1000 Hari Perlindungan
Image

Memilih Sabun Botol yang Aman untuk Anak

Si kecil suka minum susu lewat botol? Itu artinya, Bunda harus memiliki persediaan botol susu atau dot yang cukup, minimal dua. Selain punya persediaan botol, apakah ibu sudah tahu, sabun botol yang aman untuk anak itu seperti apa?


Botol Susu Bikin Ibu Tenang Anak Senang


Seperti yang diketahui, bahwa penggunaan botol susu, memang kerap ditemui pada anak yang tidak suka ASI atau ASI ibu yang tidak keluar. Sehingga, dengan terpaksa ibu memberikan susu formula yang dimasukan ke dalam botol, agar si kecil tetap bisa mendapatkan nutrisi. 


Penggunaan botol susu juga membuat ibu lebih tenang, lebih banyak waktu untuk mengerjakan hal lain, hingga bisa mengajarkan anak untuk lebih mandiri. Di sisi sang anak pun, botol susu kerap dijadikan "hiburan' dan bisa membuatnya senang. 


Namun, dalam penggunaan botol susu, ibu juga harus memperhatikan hal-hal yang penting, salah satunya soal kebersihan botol sebelum dipakai. Botol susu yang bersih, akan membuat anak menjadi aman ketika sedang menyusu. 

Baca Juga : Manfaat Minyak Telon Pada Bayi

Seringnya Ibu Menggunakan Sabun Cuci Piring untuk Cuci Botol


Pasalnya, masih banyak ibu yang menghiraukan hal, terkait penggunaan sabun botol yang aman untuk anak. Sehingga, ia sering menggabungkan sabun cuci piring, untuk mencuci botol susu anak. 


Alasannya, tentu untuk berhemat dan menganggap bahwa sabun cuci piring juga sama-sama membersihkan botol susu. Padahal, salah mencuci botol hingga salah memilih sabun botol yang aman untuk anak, akan menyebabkan anak sakit. 


Terlebih, usia anak yang masih menyusu lewat botol adalah sekitar 0-3 tahun. Sehingga, sangat rentan bagi mereka untuk terserang penyakit dari botol susu yang kurang bersih, atau menggunakan bahan sabun cuci yang tidak aman untuk anak.


Salah Cuci Botol Susu Anak, Bisa Sebabkan Penyakit


Ketika ibu tidak menggunakan sabun cuci botol yang aman untuk anak, maka kotoran yang menempel di botol, masih tersisa dan tidak hilang. Ditambah, ibu juga salah dalam mencuci botol.


Akibatnya, kotoran yang tersisa, akan ikut masuk ke dalam perut anak, dan bisa menyebabkan penyakit seperti diare. Terlebih diare juga merupakan salah satu pembunuh utama anak di dunia dan di Indonesia.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kebiasaan Menggunakan Botol Susu Untuk Si Kecil

Beberapa Kesalahan dalam Mencuci Botol Susu


- Ibu lupa mencuci tangan

- Tidak membersihkan botol hingga menyeluruh

- Hanya membersihkan dengan air panas

- Tidak menyikat bagian dalam botol

- Tidak menggunakan air mengalir saat membilas

- Tidak melakukan sterilisasi dengan cara direndam air mendidih

- Menggunakan lap yang tidak steril untuk mengeringkan botol

- Mendiamkan boto di dalam rendaman air usai disterilisasi

- Tidak menggunakan sabun cuci botol yang aman untuk anak


Seberapa penting sih penggunaan sabun botol yang aman untuk anak? Tentu penting, karena produk sabun tersebut pastinya dibuat khusus, untuk membersihkan peralatan bayi dan anak. 


Ada banyak produk sabun botol anak yang dipasarkan. Bagaimana cara memilih produk sabun botol yang aman untuk anak? Yuk intip!


1. Sabun Berasal dari Merk Produk Khusus Bayi dan Anak


Pilihlah sabun botol yang aman untuk anak dari merk produk khusus bayi dan anak. Dengan begitu, ibu pun tak khawatir si kecil sakit, karena merek tersebut tentunya telah menggunakan bahan yang aman untuk anak. 


Karena bahan sabunnya aman, sabun botol yang aman untuk anak juga bisa digunakan untuk mencuci peralatan lainnya, seperti tempat makan dan minum.  


