1000 Hari Perlindungan

Image

Memijat Si Kecil Itu Mudah, Begini Caranya!

Banyak cara yang bisa dilakukan Bunda untuk membangun bonding dengan Si Kecil. Salah satunya adalah massage time. Memijat Si Kecil dapat memberikan relaksasi, sehingga ia lebih tenang, tidur lebih nyaman, mengurangi sembelit, serta membantu imunitas.

Memijat tak perlu ke baby spa atau ahli pijat langganan. Bunda dapat melakukannya sendiri di rumah. Yang terpenting, siapkan baby lotion, handuk lembut sebagai alas, ruangan yang nyaman plus bersih, serta kebersamaan dengan Si Kecil.

Lepas baju Si Kecil dan beginilah cara memijatnya :

1. Kaki

Mulailah memijat Si Kecil dari bagian bawah. Pasalnya, kaki merupakan bagian kurang sensitif dibanding bagian lainnya. Gunakan sedikit baby lotion pada tangan Bunda, pijat lembut dari paha hingga mata kaki. Dilanjutkan untuk memijat pada telapak dan jari-jari kaki. Tarik perlahan masing-masing jari kaki. Lakukan pemijitan di kaki sebelahnya.

 

2. Tangan

Untuk tangan, pijat lengan Si Kecil hingga ke telapak tangan. Pijat memutar pada telapak tangan, dilanjutkan menarik jari-jari tangan ke atas secara perlahan.

 

3. Dada

Letakkan kedua tangan Bunda di bagian atas dada Si Kecil. Geser tangan ke kanan dan kiri, lalu pijat ke seluruh dada. Ulangi beberapa kali. Lalu letakkan satu tangan di dada bagian atas, pijat dada sampai paha Si Kecil, dan lakukan beberapa kali.

 

4. Punggung

Untuk bagian punggung, pijatlah dengan jari-jari tangan Bunda dari leher hingga pantat. Kemudian pijat dengan telapak tangan dengan lembut.

 

Setelah semuanya selesai, kenakan Si Kecil baju, peluk dia, dan berikanlah ASI. Dijamin, ia akan tidur nyaman dalam pelukan Bunda

Leave a comment