1000 Hari Perlindungan
Image

Memilih Sabun Pencuci Botol Yang Aman Untuk Bayi

Botol susu bayi termasuk salah satu perlengkapan bayi yang harus dibersihkan secara teliti dan benar-benar bersih, lalu disterilkan sebelum digunakan oleh si kecil untuk minum susu. Untuk membersihkannya, kamu tidak bisa sembarangan memakai sabun pembersih botol atau piring biasa yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan bayi. Apalagi jika tidak dibersihkan dengan teliti, bisa jadi residu atau sisa sabun tersebut tertinggal di dalam botol susu atau dot yang akan membahayakan kesehatannya. 


Si kecil yang masih memakai botol dan dot untuk minum susu sehari-hari, kamu wajib memastikan untuk mencucinya dengan benar-benar bersih agar perangkat minum bayi tidak menjadi sumber bakteri dan jamur yang dapat membahayakan kesehatan mulut dan pencernaan si kecil. Untuk membersihkan botol dan dot bayi, kamu bisa menggunakan sabun pencuci botol khusus yang diformulasikan untuk bayi, karena sabun pencuci biasa mengandung bahan-bahan kimia yang dapat beresiko membahayakan kesehatan si kecil.


Tidak ada salahnya untuk benar-benar memilih produk pembersih yang memang secara khusus untuk membersihkan botol dan perlengkapan bayi lainnya. Sabun pencuci botol bayi biasanya dibuat dari bahan kimia yang terbukti aman untuk si kecil. Meskipun begitu, bahan kimia tersebut tetap dapat mematikan kuman, bakteri dan jamur yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan pada bayi, seperti diare, disentri, muntaber ataupun alergi.


Salah satu cara melindungi si kecil salah satunya adalah dengan menggunakan produk bayi yang aman, seperti produk pembersih botol dari Sleek Baby. Sleek adalah produk karya dalam negeri dari Kino (PT Kinocare Era Kosmetindo), produsen yang telah berkecimpung lebih dari dua dekade dengan mengeluarkan produk ternama dalam bidang perawatan tubuh, farmasi, bahkan klinik perawatan kulit di Indonesia. Ini artinya, produk Sleek Baby pembersih botol tidak diragukan lagi kualitasnya.


Sleek Baby pembersih botol dapat melindungi kesehatan si kecil sejak baru lahir, lho. Sleek Baby pembersih botol ini memiliki tekstur yang kental namun tidak menyisakan bau sabun serta membuat botol dan perlengkapan bayi lainnya bersih. Sleek Baby pembersih botol ini hadir dengan formula yang telah disempurnakan dan dilengkapi dengan 8 Proteksi (Improved 8 Protection Formula), yaitu:


1. Food Grade: produk Sleek Baby pembersih botol tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan dan aman untuk bayi.

2. Natural Antibacterial: produk Sleek Baby pembersih botol mengandung bahan alami yang mampu membasmi kotoran dan mematikan kuman, bakteri dan jamur dengan maksimal.

3. Stain Removal: produk Sleek Baby pembersih botol mengandung bahan yang mampu membersihkan noda, sisa lemak dan bau yang menempel pada peralatan bayi secara menyeluruh.

4. Hypoallergenic: produk Sleek Baby pembersih botol mengandung bahan yang mampu meminimalisir terjadinya iritasi kulit, gatal dan kasar baik pada kulit bayi ataupun kulitmu.

5. Dermatologically Tested: produk Sleek Baby pembersih botol telah teruji secara klinis.

6. Microbiological Tested: produk Sleek Baby pembersih botol telah teruji secara efektif dalam membunuh mikroorganisme berbahaya.

7. High Quality Concentrate: penggunaan produk Sleek Baby pembersih botol sedikit saja, botol susu dan peralatan bayi lainnya sudah bersih dan terlindung dari kuman.

