1000 Hari Perlindungan

Image

Lakukan Hal ini Agar Bayi 6 – 12 Bulan Tetap Sehat

Saat Si Kecil sakit, tentu Bunda akan merasa sedih ya. Tapi jangan sedih berlarut ya, lebih baik Bunda mulai menjaga kesehatan bayi usia 6-12 memperhatikan hal-hal berikut ini!

1. Tidur yang Berkualitas

Tidur penting bagi Si Kecil karena dengan tidur memungkinkan tubuh beristirahat untuk memulihkan stamina. Untuk bayi, manfaat tidur juga membantu tumbuh kembang, kesehatan jiwa dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, untuk bayi usia 6-12 bulan, Bunda harus memastikan kalau Si Kecil memiliki pola tidur yang teratur dan berkualitas. Total waktu tidur bayi usia 6-12 bulan antara 12-14 jam per hari, dengan waktu tidur siang bisa dua kali.

2. Imunisasi

Imunisasi merupakan investasi kesehatan masa depan karena pencegahan penyakit melalui imunisasi merupakan cara perlindungan terhadap infeksi yang paling efektif dan jauh lebih murah dibanding mengobati apabila telah jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Dengan imunisasi, Si Kecil akan terhindar dari penyakit infeksi berbahaya. Untuk bayi usia 6-12 bulan, imunisasi polio, campak, hepatitis masih diberikan. Saran untuk Bunda, perhatikan jadwal imunisasi Si Kecil ya.

3. Asupan Bernutrisi

Selain ASI, bayi usia 6-12 sudah membutuhkan makanan pendamping ASI atau disebut dengan MPASI. Dalam fase inilah Bunda berperan penting dalam menentukan jenis makanan yang kaya nutrisi dan gizi untuk mendukung tumbuh kembang bayi serta kecerdasannya.

Bunda bisa memberikan sayuran hijau yang kaya serat, buah yang kaya mineral, ikan, dan tahu dengan kandungan protein yang tinggi serta daging untuk memenuhi asupan zat besinya.

Untuk memastikan bahwa buah dan sayuran terjaga kebersihannya, Bunda harus mencuci bersih. Selain itu perlengkapan makan bayi sudah dipastikan bersihya. Bunda bisa memakai Sleek Bottle, Nipple, and Baby Accessories Cleanser. Larutan pembersih untuk bayi ini dapat membunuh kuman pada perlengkapan bayi dan menjaga perlengkapan makan tetap aman dan sehat.

4. Mandi

Mandi bagi bayi adalah ritual yang penting untuk membuat kulitnya halus dan bersih. Selama mandi periksa tubuh bayi untuk mengetahui apakah timbul ruam atau kulit kering. Sambil mandi pijat lengan dan kaki Si Kecil karena akan meningkatkan sirkulasi darah.

Jangan lupa membersihkan setiap daerah lipatan seperti leher, dibelakang telinga, ketiak, dan daerah selangkangan karena di daerah itu bakteri banyak berkumpul. Setelah mandi, gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan bayi supaya kulit lembutnya tidak terluka karena lecet.

Leave a comment