1000 Hari Perlindungan
Image

Manfaat yang Didapat Saat Travelling Bersama Anak

Berlibur sejenak untuk menghilangkan penatnya kesibukan sehari-hari tentunya sangat menyenangkan. Bisa sejenak melupakan aktivitas pekerjaan, beristirahat, bersantai dan mencari hiburan. Setelah berlibur sejenak nantinya menjadi semangat kembali ke rutinitas sehari-hari.

Travelling bersama keluarga juga menjadi hal yang menyenangkan. Meskipun bagi keluarga yang memiliki balita memang terlihat sangat merepotkan. Membawa balita yang sedang sangat aktif tak bisa diam saat bepergian artinya harus siap lelah mengejar kesana kemari dan kerepotan lainnya.

Meskipun terkesan repot melakukan travelling bersama keluarga tetapi inilah saat yang tepat bagi Ayah Ibu bisa semakin dekat dengan anak, memperkuat bonding antara orangtua dan anak dengan suasana baru dan aktivitas baru. Selain itu banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan Ayah Ibu ketika melakukan travelling bersama keluarga, yuk simak beberapa manfaatnya berikut ini:


1. Lebih Flexible Memilih Waktu

Jika Ayah Ibu memiliki anak balita atau anak yang belum bersekolah maka inilah saatnya untuk berpuas-puas travelling bersama keluarga tanpa pusing memikirkan waktu yang pas berlibur.


Anak yang belum sekolah tentunya tak perlu memikirkan terbentur jadwal sekolah. Jadi Ayah Ibu bisa lebih flexible memilih waktu berlibur. Ayah Ibu yang bekerja bisa mengambil cuti sesaat untuk berlibur. Atau ketika Ayah atau Ibu sedang tugas di luar kota bisa juga membawa serta keluarga untuk berlibur, jadi setelah urusan pekerjaan beres bisa langsung bermain bersama keluarga.


2. Biaya Lebih Murah

Umumnya tarif yang dikenakan pada tempat rekreasi memiliki tarif yang berbeda untuk anak balita. Umumnya tarif yang dikenakan balita dipatok hingga setengah harga normal orang dewasa. Tak hanya tempat rekreasi, bahkan tiket transportasi seperti kereta api, pesawat ataupun bus menjadi lebih murah untuk balita. Bahkan beberapa transportasi ada yang membebaskan biaya tiket untuk anak dibawah 3 tahun. Untuk itu Ayah Ibu bisa berlibur dengan biaya yang lebih murah.


3. Memperkuat Teamwork Suami Istri

Travelling bersama keluarga 

tanpa membawa asisten atau baby sitter terdengar sangat menantang. Namun dengan begitu akan membuat Ayah Ibu jadi saling bahu membahu untuk menjaga anak dan mengurusi berbagai macam keperluannya mulai dari bangun tidur pagi hingga tidur malam.


Hal ini sangat baik memperkuat team work Ayah Ibu sebagai orangtua dan juga suami istri. Mungkin yang biasanya hanya Ibu saja yang lebih banyak repot mengurusi kebutuhan anak, maka saatnya Ayah ikut membantu. Ayah dan Ibu saling berbagi tugas agar kegiatan travelling bersama keluarga bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana. Hal ini akan menjadi pengalaman seru dan bisa melatih kemampuan kerjasama Ayah dan Ibu sehingga akan menjadi kebiasaan baik ketika sudah beraktifitas dirumah lagi. 


4. Memperkuat Bonding Orangtua Dan Anak

Saat travelling bersama keluarga saja tanpa mengajak asisten, baby sitter atau keluarga besar artinya 24 jam penuh anak bersama Ayah Ibu. Ayah atau Ibu yang biasanya disibukkan dengan rutinitas harian serta pekerjaan juga menjadi fokus membersamai anak seharian penuh.


Saat itulah waktu yang pas untuk Ayah Ibu memperkuat bonding bersama anak-anak tercinta. Lakukan aktivitas seru yang membuat Ayah, Ibu dan anak-anak semakin dekat. Hal ini juga akan menjadi memori indah tersendiri yang akan anak kenang, sehingga nantinya anak memiliki memori indah berlibur bersama Ayah dan Ibu.


5. Mengajarkan Anak Hal Baru dan Berani

Mengenalkan anak pada situasi dan kondisi baru tentunya akan memberikan tantangan tersendiri bagi sang anak. Saat melakukan travelling makan anak akan melihat hal-hal baru dan mendapatkan pengalaman yang baru dan menyenangkan.


