1000 Hari Perlindungan

Image

Mainan yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Si Kecil

Menjaga tumbuh kembang Si Kecil dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain memerhatikan asupan gizi yang baik untuk tubuhnya, menjaga kebersihan lingkungan, memberikan rangsangan juga perlu diberikan agar dapat membantu proses tumbuh kembangnya. Dalam memberikan rangsangan, ada berbagai cara yang bisa Bunda lakukan, mulai dari mengajaknya berkomunikasi sampai memberikan mainan yang dapat melatih motoriknya.

Mainan tidak hanya menyenangkan untuk Si Kecil namun juga dapat membantu tumbuh kembangnya. Karena, dengan memberikan mainan yang tepat maka saraf motorik Si Kecil bisa terasah sambil bermain. Akan tetapi, untuk membantu proses tumbuh kembangnya, pastikan juga Bunda memilih mainan yang tepat untuk Si kecil. Beberapa mainan berikut ini bisa Bunda pilih karena dipercaya dapat membantu proses tumbuh kembang Si Kecil.


Boneka

Boneka seringkali diidentikkan sebagai mainan yang dikhususkan untuk anak-anak. Padahal, boneka dapat digunakan juga untuk anak laki-laki karena bisa membantu mendukung tumbuh kembang anak-anak. Penggunaan boneka untuk anak laki-laki dapat dipilih dengan cara memilih karakter yang tepat. Beberapa karakter yang cocok untuk anak laki-laki antara lain seperti boneka superhero atau boneka dengan karakter binatang. Boneka tersebut dapat membantu proses tumbuh kembang Si Kecil karena akan membantu mereka untuk mempelajari banyak hal seperti berkomunikasi sampai meniru tingkah laku orang dewasa.


Peralatan musik

Musik memiliki manfaat yang sangat besar untuk setiap orang termasuk Si Kecil. Tidak hanya dapat memberikan sensasi relaksasi, musik juga dapat merangsang saraf motorik Si Kecil terutama apabila Si Kecil memiliki mainan berupa peralatan musik. Memberikan mainan berupa peralatan musik bisa membuat Si Kecil merasa senang dengan bunyi dari peralatan musik tersebut sekaligus merangsang kinerja otak kanannya agar lebih kreatif. Selain itu, memperkenalkan peralatan musik sejak dini juga dapat menimbulkan kecintaan terhadap musik sejak kecil juga lho, Bun.


Balok susun

Untuk merangsang kreativitas Si Kecil sejak dini, mainan dapat menjadi media yang tepat. Pemilihan mainan berupa balok susun dapat membantu Si Kecil agar dapat berkhayal mengenai benda yang dibuat dari balok susun tersebut ketika bermain. Sehingga, secara tidak langsung proses tersebut dapat merangsang kreativitas Si Kecil sekaligus membantu proses tumbuh kembangnya secara lebih optimal.


Peralatan medis

Setiap anak tentu memiliki cita-cita yang ingin diwujudkan ketika besar kelak. Agar dapat menimbulkan keinginan untuk memiliki cita-cita maka mainan dapat memengaruhi cita-cita Si Kecil. Sebagai contoh, untuk menimbulkan keinginan cita-cita menjadi dokter, maka Bunda bisa memberikan mainan berupa peralatan medis kepada Si Kecil. Mainan berupa peralatan medis dapat merangsang Si Kecil untuk berkhayal seperti seorang dokter sungguhan sehingga dapat menimbulkan cita-cita untuk menjadi dokter ketika dewasa kelak.


“Makanan”

Salah satu indikasi bahwa perkembangan seorang anak telah berjalan secara sukses, Bunda dapat melihatnya melalui seberapa cepat Si Kecil melakukan pekerjaan secara mandiri. Salah satunya yakni terlihat ketika Si Kecil mulai terbiasa untuk makan sendiri seperti orang dewasa. Untuk dapat merangsang proses tumbuh kembang tersebut, Bunda dapat memulainya dengan cara memberikan mainan berupa peralatan makan beserta berbagai makanan dalam bentuk mainan. Penggunaan mainan dalam bentuk makanan juga dapat membantu Si Kecil untuk mengenal berbagai makanan secara menyenangkan. Jadi, Bunda dapat menggunakan jenis mainan yang satu ini untuk membantu proses tumbuh kembang Si Kecil secara lebih optimal.

Memilih mainan yang tepat mungkin bisa membantu proses tumbuh kembang Si Kecil. Namun, jangan lupakan juga kebersihan mainan yang digunakan oleh Si Kecil. Karena kebersihan mainan juga berperan dalam mendukung upaya tumbuh kembang Si Kecil. Agar dapat menjaga kebersihan mainan Si Kecil, penggunaan sabun cuci food grade bisa cara terbaik. Karena, Si Kecil seringkali menggigit mainannya sehingga untuk melindunginya, penggunaan sabun cuci food grade tergolong efektif untuk membersihkan mainan sekaligus memberikan rasa aman ketika Si Kecil menggigitnya.


Leave a comment