1000 Hari Perlindungan

Image

Memilih Peralatan Makan Terbaik Untuk Si Kecil

Bunda tentu telah memahami betul bahwa perlengkapan untuk Si Kecil tidaklah sama dengan orang dewasa. Karena, Si Kecil cenderung lebih sensitif sehingga tidak dapat menggunakan seluruh perlengkapan yang dapat digunakan oleh orang dewasa. Untuk itu, Si Kecil membutuhkan perlengkapan yang khusus untuk berbagai aktivitas yang dijalaninya dan salah satu perlengkapan yang perlu dipersiapkan khusus untuk Si Kecil adalah peralatan makan.


Memiliki peralatan makan khusus untuk Si Kecil merupakan suatu kewajiban terutama ketika Si Kecil mulai mengenal makanan pendamping ASI (MPASI) sebagai asupan nutrisi sehari-harinya. Tapi, sudahkah Bunda tahu bagaimana memilih peralatan makan terbaik untuk Si Kecil? Berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda terapkan saat akan membeli peralatan makan untuk Si Kecil :


Pilih Peralatan Makan yang Bebas BPA

BPA atau Bisphenol-A merupakan zat kimia yang biasanya digunakan pada peralatan plastik agar dapat terlihat lebih keras dan bening. Penggunaan peralatan makan yang mengandung BPA tidak direkomendasikan untuk Si Kecil karena BPA merupakan zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu sistem metabolisme Si Kecil nantinya. Untuk dapat memperhatikan apakah peralatan makan yang akan Bunda beli terbebas dari kandungan BPA, Bunda dapat memperhatikan tampilannya karena peralatan makan yang tidak bening biasanya bebas BPA. Selain itu, hindari juga peralatan makan Si Kecil dengan kode segitiga nomor 7 atau tulisan PC karena kode tersebut menandakan adanya kandungan BPA pada peralatan makan untuk Si Kecil.


Pastikan Peralatan Makan “Ramah” Untuk Si Kecil

Ketika mulai mengonsumsi MPASI, maka Si Kecil juga mulai mengenal peralatan makan yang digunakan untuknya. Agar proses pengenalan tersebut berjalan lebih baik, maka Bunda perlu memastikan bahwa peralatan makan Si Kecil “ramah” untuk digunakan. Agar dapat memberikan peralatan makan yang “ramah” untuk SI Kecil, gunakanlah peralatan makan yang tumpul agar tidak berbahaya ketika digunakan. Selain itu, gunakan pula peralatan makan yang mudah digenggam agar dapat melatih motorik Si Kecil dalam menggunakan peralatan makannya.


Gunakan Peralatan Makan Berbahan Melamin

Jika penggunaan peralatan makan berbahan plastik seringkali membuat Bunda khawatir dengan kandungannya, maka penggunaan peralatan makan berbahan melamin dapat menjadi alternatif untuk Si Kecil. Penggunaan peralatan makan berbahan melamin tergolong aman karena bahannya yang lebih “ramah” untuk Si Kecil. Meskipun demikian, Bunda juga perlu mewaspadai peralatan makan berbahan dasar melamin karena umumnya usia peralatan makan berbahan melamin hanya berkisar beberapa bulan saja. Ketika peralatan makan tergores, maka sebaiknya hentikan penggunaan peralatan makan tersebut untuk Si Kecil karena dapat berbahaya untuknya.


Pastikan Peralatan Makan Si Kecil Tergolong Food Grade

Tidak hanya sabun cuci untuk mempersihkan peralatan makan saja yang harus food grade. Bunda juga membutuhkan peralatan makan yang tergolong food grade untuk Si Kecil. Pemilihan peralatan makan yang tergolong food grade sangat aman untuk digunakan Si Kecil karena dibuat dari bahan-bahan yang aman dan tidak berbahaya. Biasanya, peralatan makan yang food grade memiliki ciri berupa logo food grade atau keterangan dalam kemasannya. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir saat memilih dan menggunakan peralatan makan yang aman untuk Si Kecil.


Buat Si Kecil Tertarik dengan Desain Peralatan Makannya

Pemilihan peralatan makan untuk Si Kecil tidak hanya perlu memperhatikan bahan pembuatnya melainkan juga desain peralatan makan tersebut. Pilihlah peralatan makan dengan desain yang menarik seperti warna yang mencolok atau karakter yang membuat Si Kecil tertarik di peralatan makan tersebut. Dengan memilih desain peralatan makan yang tepat, Si Kecil akan lebih tertarik untuk makan dan Bunda akan terbantu dalam memberikan asupan gizi untuk Si Kecil.


Memilih peralatan makan Si Kecil sangatlah penting dalam upaya melindungi Si Kecil serta membuatnya nyaman. Namun, Bunda juga perlu memperhatikan cara merawat peralatan makan tersebut agar senantiasa terjaga kebersihannya. Bunda dapat menggunakan produk Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser dengan formula Food Grade yang dapat membersihkan peralatan makan Si Kecil lebih optimal dan aman. Sehingga, Bunda tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai risiko kesehatan Si Kecil yang berasal dari peralatan makannya berkat pemilihan produk dan proses pembersihan yang tepat.


Leave a comment