1000 Hari Perlindungan
Image

Melakukan Percobaan Sains Untuk Anak-anak

Seringkali anak memiliki pemikiran yang kritis, sering melontarkan banyak pertanyaan kenapa seperti ini kenapa seperti itu. Umumnya sejak balita si kecil akan mulai kritis seperti itu. Bahkan si kecil dapat melontarkan pertanyaan kenapa hingga berkali-kali. 

Untuk membantu memahami berbagai pertanyaan mungkin Bunda bisa mengajaknya mencari tahu lewat berbagai percobaan sains sederhana untuk anak. Meskipun masih balita namun percayalah bahwa anak-anak akan cepat menerima apa yang Bunda ajarkan, balita itu sangat pintar. Bunda dapat membuat percobaan sains sederhana untuk anak dan menjelaskannya dengan bahasa yang mudah dipahami.


Tidak perlu melakukan percobaan dengan alat dan bahan yang rumit serta percobaan sains yang serius, mulailah lakukan percobaan sains sederhana untuk anak dengan barang-barang yang tersedia di sekitar rumah. Buat suasana menjadi menyenangkan seolah-olah bukan sedang belajar namun sedang bermain. Berikut ini beberapa percobaan sains sederhana untuk anak yang bisa Bunda lakukan bersama di rumah:


1. Menanam Benih Kecambah

Percobaan ini merupakan hal yang sederhana dilakukan dirumah untuk belajar mengenai tumbuhan. Bunda hanya perlu menyiapkan biji kacang hijau, kapas, gelas plastik dan air.


Yang perlu dilakukan adalah letakan kapas pada gelas plastik, kemudian basahi kapas dengan air dan tabur beberapa biji kacang hijau diatas kapas yang telah dibasahi. Ajak si kecil menaburkan sendiri biji kacang hijaunya. Ajak ia untuk mengamati pertumbuhan benih kacang hijau setiap hari. Benih kacang hijau akan tumbuh secara perlahan, pertama akan keluar akan sedikit demi sedikit akan semakin tinggi dan tumbuh daun.


Dalam percobaan sains ini si kecil akan belajar bahwa untuk tumbuh, tanaman memerlukan air sebagai sumber kehidupannya. Bunda juga mengajarkan bahwa tanaman dapat tumbuh dari biji kecil hingga menjadi tumbuhan yang kemudian bermanfaat.


2. Percobaan Minyak dan Air

Percobaan sains sederhana untuk anak lainnya adalah dengan menggunakan minyak dan air. Bunda hanya cukup menyiapkan dua wadah transparan, dua pewarna makanan, air dan minyak.


Pertama-tama letakan air dan minyak dalam wadah yang berbeda. Kemudian teteskan pewarna makanan pada air, ajak si kecil untuk mengamatinya. Setelah diteteskan pewarna maka air akan berubah warna sesuai dengan warna yang telah diteteskan tadi. Kemudian selanjutnya teteskan pewarna pada minyak, ajak lagi si kecil untuk mengamatinya. Ternyata pada minyak tidak berubah warna seperti pada air. Tetesan pewarna makanan hanya jatuh bergelembung ke dasar wadah namun tidak bercampur dengan minyak. Hal itu karena minyak dan air memiliki kepadatan yang berbeda sehingga keduanya tak bisa menyatu. Bunda juga bisa mengajak si kecil menuangkan minyak dan air dalam satu wadah dan terlihat bahwa air dan minyak tidak bisa bersatu.


3. Rambatan Warna

Si kecil pastinya sangat menyukai hal yang berwarna warni, maka percobaan sains sederhana untuk anak yang ini akan sangat menarik baginya. Hal yang perlu bunda siapkan adalah beberapa wadah transparan, beberapa pewarna, air dan juga tissue. 

Isi wadah transparan dengan air, kemudian teteskan pewarna pada air, aduk hingga air berwarna rata. Bunda dapat mengisi beberapa wadah dengan warna yang berbeda-beda. Selanjutnya jejerkan wadah tadi, kemudian letakan tissue memanjang ke dalam wadah tersebut. 


Ajaklah si kecil untuk mengamati hal yang terjadi. Air yang telah diberi pewarna akan merambat naik ke tissue yang diletakan di wadah. Hal tersebut karena tissue memiliki daya kapilaritas sehingga memungkinkan air berpindah dari sela-sela serat tissue.


