1000 Hari Perlindungan

Image

Kunci Preschool Tanpa Drama: Persiapan Matang

Menyenangkan bila melihat Si Kecil yang antusias berangkat ke sekolah (preschool) setiap hari. Namun tak jarang, persiapan preschool menjadi drama setiap pagi. Seperti susah bangun pagi, menangis menjelang mandi, hingga merengek ketika sarapan. Kondisi tersebut normal.

 

Bunda ingin semuanya berjalan lancar? Persiapan matang sebelum preschool adalah kuncinya. Berikut ini cara menyiapkan Si Kecil agar siap memasuki masa preschool.

 

Semua tentang sekolah

Sebelum memasuki preschool, kenalkan Si Kecil dengan hal-hal yang berbau sekolah yuk, Bun. Misalnya, membaca buku tentang preschool, bermain self skills (mengancingkan kemeja, memakai kaus kaki dan sepatu, membersihkan mainan dengan cepat dan tepat), dan mencoba kelas free trial. Ceritakan pula kegiatan seru yang akan ia jalani di preschool agar ia memiliki gambaran tentang sekolah.

 

Belanja perlengkapan sekolah

Tak lengkap rasanya, jika sekolah tanpa mambawa peralatannya. Untuk itu, ajak Si Kecil belanja perlengkapan sekolah. Biasanya, peralatan untuk murid preschool berbentuk icon lucu dan warna-warni. Setelah membeli, mintalah Si Kecil untuk menempelkan label nama, yang telah ditulis Bunda.

 

Jangan lupa, belanja pula “seragam” atau baju baru supaya Si Kecil semakin termotivasi sekolah. Setelah membeli jangan langsung dipakai, Bun. Cuci dulu dengan baby laundry yang mengandung ekstrak tanaman alami. Sehingga baju pun bersih, bebas bakteri, dan lembut. Seperti Sleek Baby Laundry Detergent, cairan pencuci baju tersebut efektif membersihkan noda, tidak menyebabkan iritasi, serta telah melalui uji dermatologi.

 

Hari pertama

Menjelang hari pertama, siapkan mental Si Kecil. Misalnya, mengemas tas bersama-sama, mintalah tidur lebih awal, deringkan jam weker dengan lagu kesayangannya, hingga menikmati sarapan favorit. Karena preschool merupakan masa transisi dari rumah ke sekolah, berikan izin Si Kecil untuk membawa mainan kesayangannya. Pasalnya, benda tersebut dapat membantunya merasa nyaman selama di sekolah.

 

Meninggalkan dengan rasa aman

Sebelum memasuki kelas dan menghindari drama, biarkan Si Kecil jalan-jalan untuk mengeksplorasi lingkungan barunya. Jika ia mulai ragu-ragu dan merengek, berikan motivasi bahwa preschool merupakan hal menyenangkan, bahkan bisa bermain dengan teman-teman baru. Katakan pula, “Bunda tak akan mengganggu waktumu dan teman-temanmu bermain, jadi Bunda tinggal sebentar, dan akan menjemput tepat waktu.”

 

Dengan demikian, Si Kecil pun merasa aman, begitu pula Bunda. Jika Bunda mendengar Si Kecil menangis, jangan kembali ke ruangan, tetaplah melangkah keluar. Kalau penasaran, Bunda dapat bertanya kepada guru apa yang terjadi pada Si Kecil.

Kalau Bunda, bagaimana cara Bunda menghindari drama preschool? Yuk, berbagi cerita di kolom komentar. 

Leave a comment