1000 Hari Perlindungan

Image

Memandikan Si Kecil Tanpa Rewel, Begini Caranya!

Memandikan Si Kecil perlu drama tersendiri. Membujuk Si Kecil untuk mandi butuh tenaga ekstra. Apakah Bunda juga mengalami hal tersebut? Jika ya, mungkin Bunda perlu mengubah strategi memandikannya. Hal tersebut penting karena momen memandikan Si Kecil mampu menciptakan bonding antara Bunda dan Si Kecil.

 

Agar Si Kecil bisa senang dan tenang saat mandi, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan.

 

Pertama, tentukan waktu. Bunda perlu menentukan waktu mandi pagi dan sore secara konsisten. Misal mandi pagi jam 6 dan sore jam 5. Hal ini membuat Si Kecil terbiasa dan melatih disiplin.

 

Kedua, suasana kamar mandi nyaman. Cara mudah membujuk Si Kecil mandi adalah menciptakan suasana nyaman di kamar mandi. Pastikan ember atau bathtub dan air hangat sudah tersedia, singkirkan benda yang membahayakan dari jangkauan Si Kecil, serta sediakan keset anti selip.

 

Ketiga, buat gelembung sabun di bak mandi. Ajak Si Kecil membuat gelembung-gelembung dari sabun. Jika perlu, gunakan tongkat gelembung (bubble wand). Ini bisa menjadi kegiatan favorit saat Si Kecil mandi.

 

Keempat, pancing dengan mainan. Beri tahu Si Kecil bahwa mainan pun butuh mandi, sehingga Si Kecil bisa membawa mainan kesayangannya untuk mandi bersama. Minta Si Kecil membersihkan mainan di ember kecil, lalu mengeringkan dan menyimpan di tempat semula.

 

Kelima, setel lagu kesukaan. Jika Si Kecil sudah mau diajak mandi, berikan bonus kepadanya. Setel lagu kesukaannya di luar kamar mandi, jadi sambil mandi dan bermain, Si Kecil bisa mendengarkan lagu favoritnya. Sekarang, saatnya bagi Bunda mengucapakan selamat tinggal pada drama saat memandikan Si Kecil.

Leave a comment