4. Bermain Mengembangkan Indera

Percobaan sains sederhana untuk anak yang seru lainnya adalah untuk melatih perkembangan indera si kecil. percobaan ini sangat sederhana namun sangat menarik bagi si kecil. Bunda dapat mengajarkan anak untuk merasakan tekstur, rasa, aroma serta melihat benda yang berbeda-beda.


Yang perlu Bunda siapkan adalah beberapa wadah, kemudian isikan wadah tersebut dengan beberapa benda yang berbentuk bubuk, misalnya gula, garam, kopi, tepung. Lalu tutuplah mata si kecil, ajak ia merasakan berbagai tekstur di wadah tersebut, aroma serta rasanya. Biarkan si kecil menebak apakah benda yang ada pada wadah tersebut.


Atau Bunda bisa mengenalkan dulu masing-masing benda pada wadah tadi pada si kecil. Ketika si kecil sudah mengetahuinya maka ajak dia untuk menebak apa yang ada dalam wadah dengan mata tertutup.


5. Membuat Tornado

Jika si kecil pernah melihat tornado dalam film atau buku cerita maka ajaklah si kecil melakukan percobaan ini. Bunda dapat mengajarkan si kecil bagaimana cara membuat tornado sendiri di dalam botol. Alat dan bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, yaitu 2 botol ukuran dua liter, tabung kecil yang menghubungkan kedua kepala botol, air, glitter, potongan kertas kecil atau benda kecil lainnya (bebas pilih). 


Pertama-tama isilah botol 2 liter hingga 3/4 botol terpenuhi. Pasanglah tabung tornado ke atas, lalu pasang juga botol 2 liter lainnya yang kosong ke ujung lain dari tabung tornado. Balikanlah botol lalu goyangkan sedikit demi sedikit. Maka si kecil dapat melihat tornado yang terbentuk.


Bila ada masalah dengan kemampuan sensorik dan motorik si kecil, maka keterampilannya juga akan ikut terganggu. Dengan melakukan kegiatan ini dapat melatih kemampuan sensorik dan motorik si kecil. Dan Bunda tidak perlu khawatir karena kegiatan ini sangat aman dilakukan pada anak usia toddler 2 tahun.


Masih banyak lagi beragam kegiatan membuat percobaan sains sederhana untuk anak yang seru. Si kecil akan sangat senang dengan kegiatan menarik seperti ini. Ketika melakukan eksperimen tak jarang si kecil akan dihadapi dengan berbagai macam bahan yang mudah kotor. Meskipun begitu jangan larang si kecil untuk bebas melakukan eksperimen, biarkan ia bermain-main dengan imajinasinya sendiri. Bila ada benda yang kotor karena eksperimen yang si kecil buat bersama maka sebaiknya segera cuci bersih agar bakteri dan kuman serta virus yang menempel dapat segera pergi. Bunda bisa menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol untuk mencuci berbagai perlengkapan yang telah digunakan. Bunda juga bisa segera mencuci botol minum atau peralatan lainnya yang kotor. 


Gunakanlan cairan pembersih yang memiliki formula Food Grade agar aman untuk si kecil. salah satu cairan pembersih yang baik adalah Sleek Baby Pembersih botol. Cairan pembersih ini sangat aman untuk bayi dan balita karena telah diformulasikan secara khusus. Selain 100% food grade, Sleek Baby Pembersih Botol juga dilengkapi dengan formula Natural Antibacterial dan stain removal formula yang akan efektif membunuh bakteri dan menghilangkan bau amis serta noda susu.


Sleek Baby Pembersih botol ini juga telah teruji secara dermatologis, bebas dari parabean serta tak menyebabkan kulit menjadi iritasi. Sehingga Sleek Baby Pembersih botol sangat cocok untuk Bunda yang memiliki kulit sensitif. Bunda dapat mencuci peralatan yang telah digunakan untuk bereksperimen hingga bersih dengan bantuan Sleek Baby Pembersih botol ini.


Seru kan melakukan percobaan sains sederhana untuk anak bersama-sama. Selain seru tentunya kegiatan ini dapat membantu si kecil untuk belajar. Kegiatan seperti ini juga membuat si kecil senang dan menghibur meskipun hanya berkegiatan di dalam rumah. Bunda jangan ragu lagi ya untuk mengajak si kecil melakukan berbagai percobaan menarik.

Leave a comment