1000 Hari Perlindungan

Image

Mata Si Kecil Pedih Saat Menggunakan Sabun? Ini Dia Beberapa Cara yang Dapat Bunda Lakukan Untuk Mengobatinya

Untuk menjaga kebersihan tubuh Si Kecil, Bunda perlu memandikannya setiap hari. Saat mandi, sabun yang digunakan tentu merupakan sabun khusus yang ramah untuk kulit bayi. Akan tetapi, saat mandi seringkali Si Kecil mengalami insiden kecil yakni mata yang pedih. Mata pedih biasanya disebabkan karena cairan sabun yang Bunda berikan masuk ke dalam mata Si Kecil sehingga membuatnya pedih. Tapi, beberapa hal berikut bisa Bunda lakukan untuk mengatasi mata Si Kecil yang pedih saat menggunakan sabun.


Tetap tenang

Saat mata Si Kecil terasa pedih, hal pertama yang wajib Bunda lakukan adalah tetap tenang. Hal ini seringkali terlewatkan karena perasaan takut Bunda ketika mata Si Kecil pedih saat mandi. Padahal, kepanikan seringkali membuat penanganan mata yang pedih tidak tepat sehingga Bunda harus tetap tenang ketika mata pedih.


Cuci mata Si Kecil

Ketika mata Si Kecil pedih, Bunda dapat melakukan pertolongan pertama yakni dengan mencuci matanya. Gunakan air bersih untuk menghilangkan cairan sabun yang masuk kedalam matanya. Lakukan ini secara perlahan dan jangan sampai terlalu banyak air masuk ke dalam mata si Kecil. Saat melakukan proses ini, jangan gosok mata Si Kecil karena akan membuat matanya menjadi iritasi dan membuat cairan sabun tersebut semakin masuk ke dalam mata.


Biarkan mata Si Kecil tertutup untuk beberapa saat

Masuknya cairan sabun ke dalam mata dapat dicegah dengan cara menutup mata Si Kecil. Cara ini merupakan perlindungan pertama yang bisa Bunda lakukan agar cairan sabun tidak terus menerus masuk ke dalam mata Si Kecil. Lakukan proses ini beberapa saat sampai mata Si Kecil terasa lebih nyaman dan bisa melihat dengan jelas kembali.


Gunakan obat tetes mata

Apabila setelah mandi mata Si Kecil menjadi iritasi, maka Bunda dapat melakukan langkah pengobatan pertama yakni dengan menggunakan obat tetes mata. Teteskan obat tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Selain itu, gunakan obat tetes yang direkomendasikan oleh dokter sehingga cocok untuk Si Kecil dan tidak menimbulkan efek samping setelahnya.


Kedipkan mata dengan normal

Jika Bunda telah menggunakan obat tetes mata, maka latih mata Si Kecil untuk berkedip secara normal. Proses ini bisa membantu keluarnya kotoran yang ada pada mata sehingga membuat mata Si Kecil bersih kembali. Lakukan ini beberapa saat sampai Si Kecil merasa nyaman dan tidak terlihat tanda-tanda iritasi pada mata Si Kecil.


Periksakan ke dokter

Apabila setelah diberikan obat tetes, mata si Kecil semakin memerah atau iritasi, maka sebaiknya Bunda segera memeriksakan Si Kecil ke dokter. Pertolongan medis sangat dibutuhkan karena Bunda harus mendapatkan perawatan yang tepat untuk melindungi mata Si Kecil yang pedih akibat sabun. Jadi, jangan gegabah dalam bertindak dan usahakan untuk meminta pertolongan dokter ya, Bun.


Cegah dengan menggunakan sabun yang tepat

Setelah semua proses tersebut dilakukan, maka sebaiknya lakukanlah langkah preventif agar kejadian tersebut tidak terulangi lagi. Gunakanlah sabun bayi tidak pedih dimata yang memiliki kandungan alami sehingga cocok digunakan untuk kulit Si Kecil. Dengan demikian, mata Si Kecil dapat terlindungi dan Bunda tidak perlu khawatir untuk memandikan Si Kecil secara menyeluruh.

Melindungi mata Si Kecil merupakan hal yang sangat penting untuk Bunda lakukan. Karena, dengan mata yang terlindungi maka Si Kecil bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Jadi, mulailah langkah pencegahan sejak dini agar mata Si Kecil dapat terlindungi ketika mandi.


Leave a comment