1000 Hari Perlindungan

Image

Lima Macam Permainan yang Dapat Kembangkan Motorik Si Kecil

Bermain merupakan hal penting dalam perkembangan motorik Si Kecil, baik motorik halus maupun kasar. Melalui permainan, ia melatih diri untuk mengontrol dan mengkoordinasikan body movements dan melatih panca indera.

 

Di bawah ini ada lima permainan yang dapat mengembangkan motorik Si Kecil.

 

Play dough, clay, and puzzle

Untuk mengasah motorik halus Si Kecil, Bunda bisa memberikannya permainan dough (lilin lentur) dan tanah liat. Minta ia membentuk binatang atau benda favoritnya. Melalui permainan tersebut, ia akan membedakan bentuk, tekstur, dan bau. Jika ia “lulus” mainan ini, kenalkan dengan puzzle atau blocks, yang juga bisa menambah kemampuan motorik halusnya.

 

Gunting dan tempel

Saat ini, sudah banyak buku bergambar karakter lucu yang bisa digunting dan ditempel. Bunda cukup menyediakan gunting khusus anak-anak dan mintalah untuk menggunting gambar sesuai garisnya, setelah itu tempel di buku atau tempat yang telah ditentukan. Berbahaya? Tidak. Biasanya, Si Kecil di atas satu tahun suka sekali kegiatan gunting tempel. Ketika Si Kecil menggunting, ia akan mencurahkan kecakapan visual dan motoriknya terhadap pola gambar. Ketika menempel, ia menggunakan motorik dan imajinasinya.

 

Slides

Jangan melarang jika Si Kecil suka dengan slides atau biasa disebut perosotan. Pasalnya, ia tengah belajar motorik kasar terutama body movements, yaitu bagaimana mempertahankan posisi badan dan kepala agar tidak jatuh. Sebelum merosot, ia akan menapaki tangga, dan hal itu membuatnya belajar menyeimbangkan antara badan dan kaki, serta membagi berat badan. Permainan lainnya adalah jungkat-jungkit.

 

Tubes

Permainan motorik kasar dapat dijumpai di tubes atau bermain di dalam tabung. Tubes membantu Si Kecil menguatkan inti badan dan keterampilan mengoordinasikan tubuh.

 

Panjat dinding

Climbing wall atau panjang dinding juga bagus untuk motorik kasarnya. Si Kecil akan berlatih koordinasi ke atas dan bawah, karena ia harus menemukan pijakan tangan dan kaki. Permainan ini juga menguatkan badan bagian atas serta jari-jari tangan, keseimbangan membagi berat badan, sampai menstimulasi tulang sendi dan otot. Jangan lupa, pilih panjang dinding untuk anak-anak dan berikan peralatan keamanan ya, Bunda. Ada juga permainan sejenis yang bisa dijadikan alternatif, yaitu monkey bars dan ayunan.

 

Apapun permainan Si Kecil, wajib diawasi oleh Bunda, Ayah, atau anggota keluarga lainnya. Perhatikan pula keamanan lokasi dan benda yang digunakan. Bermain itu pasti, keamanan itu wajib. 

Leave a comment