1000 Hari Perlindungan
Image

Mengajak Si Kecil Berjalan-Jalan Ternyata Memiliki Segudang Manfaat

Ketika memiliki bayi biasanya Bunda enggan untuk membawanya keluar rumah karena dianggap masih bayi dan takut jika membawanya keluar rumah. Sebenarnya tidak masalah mengajak bayi untuk keluar rumah, karena nyatanya memiliki berbagai manfaat. Tetapi tentu saja perlu diperhatikan lokasi yang akan dikunjungi seperti apa, sebaiknya jangan mengajak keluar rumah terlalu jauh dan tentunya jangan di tempat keramaian mengingat kondisi pandemi Covid 19 saat ini. Bunda bisa mengajak si kecil jalan di taman dekat rumah. Bunda juga dapat sekaligus berolahraga ketika berkeliling berjalan kaki. Jangan lupa untuk mempersiapkan kebutuhan si kecil agar kegiatan jalan di taman tetap aman dan nyaman.


Tak hanya menyenangkan, berjalan-jalan bersama si kecil banyak memiliki manfaat loh Bun, yuk simak beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika mengajak si kecil jalan di taman berikut ini :


1. Mendapatkan Vitamin D


Berdasarkan US National Library of Medicine National Institutes of Health, dikatakan bahwa Vitamin D merupakan salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi. Karena Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang serta bermanfaat untuk kesehatan lainnya.

Nah Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari selain dari makanan. Bunda bisa mengajak si kecil jalan di taman sambil melakukan aktivitas berjemur. Dengan begini tak hanya sekedar berjalan-jalan, si kecil juga bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Hal ini sangat baik untuk memperkuat pembentukan tulang dan gigi si kecil. Ketika Bunda berencana jalan di taman sambil berjemur, maka pilihlah waktu di pagi hari pada pukul 7 hingga 9 pagi. Tak perlu terlalu lama berjemur, Bunda cukup menjemur si kecil setidaknya sekitar 15 menit. Waktu tersebut sudah sangat cukup untuk memberikan asupan Vitamin D bagi si kecil.


2. Menghirup Udara Segar


Tak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan udara segar, nyatanya bayi pun perlu diberi kesempatan untuk menghirup udara segar. Untuk itu Bunda perlu selalu luangkan waktu untuk mengajak si kecil jalan di taman agar dapat menghirup udara segar. Suasana taman dengan pepohonan yang rindang tentunya akan sangat sejuk untuk dikunjungi. Bunda dan si kecil dapat merasakan udara yang segar.


Ini juga waktu yang tepat bagi Bunda untuk sedikit refreshing dari kepenatan rumah. Bila terlalu sering di dalam rumah dengan ruangan tertutup apalagi terus terkena AC tentunya akan sangat baik jika sesekali menghirup udara yang segar. Berjalan keluar rumah juga akan memperkuat kondisi kesehatan paru-paru bayi. 


3. Menjalin Kedekatan Antara Orangtua dan Anak


Ketika Bunda dan si kecil jalan di taman atau berkeliling sekitar rumah, bisa menjadikan waktu ini sebagai waktu yang berkualitas berdua. Inilah kesempatan bagi Bunda dan si kecil untuk berinteraksi, Bunda dapat mengajak si kecil bercanda ketika mendorongnya di stroller. Jika Bunda menggendongnya maka akan lebih menyenangkan lagi untuk Bunda semakin dekat dengan si kecil.


Kualitas hubungan antara anak dan orangtua sangat penting untuk dijaga. Dari hal kecil seperti kegiatan mengajak jalan di taman akan menciptakan momen baru yang menyenangkan bagi si kecil. Bunda dapat melakukan kegiatan berjalan-jalan di taman atau sekitar rumah ini sebagai rutinitas yang menyenangkan dengan si kecil.


4. Memperkenalkan Lingkungan Baru 


Membiarkan si kecil terus di dalam rumah akan membuatnya kurang bereksplorasi dengan hal-hal baru. Meskipun banyak hal yang dapat dilakukan di dalam rumah, namun bereksplorasi di luar ruangan tentunya akan menjadi hal seru tersendiri bagi si kecil. Anak perlu sesekali mengenal lingkungan baru yang belum pernah ia rasakan sebelumnya.