Misalkan saja merasakan bermain pasir di pantai, mengenal hewan-hewan di kebun binatang atau pengalaman seru lainnya yang jarang anak dapatkan ketika beraktifitas di rumah. Situasi baru juga akan banyak mengajarkan anak hal lain yang jarang didapatkan di rumah. Misalnya saja mengantri tiket di tempat rekreasi, anak jadi bisa belajar bagaimana sikap yang baik seharusnya dilakukan ketika mengantri. Anak dapat belajar bagaimana sikap baik yang seharusnya dilakukan ketika berada di tempat umum dan saat menggunakan fasilitas umum.


6. Belajar Mencintai Lingkungan

Ketika travelling bersama keluarga biasanya pilihan tempat yang dikunjungi adalah alam terbuka seperti pantai, pegunungan, perkebunan dan lainnya. Dengan melihat alam terbuka secara langsung dan merasakan keindahannya maka Ayah Ibu bisa membuat anak menumbuhkan rasa cinta terhadap alam.

Ketika bermain-main di alam terbuka sisipkanlah pelajaran-pelajaran penting mengenai lingkungan. Belajar mencintai dan menjaga lingkungan agar keindahannya tetap terjaga dengan mengajarkan anak untuk membuang sampah ditempatnya, menjaga pepohonan dan tumbuhan disekitar, memperhatikan hewan-hewan disekitar.


Banyak manfaat lainnya yang akan Ayah Ibu rasakan ketika melakukan travelling bersama keluarga, menciptakan momen seru dan memori kebahagiaan bersama keluarga. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan keluarga ya, karena ada kalanya tak semua tempat tujuan travelling tempat yang steril. Terutama anak-anak pastinya senang beraktivitas kotor-kotoran seperti bermain di pasir.


Tak jarang menemukan kondisi tempat minum dan botol susu anak terjatuh kotor atau terkena cipratan serta lainnya. Untuk itu Ayah Ibu harus selalu memperhatikan dengan baik dan jangan lupa untuk selalu membawa alat kebersihan seperti tissue basah, hand sanitizer sabun tangan serta sabun untuk mencuci botol dan peralatan makan lainnya. Ketika botol susu, tempat minum atau alat makan lainnya sudah terjatuh dan kotor sebaiknya segera cuci dan bersihkan. Jangan asal mencuci atau melapnya saja, cucilah dengan air mengalir menggunakan sabun cuci khusus seperti Sleek Pembersih Botol.


Sleek Pembersih Botol merupakan sabun cuci botol dan perlengkapan makan anak lainnya yang telah diformulasikan secara khusus untuk membersihkan perlengkapan bayi dengan bahan 100% food grade, no fragrance dan alami. Tentunya sangat aman untuk anak Ayah Ibu. Selain itu Sleek Pembersih Botol memiliki 8 perlindungan sempurna sehingga sangat baik digunakan untuk mencuci peralatan anak Ayah Ibu, 8 perlindungan yang diberikan adalah:


  • Food Grade, Formula food grade yang artinya Sleek Pembersih Botol sangat aman digunakan karena dibuat dari bahan yang tidak membahayakan kesehatan serta tidak mengandung residu yang memiliki kandungan berbahaya.
  • Natural Anti Bacterial, Memiliki bahan alami yang dapat membersihkan kotoran dan kuman dengan maksimal.
  • Stain Removal, Dapat membersihkan noda yang menempel, termasuk sisa lemak dan bau yang tidak sedap dari semua peralatan makan dan minum anak 
  • Hypoallergenic, Formula hypoallergenic ini dapat meminimalisir iritasi, gatal, dan kasar pada kulit anak mengingat kondisi kulit anak yang masih cukup sensitive.
  • Dermatologically Tested, Telah teruji secara klinis sehingga kita tak perlu khawatir saat menggunakannya.
  • Microbiological Tested, Produk telah teruji efektif membunuh mikroorganisme yang berbahaya.
  • High Quality Concentrate, Hanya dengan menggunakan sedikit saja sudah bisa membersihkan seluruh peralatan makan anak dengan sempurna 
  • Paraben Free, Tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya, sehingga sangat aman untuk membuat peralatan makan anak bersih dan bebas bakteri


Ketika travelling bersama keluarga sebaiknya membawa peralatan makan khusus tersendiri, terutama di kondisi pandemi Covid 19 ini sangat dianjurkan untuk menggunakan peralatan makan pribadi. Untuk itu jangan lupa selain membawa peralatan kebersihan seperti hand sanitizer dan desinfektan, Ayah Ibu tak boleh lupa untuk membawa Sleek Pembersih Botol untuk mencuci berbagai peralatan anak.


Ketika travelling dengan menginap juga jangan sampai dilupakan untuk membawa peralatan mencuci botol seperti sikat botol dan tentunya sabun Sleek Pembersih Botol. Jangan gunakan sabun yang bukan diformulasikan khusus untuk alat makan seperti sabun mandi. Sangat berbahaya untuk kesehatan anak, untuk itulah sangat penting selalu menyediakan sabun pembersih botol dalam tas travel kit Ayah Ibu.

Leave a comment