2. Pilih Sabun Cuci Food Grade


Ciri-ciri sabun botol yang aman untuk anak adalah terdapat keterangan food grade. Produk sabun botol yang food grade, berarti terbuat dari bahan yang aman untuk anak dan bebas paraben. 


Selain itu, sabun botol food grade juga dilengkapi dengan kandungan antibakteri, dimana mampu menghilangkan bakteri dan kuman, yang mungkin masih menempel pada botol dan alat makan. 


3. Sabun Berbentuk Cair dan Formulanya Kental


Sabun cair, akan lebih mudah terurai dengan air, sehingga tidak menyisakan bekas sabun. Bayangkan saja jika bentuk sabun berupa krim seperti sabun colek, mungkin para ibu kesulitan untuk membersihkan sisa sabunnya. 


Selain aman, sabun botol berbentuk cair atau bersifat konsentrat, juga lebih praktis digunakan. Dengan formulanya yang kental, sabun ini pun lebih hemat karena pemakaian sedikit saya sudah memberi efek yang maksimal. Sehingga, ibu bisa menakar sesuai dengan kebutuhannya. 


4. Sabun Terasa Lembut di Kulit


Selain memilih sabun botol yang aman untuk anak, pastikan juga bahwa sabun botol yang digunakan terasa lembut di tangan. Pasalnya, beberapa produk sabun cuci, bisa memberikan efek kasar dan panas di tangan. 


Sehingga, ibu terbebas dari tangan kasar dan rasa terbakar. Mencuci botol pun menjadi hal yang menyenangkan. 


5. Sabun Berasal dari Merk Terkenal


Tidak hanya berasal dari merk khusus produk bayi dan anak, merk yang terkenal juga perlu dipertimbangkan. Karena dengan memilih sabun dari merk terkenal, itu artinya produk tersebut telah dipercaya oleh banyak ibu. 

Baca Juga : Daftar perlengkapan bayi baru lahir

Sebut saja seperti merk sabun botol dari Sleek Baby Pembersih Botol ini. Dimana produk ini telah dipercaya berjuta ibu di Indonesia, untuk memberikan rasa aman untuk si kecil. 


Apa Keunggulan Sleek Baby Pembersih Botol?


Sleek Baby Pembersih Botol atau dikenal dengan Sleek Baby Bottle Nippe and Accessories Cleanser ini merupakan sebuah produk sabun pencuci botol dan peralatan bayi, yang memiliki formula food grade dan aman untuk bayi dan anak. 


Selain itu Sleek Baby Pembersih Botol juga mengandung Stain Removal Formula, yang mampu menghilangkan sisa lemak susu dan bau amis, yang menempel pada botol bayi.


Kemasan Sleek Baby Pembersih Botol


Untuk produk sabun botol yang aman untuk anak dari Sleek Baby ini, tersedia dalam empat kemasan, yakni sebagai berikut:


- Pouch 70 ml ( 1 karton : 36 pouch)

- Pouch 450 ml & 900 ml (1 karton : 12 pouch)

- Botol 150 ml (1 karton : 36 botol)

- Botol 500 ml  (1 karton : 12 botol)


Harga Sleek Baby Pembersih Botol


-Pouch 70ml 4.000-an

-Botol 150ml 14.000-an

-Pouch 450ml 32.000-an 

-Botol 500ml 40.000-an  

-Pouch 900ml 57.000-an


Nah, itu dia rekomendasi sabun botol yang aman untuk anak dari merk Sleek Baby. Selain terkenal, produk ini juga memiliki harga yang lumayan terjangkau, terlebih Sleek Baby, merupakan merek produk khusus bayi dan anak. 

  

Nah, bagi para ibu yang sudah terbuka pikirannya untuk menggunakan sabun khusus untuk cuci botol, ibu bisa langsung mencoba produk Sleek Baby Pembersih Botol. Dimana produk tersebut, bisa ibu dapatkan di toko offline seperti minimarket, supermarket, apotik, toko perlengkapan bayi, hingga di toko online. 

 

Bagaimana? Mudah bukan mengasihi si kecil dengan cara yang simple, seperti menggunakan produk dari Sleek Baby Pembersih Botol. Dapatkan juga produk deterjen hingga minyak telon dari Sleek Baby!


Leave a comment