1000 Hari Perlindungan

Image

Lima Makanan Terlarang Buat Si Kecil

Makanan bernutrisi sangat penting bagi pertumbuhan Si Kecil. Mulai dari sayuran, padi-padian, hingga buah-buahan. Namun jangan salah, makanan yang selama ini dianggap sehat ternyata tidak baik untuk Si Kecil.

 

Untuk lebih jelasnya, cek info di bawah ini yuk, Bunda,

 

Cokelat

Kudapan dan permen cokelat tak lepas dari kafein. Diketahui bahwa kafein berdampak buruk terhadap tubuh Si Kecil, yaitu dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dehidrasi, dan mual. Di sisi lain, kafein bersifat diuretik yang dapat merangsang sering buang air kecil.

 

Sebenarnya, cokelat bukan jenis kudapan penting bagi Si Kecil, mengingat kandungan gulanya yang tinggi. Namun tidak dipungkiri, Si Kecil lebih suka makanan manis dan gurih. Tetapi Bunda harus bisa menjaga agar jangan sampai ia ketagihan karena bisa membuatnya obesitas. Jika Bunda ingin memperkenalkan cokelat, berikan saat usianya di atas lima tahun. Jangan melulu memberikan cokelat dalam bentuk permen, melainkan campur dengan puding susu atau bubur oatmeal.

 

Cereal dan permen

Hampir sama seperti cokelat, cereal dan permen yang diperuntukkan buat Si Kecil rasanya sangat manis. Sudah pasti makanan tersebut memiliki kadar gula tinggi dan sangat lengket. Bukan tak mungkin Si Kecil sulit menelan makanan tersebut. Ada baiknya Bunda mengenalkan berbagai macam buah-buahan ketika Si Kecil berusia enam bulan (MP ASI). Setelah tiga tahun, kenalkan Si Kecil dengan cereal. Bunda bisa mengenalkan permen pada Si Kecil, namun sebelumnya konsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan ahli nutrisi. Jika tidak dikenalkan pun tak masalah, kok, Bunda.

 

Garam

Selain makanan manis, makanan gurih atau asin menjadi incaran Si Kecil. Sebenarnya, makanan asin mengandung banyak garam (sodium) yang tak baik bagi kesehatannya. Pasalnya, sodium mampu menambah tekanan darah dan memaksa ginjal bekerja berlebihan. Makanan bersodium tinggi banyak dijumpai pada makanan kalengan, daging olahan, keju, roti, dan snack. Jika Bunda ingin mengenalkan makanan bersodium, berikan setelah Si Kecil berusia lima tahun.

 

Madu

Siapa tak kenal khasiat madu? Semakin mentah madu, semakin baik pula manfaatnya. Tetapi hal tersebut tak berlaku untuk anak di bawah satu tahun. Alasannya, madu merupakan pelabuhan bagi bakteri spora (Clostridium botulinum) yang dapat menyebabkan penyakit botulisme pada bayi. Si Kecil yang terserang penyakit ini ditandai dengan sembelit atau justru sebaliknya diare, mual, muntah, semua otot melemah, dan badan lesu. Bakteri tersebut dapat membuat nyawa melayang dalam waktu 24 jam. Penggunaan madu dalam kue atau pemanasan madu tidak cukup menghancurkan bakteri. Untuk membuat stamina Si Kecil prima, cukup berikan Air Susu Ibu atau buah-buahan segar.

 

Ikan laut

Bunda atau suami memiliki riwayat alergi terhadap ikan laut? Jika ya, sebaiknya hindari memberikan ikan laut kepada Si Kecil di bawah satu tahun. Berikan makanan ini saat Si Kecil berumur dua tahun karena pada usia tersebut kekebalan tubuhnya sudah cukup kuat.  

Leave a comment