1000 Hari Perlindungan

Image

Manfaat Masukkan Mainan ke Dalam Mulut

Bun, jangan terburu-buru menarik tangan si Kecil bila ia memasukkan mainan ke dalam mulutnya. Mengapa?

 

Ada saat-saat dimana si Kecil senang sekali memasukkan segala sesuatu yang dipegangnya ke dalam mulutnya, termasuk mainan. Hal ini biasa disebut dengan fase oral.

 

Apa Itu Fase Oral?

Berdasarkan perkembangan anak, fase oral adalah tahap perkembangan area oro-motor (otot daerah mulut dan pencernaan) yang berpengaruh pada perkembangan lainnya seperti berbicara dan makan. Pada fase ini bayi memusatkan stimulus pada daerah mulut dan bibir. Ia akan berusaha memasukkan semua benda yang dipegangnya ke dalam mulut karena menganggap mulut adalah tempat pemuasan kebutuhannya (oral gratification).

 

Pentingnya Fase Oral

Semua bayi pasti akan mengalami fase oral karena fase ini merupakan dasar perkembangan selanjutnya. Fase oral mempengaruhi kematangan otot dan organ di daerah rongga mulut. Jika otot dan organ telah terbentuk matang, anak akan terbantu dalam mengembangkan kemampuan makan dan berbicara.

 

Jika dalam fase oral ini Si Kecil kurang maksimal, ada kemungkinan ia akan terganggu dalam tumbuh kembangnya. Misalnya tidak lancar berbicara, terlalu lama babbling (mengoceh satu suku kata), hingga kebiasaan-kebiasaan seperti bergantung pada dot dan kerap menggigit-gigit jari atau kuku.

 

Perhatikan Ini, Bun!

Meski Bunda sebaiknya tidak melarang si Kecil memasukkan mainan ke dalam mulut, ada beberapa hal yang tetap perlu Bunda lakukan.

  1. Pastikan kebersihan mainan. Bunda bisa mencucinya dengan pembersih yang aman dengan bahan food grade, seperti Sleek Baby Bottle, Nipple & Baby Accessories Cleanser
  2. Hindari mainan dengan bagian-bagian yang terlalu kecil dan bisa menyebabkan tertelan.
  3. Alihkan dengan teether atau finger food. Bila si Kecil sudah bisa mengunyah makanan, Bunda bisa mengalihkan dengan finger food.
  4. Cermati kebersihan tangannya. Selain mainan yang dicuci bersih, sediakan tisu basah untuk mengelap tangan si Kecil.
  5. Amankan area bermain si Kecil dari benda tajam, obat-obatan maupun zat yang berbahaya.

Leave a comment