1000 Hari Perlindungan

Image

Makanan Ini Membuat Produksi ASI meningkat

Bunda yang sedang menyusui pasti melakukan berbagai cara agar bisa memberikan ASI yang cukup pada Si Kecil, kan? Sayangnya, selalu ada saja masalah seperti stres atau terlalu lelah yang membuat ASI jadi sedikit. Tapi jangan panik, Bunda, masih ada cara  yang dapat membuat produksi ASI meningkat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat di bawah ini :

1. Kemangi dan Pare

Selain daun katuk, Bunda bisa memilih sayuran lain seperti kemangi, pare, tomat, bayam, kentang, selada, dll. Sayuran merupakan makanan yang meiliki kandungan protein dan vitamin B6, asam folat yang sangat penting bagi Bunda yang sedang menyusui. Vitamin K dalam kemangi dan pare juga dapat meningkatkan jumlah ASI.

2. Strawberry

Pepaya, jeruk, strawberry, dan blueberry baik dikonsumsi untuk Bunda yang sedang menyusui. Buah-buahan ini kaya akan vitamin A, C, kalium, dan asam folat yang akan membuat produksi ASI makin banyak hingga cukup untuk memenuhi kebutuahn Si Kecil.

3. Kacang Almond

Selain sayur dan buah, Bunda juga bisa coba mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, atau kacang tanah. Kacang-kacangan dipercaya dapat meningkatkan jumlah air susu dan dikenal memiliki kandungan kalsium yang penting bagi otak bayi.

4. Oatmeal

Gandum, beras merah, oatmeal, biji chia juga dapat dikonsumsi untuk membuat ASI lebih banyak lho. Hal ini dikarenakan biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks yang penting untuk ibu menyusui. Bunda bisa mengonsumsi oatmeal saat sarapan, ditambah dengan buah-buahan seperti pisang atau strawberry.

5. Ikan Salmon

Ikan yang bisa Bunda konsumsi saat menyusui misalnya ikan salmon, karena memiliki kandungan DHA, asam lemak dan omega 3 yang membuat ASI jadi lebih berkualitas. Mengonsumsi ikan secara rutin dapat meningkatkan produksi ASI.
 

Nah, makanan mana yang menjadi favorit, Bunda? 

Leave a comment