1000 Hari Perlindungan

Image

Lindungi Kulit Si Kecil dari Ruam Popok

Bunda, salah satu satu masalah kulit yang seringkali dialami bayi adalah ruam popok. Jenis iritasi kulit ini ditandai warna kemerahan pada kulit bayi di bokong, lipatan paha, atau kelamin. Biasanya, ruam popok dibarengi dengan rasa gatal dan sakit sehingga kerap membuat bayi rewel.


Ruam popok bisa disebabkan beberapa faktor, seperti infeksi bakteri atau penyakit kulit seperti dermatitis seboroik dan dermatitis atopik. Tapi pada umumnya masalah kulit ini disebabkan paparan kotoran yang terkumpul di dalam popok. Ruam popok biasanya tidak menimbulkan masalah serius. Namun tentu saja Bunda tidak akan tega melihat Si Kecil terus menangis akibat rasa tidak nyaman pada bokong dan bagian kelaminnya.


Perlindungan Tepat bagi Si Kecil

Nah, sesungguhnya ruam popok dapat dicegah lho, Bunda. Salah satu caranya adalah dengan selektif dalam memilih popok. Pilih popok dengan daya serap yang baik agar kulit bayi tetap kering dan terhindar dari iritasi. Sesuaikan ukuran popok Si Kecil. Popok yang terlalu ketat, berpotensi menimbulkan ruam popok.


Selain itu, Bunda juga bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini guna melindungi kulit Si Kecil dari ruam popok:


1. Rutin mengganti popok

Memang, ada sejumlah popok yang mencantumkan ketahanan hingga 12 jam. Akan tetapi, Bunda disarankan untuk mengganti popok bayi 4-5 jam sekali atau saat dirasa sudah penuh. Popok pada bayi yang tengah mengalami diare, biasanya lebih cepat penuh. Oleh sebab itu, Anda harus lebih sering menggantinya.


2. Pastikan kebersihan

Saat mengganti popok Si Kecil, pastikan Anda membersihkan bagian bokong dan sekitarnya dengan seksama. Gunakan air hangat dan kain lembut atau kapas untuk mengusap kotoran hingga tak ada yang tersisa. Pastikan bagian tersebut kering.


3. Gunakan diaper cream

Ada banyak merk diaper cream yang beredar di pasaran. Namun pilih yang berkualitas ya Bunda, seperti Sleek Baby Diaper Cream. Oleskan Sleek Baby Diaper Cream ke permukaan kulit bayi yang tertutup popok. Krim popok ini sudah diformulasikan secara khusus dengan Natural Antibacterial dan Natural Anti-Irritant sehingga tidak hanya efektif untuk mengobati namun serta melindungi kulit si Kecil dari ancaman ruam popok. Sleek Baby Diaper Cream aman dan tentunya mampu membuat bayi selalu merasa nyaman. 


Credits to: Mother & Baby 

Leave a comment