1000 Hari Perlindungan

Image

Memandikan Si Kecil Untuk Pertama Kalinya

Memandikan Si Kecil untuk pertama kalinya bukanlah hal yang mudah. Sebab, Bunda perlu berhati-hati mengingat tulang dan kulit Si Kecil yang masih rentan. Bunda juga tidak bisa memandikan Si Kecil ketika baru lahir secara langsung dan perlu menunggu beberapa minggu sampai tali pusarnya lepas dan kulitnya siap untu dimandikan. Agar lebih mudah, beberapa tips berikut bisa Bunda perhatikan saat memandikan Si Kecil untuk pertama kalinya.


Gunakan Air Hangat

Kulit Si Kecil yang baru lahir cenderung masih tipis dan rentan membuatnya kedinginan. Bunda perlu melindungi Si Kecil agar tidak kedinginan dengan menggunakan air hangat saat memandikannya. Cek kehangatan air dengan menggunakan siku tangan Bunda. Setelah dirasa cukup, Bunda bisa mencelupkan salah satu anggota tubuh Si Kecil terlebih dahulu untuk mengecek bagaimana reaksi Si Kecil terhadap air tersebut. Umumnya, suhu air yang ideal untuk memandikan Si Kecil berkisar antara 37-38 derajat Celcius. Jika dirasa cukup hangat, Si Kecil pun siap untuk dimandikan pertama kalinya.


Tentukan Waktu yang Tepat

Tidak ada waktu yang pasti untuk memandikan Si Kecil pertama kalinya. Jika Si Kecil terlihat sehat dan siap, maka Bunda bisa memandikan Si Kecil untuk pertama kalinya. Perhatikan juga kondisi Si Kecil apakah sedang mengantuk atau lapar ketika akan dimandikan. Sebab, memandikan Si Kecil saat kondisi lapar atau mengantuk bisa mempengaruhi pola tidur Si Kecil. Selain itu, Si Kecil juga akan merasa tidak nyaman ketika dimandikan saat kondisi lapar atau mengantuk.


Posisikan Si Kecil dengan Tepat

Setelah Si Kecil dirasa siap mandi untuk pertama kalinya, posisikan Si Kecil dengan tepat saat mandi. Gunakan satu tangan Bunda untuk menopang bagian atas tangan dan kepala Si Kecil. Setelah Si Kecil berada dalam posisi yang nyaman, Bunda bisa menggunakan tangan lainnya untuk memandikan Si Kecil dengan lembut.


Mandikan dengan Lembut

Saat pertama kali memandikan Si Kecil, Bunda perlu menggunakan handuk basah untuk menyeka kulit tubuhnya dan mengguyur bagian dada dengan air secara perlahan sampai Si Kecil merasa terbiasa. Kemudian, Bunda bisa membasahi bagian kepalanya secara perlahan namun jangan sampai air masuk ke area wajah agar tidak membuatnya kaget. Bersihkan juga beberapa area yang sering menjadi tempat tinggal kotoran seperti ketiak, leher dan sela-sela jari. 


Keringkan Si Kecil Setelah Mandi

Setelah memandikannya, keringkan Si Kecil di atas handuk secara lembut dan perlahan. Jangan gosok kulit Si Kecil karena kulitnya yang masih rentan terhadap iritasi. Tepuk-tepuk dengan lembut handuk tersebut sampai tubuh Si Kecil kering sempurna. Setelah kering, Bunda bisa memakaikan popok dan pakaian pada tubuh Si Kecil agar ia merasa hangat kembali.


Itulah beragam tips yang bisa Bunda perhatikan saat memandikan Si Kecil untuk pertama kalinya. Saat memandikan Si Kecil, Bunda juga bisa menggunakan sabun mandi untuk mengangkat kotoran dari kulit Si Kecil. Tapi, pastikan juga Bunda menggunakan sabun mandi cair khusus untuk bayi agar lebih aman untuk kulitnya. 

Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Liquid Wash bisa membantu Bunda untuk membersihkan kulit Si Kecil saat mandi. Kandungan antibacterial alami yang ada didalamnya mampu secara efektif membunuh bakteri berbahaya pada kulit Si Kecil. Selain itu, Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Liquid Wash juga sangat lembut dan cocok untuk kulit Si Kecil yang sensitif. Sehingga, tubuh Si Kecil akan lebih bersih dan kulitnya tetap terlindungi dengan menggunakan sabun yang aman untuknya.

Leave a comment