Semakin si kecil mengenal banyak lingkungan baru artinya semakin baik kemampuan bereksplorasinya. Dengan berada di luar rumah dengan lingkungan yang berbeda maka si kecil dapat mengenal atmosfer, aroma, suara, hingga berbagai hal lain yang berbeda yang tak pernah ia temui di dalam rumah.


Tak perlu bereksplorasi ke tempat jauh, cukup sekedar mengajak jalan di taman sudah cukup mengenalkan banyak hal baru. Si kecil dapat merasakan atmosfer yang berbeda dengan di dalam rumah. Bisa mendengar suara-suara seperti hembusan angin, kicau burung, suara kendaraan yang lewat atau berbagai hal lainnya yang tak dirasakan di dalam rumah.


5. Merangsang Perkembangan 


Meskipun masih bayi, namun merangsang stimulasi perkembangannya perlu dilakukan sedini mungkin. Ketika si kecil diajak berjalan-jalan keluar rumah, maka dapat meningkatkan kepekaannya. Tanpa disadari kemampuan penglihatannya akan meningkat karena ada banyak yang bisa ia lihat di luar rumah.


Melihat hal-hal baru yang belum pernah si kecil lihat sebelumnya akan melatih kemampuan penglihatannya. Selain itu si kecil juga dapat melihat berbagai macam karakter wajah orang ketika bertemu orang-orang di jalan. 


Ternyata seru juga ya mengajak si kecil jalan di taman dan berkeliling sekitar rumah. Tak hanya Bunda yang senang, si kecil pun mendapatkan berbagai manfaat tersebut. Meskipun tak masalah sesekali mengajak si kecil berjalan-jalan saat masih bayi, ada baiknya Bunda tetap bijak ya. Carilah tempat yang dikunjungi serta jalan yang terbebas dari polusi asap rokok ataupun kendaraan. Sebaiknya jangan mengunjungi tempat yang terlalu ramai, apalagi mengingat kondisi pandemi Covid 19. Selain itu hindari si kecil bertemu dengan orang yang terlihat kurang sehat. Ingat daya tahan bayi masihlah lemah sehingga rentan terhadap penyakit.


Sebaiknya Bunda membawa berbagai keperluan yang mungkin akan dibutuhkan ketika berjalan-jalan. Bawalah perlengkapan seperti tissue baik yang kering maupun basah, hand sanitizer, susu, selimut serta minyak telon. Hal ini untuk berjaga-jaga agar si kecil tetap nyaman ketika berjalan-jalan, karena terkadang Bunda tiba-tiba mendapati kondisi cuaca yang cukup berangin maka selalu bawalah selimut untuk menjaga kehangatan si kecil dan jangan lupa selalu menyediakan minyak telon untuk memberikan kehangatan tambahan. Balurkan minyak telon pada tangan, punggung dan telapak kaki si kecil agar selalu terasa hangat. Gunakan minyak telon dengan bahan yang baik untuk kulit si kecil, Bunda dapat menggunakan Sleek Baby Telon Oil yang memiliki kandungan bahan alami yaitu 60% minyak kelapa, 20% minyak kayu putih dan 20% minyak anisi atau minyak adas manis. Sleek Baby Telon Oil mengandung 2x lebih banyak minyak telon dibandingkan dengan minyak telon lainnya.


Balurkan Sleek Baby Telon Oil sebelum membawa si kecil keluar rumah, dan oleskan juga ketika berada diluar rumah agar si kecil selalu terlindungi dan tetap hangat. Menggunakan Sleek Baby Telon Oil selain dapat memberikan kehangatan bagi si kecil, juga dapat mencegah perut kembung, melancarkan pernapasan, melembabkan kulit dan membuat tidurnya menjadi lebih nyenyak.


Yuk Bunda jangan lupa ajak si kecil berjalan-jalan keluar rumah untuk mendapatkan berbagai manfaatnya, jangan lupa untuk selalu bijak serta memperhatikan keamanan dan kenyamanan si kecil. Bawalah selalu Sleek Baby Telon Oil untuk menemani kemanapun Bunda dan si kecil berjalan-jalan.

Leave a comment