Kecil juga mendapatkan rangsangan karena motoriknya yang terlatih. Karena, ketika Si Kecil bermian di tempat yang kotor, maka sensor motorik Si Kecil akan lebih terlatih dalam membedakan tekstur benda yang halus, kasar, licin dan lain-lain. Proses ini akan jadi media pembelajaran yang alami bagi Si Kecil sehingga Bunda perlu memberikannya sesekali.


Meningkatkan Daya Jelajah

Bermain kotor-kotoran di tempat yang dekat dengan alam mungkin dapat membuat Bunda khawatir dengan berbagai risiko yang mungkin hadir. Namun, ketika Si Kecil bermain kotor-kotoran di tempat yang dekat dengan alam, secara tidak langsung proses tersebut akan membantu meningkatkan daya jelajahnya. Sebagai contoh, ketika Si Kecil bermain di tempat yang berlumpur, maka Si Kecil akan mengetahui seperti apa bentuk lumpur dan apa saja yang akan dirasakannya saat bermain di tempat berlumpur. Pengalaman tersebut akan membantu Si Kecil dalam meningkatkan daya jelajahnya dan akan sangat berguna dalam proses tumbuh kembang Si Kecil.


Meningkatkan Kreativitas Si Kecil

Ketika bermain, Si Kecil tidak hanya membuat dirinya merasa terhibur melainkan juga berimajinasi dengan apa yang dilakukannya. Imajinasi merupakan hal yang sangat penting karena tingkat imajinasi yang tinggi dapat meningkatkan kreativitas Si Kecil. Saat bermain kotor-kotoran, seperti di pantai misalnya, Si Kecil akan berimajinasi dan berkreasi dengan pasir pantai yang ada dihadapannya. Proses ini merupakan proses alami yang dibutuhkan Si Kecil dalam meningkatkan kreativitasnya dan Bunda tidak perlu khawatir ketika SI Kecil bermain di tempat yang kotor sekalipun. 


Membantu Sistem Imun Si Kecil

Bunda mungkin akan merasa khawatir ketika Si Kecil bersentuhan dengan kotoran, bukan? Rasa khawatir tersebut merupakan hal yang wajar mengingat daya tahan tubuh Si Kecil cenderung lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Namun, sebaiknya Bunda tidak mencegah Si Kecil bersentuhan dengan kotoran karena proses tersebut justru akan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh Si Kecil. Saat Si Kecil bermain kotor-kotoran dan bersentuhan dengan kotoran, maka lambat laun Si Kecil akan terbiasa dengan kotoran tersebut dan tubuhnya akan bereaksi dengan membentuk antibodi. Sehingga, antibodi dalam tubuh Si Kecil akan meningkat secara perlahan berkat aktivitas bermain yang dilakukannya.


Memberikan kebebasan kepada Si Kecil untuk bermain kotor-kotoran merupakan langkah bijak yang dapat membantu tumbuh kembangnya. Namun, Bunda juga perlu memberikan perlindungan dengan membersihkan tubuh Si Kecil dengan menggunakan sabun mandi cair yang khusus diformulasikan untuk bayi. Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Liquid Wash dapat menjadi pilihan yang tepat karena kandungan antibacterial alami yang dapat membunuh bakteri setelah bermain di tempat kotor. Selain itu, Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Liquid Wash juga sangat lembut dan aman untuk kulit Si Kecil yang sensitif. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir lagi ketika Si Kecil bermain di tempat kotor karena Sleek Baby siap membantu Bunda melindungi Si Kecil.


Leave a comment