8. Paraben Free: produk Sleek Baby pembersih botol tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya.


Sleek Baby pembersih botol ini 100% food grade sehingga juga aman digunakan untuk mencuci buah dan sayuran. Caranya dengan melarutkan 1 milimeter Sleek Baby pembersih botol dalam 1 liter air, lalu rendam buah dan sayuran yang akan dikonsumsi, kemudian bilas dengan air mengalir. Bahan yang 100% food grade ini membuat Sleek Baby pembersih botol aman untuk bayi, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ada residu atau sisa sabun dari Sleek Baby pembersih botol yang tertinggal dan tidak sengaja tertelan oleh bayi. Mainan, botol susu, dan benda favorit anak lainnya pasti tidak luput dari kotoran dan bakteri. Agar si kecil selalu terlindungi, kamu bisa menggunakan cairan pembersih yang mengandung Natural Antibacterial dan Food Grade Formula dalam Sleek Baby pembersih botol. Selain efektif menghilangkan bau amis dan sisa lemak susu dalam botol dan perlengkapan bayi lainnya, formula Sleek Baby pembersih botol yang konsentrat sangat hemat dan membantu mencegah terjadinya kerusakan atau korosi pada botol susu bayi.


Baca Juga : 27 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir


Sabun pencuci botol bayi sangat dianjurkan penggunaannya untuk membersihkan botol, dot dan perlengkapan bayi lainnya dibanding sabun pencuci piring biasa. Hal ini dikarenakan sabun pencuci botol bayi memiliki kandungan surfaktan yang lebih rendah dibanding sabun pencuci piring biasa. Surfaktan ini sendiri bisa berasal dari bahan alami ataupun bahan kimia buatan. Keduanya memiliki daya pembersih yang baik, namun ada beberapa zat kimia yang biasanya terkandung di dalam cairan sabun pencuci piring biasa yang sebaiknya dihindari agar tidak mengganggu kesehatan si kecil, seperti:


1. Paraben

Hindari sabun pencuci botol bayi yang mengandung paraben. Biasanya, tidak ada label “paraben free” di dalam keterangan produk, sehingga kamu harus mengeceknya ulang dengan lebih mendetil. Paraben adalah pengawet yang terdapat dalam produk kosmetik dan pembersih. Meski umum digunakan, paraben dalam sabun dapat menyebabkan reaksi alerg pada bayii, bahkan dicurigai memicu penyakit kanker.


2. Non food grade

Sabun pencuci yang tidak berlabel food grade, juga perlu dihindari karena umumnya mengandung bahan kimia berbahaya.  Semisal ketika cipratanya tak sengaja mengenai mulut bayi, bahan food grade ini menjamain keamanannya. Begitupun ketika terpapar kulit ibu. Sabun pencuci botol bayi yang food grade seperti Sleek Baby pembersih botol juga memiliki formula tersendiri dalam membunuh bakeri. 


3. Pewangi atau parfum buatan

Kandungan dalam pewangi atau parfum buatan dalam produk perawatan atau pembersih dilindungi sebagai ‘rahasia dagang’ sehingga nama-nama bahannya tidak tercantum dalam label. Namun, sudah pasti bahwa pewangi buatan mengandung banyak campuran zat kimia dan beresiko menimbulkan reaksi alergi pada kulit sensitif dan berbahaya untuk bayi. 


Baca Juga : Demi Kesehatan, Intip Beragam Tips Mencuci Botol dan Mainan bayi Ini


Setelah memilih sabun pencuci botol bayi yang aman, kamu juga harus memperhatikan cara mencuci botolnya ya. Pertama, wajib mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu, lepas seluruh bagian botol agar kamu dapat membersihkannya secara maksimal. Lalu, bersihkan botol dan bagian-bagiannya yang lain dengan menggunakan air hangat, sikat khusus dan Sleek Baby pembersih botol untuk membersihkan botol dan dot susu bayi. 


Terakhir, bilas botol dan dot susu bayi dengan air bersih. Hal ini wajib dilakukan agar tidak ada sisa sabun yang tertinggal pada botol dan dot susu bayi yang dapat membuat susu atau ASI mengental dan menyebabkan si kecil menelan sisa sabun tersebut secara tidak disengaja. Untuk lebih memastikan kebersihan botol dan dot susu yang telah dicuci dan menjamin kehigienisannya, sterilkan dengan menggunakan alat sterilizer khusus untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang ada pada air keran yang kamu gunakan untuk membilasnya.

Leave a comment