1000 Hari Perlindungan
Image

Kulit Bayi Sensitif? Lakukan Hal Ini Untuk Merawatnya

Menjaga kulit bayi agar tetap sehat dan terawat menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu. Kulit bayi sangatlah halus, lembut dan sensitif terhadap perubahan suhu, udara hingga bahan-bahan dari sebuah produk yang mengenai kulitnya. Sehingga Bunda perlu memberikan perhatian dan perlakuan khusus untuk menjaga kulit bayi yang sensitif. Memilih produk yang tepat untuk merawat kulit bayi yang sensitif sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini berguna untuk menghindarkan kulit sensitif bayi dari terjadinya ruam atau kemerahan.


Baca juga :Penyebab Perut Bayi Kembung dan Berbunyi


Bunda perlu memperhatikan pemilihan produk untuk bayi dengan kulit sensitif, seperti lotion, cologne hingga sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitif. Produk bayi yang Bunda gunakan untuk si kecil akan sangat berpengaruh pada kondisi kulitnya. Pastikan kandungan dalam produk bayi pilihan Bunda aman jika digunakan untuk si kecil. Salah satu produk yang harus Bunda perhatikan adalah sabun bayi yang bagus untuk membersihkan dan merawat kulit sensitifnya. Pemilihan sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitif sangatlah penting, karena kulit bayi jauh lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Apalagi jika si kecil mulai aktif bergerak, menjelajahi ruangan di rumah atau bermain ke luar, mandi dengan menggunakan sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitif menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan kulitnya.

 

Cara Memilih Sabun Bayi yang Bagus untuk Kulit Sensitif

Kulit bayi memiliki sifat yang sangat lembut dan lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa. Oleh karena itu, kulit bayi yang sensitif ini membutuhkan perlakuan dan perhatian khusus oleh Bunda. Berikut cara memilih sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitif:


1.       Pilih jenis sabun bayi berdasarkan kondisi kulit bayi

Berdasarkan wujudnya sabun bayi memiliki 3 jenis, yaitu sabun busa (foamy wash), sabun cair (liquid wash) dan sabun padat (bar soap) yang masing-masing memiliki fungsi dan dapat disesuaikan dengan usia bayi. Bunda dapat memilih jenis sabun bayi berbentuk busa (foamy wash) untuk bayi yang baru lahir karena bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Jenis ini praktis digunakan karena busanya mudah keluar hanya dengan sekali memompa botol kemasannya saja, bahkan dengan satu tangan sekalipun.


 Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Baru Lahir


Sleek Baby Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash merupakan sabun bayi yang bagus untuk wajah dan kulit. Sleek Baby Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash merupakan perpaduan sampo dan sabun berbentuk busa yang dapat Bunda gunakan untuk membersihkan badan, rambut serta kulit kepala bayi. Sleek Baby Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash mengandung natural antibacterial yang mampu melindungi bayi dari kuman dan bakteri. Kulit bayi akan menjadi lembut dan halus serta terlindungi dari iritasi. Sleek Baby Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash juga memiliki pH 5 yang aman untuk bayi yang baru lahir serta mengandung lavender extract yang memberikan sensasi menenangkan.


Sleek Baby Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash ini tidak menggunakan paraben, alkohol maupun pewangi buatan sehingga membuatnya menjadi sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitif. Bunda juga tidak perlu khawatir ketika mencuci rambut bayi karena Sleek Baby Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash tidak pedih di mata.

 

2.       Periksa kandungan bahan dari sabun bayi

Saat memilih sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitif, periksa terlebih dahulu kandungan bahan dalam sabun bayi agar aman digunakan oleh si kecil ya, Bunda. Kandungan soap base atau kalium tergolong aman untuk kulit bayi, namun Bunda perlu mempertimbangkannya lagi jika sabun bayi mengandung bahan berbahaya seperti paraben yang dapat membahayakan kulit bayi yang sensitif karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi.


Bunda dapat memilih sabun bayi yang mengandung tambahan minyak esensial alami, seperti kandungan natural antibacterial dan lavender extract pada Sleek Baby Natural Antibacterial Head to Toe Foamy Wash yang melindungi kulit sensitif si kecil dari kuman dan bakteri serta memberikan sensasi menenangkan. Selain itu, ada juga Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Liquid Soap dapat menjadi pilihan lain sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitif karena mengandung Oatmilk & Chamomile yang membantu menjaga kesehatan kulit dan membantu mencegah iritasi pada kulit bayi.

 

3.       Pilih sabun bayi dengan pH yang sesuai kulit bayi

Derajat keasaman (pH) sabun juga harus diperhatikan saat memilih sabun bayi yang bagus untuk wajah. Pilih sabun bayi yang memiliki pH seimbang karena sesuai dengan pH alami kulit bayi. Sabun jenis ini memiliki kandungan asam yang lemah namun setara dengan pH kulit bayi dan memiliki keunggulan yaitu rendah iritasi. Sabun dengan pH 5 direkomendasikan sebagai sabun bayi yang bagus untuk kulit sensitif.

 

Di sisi lain, jenis sabun bayi dengan kandungan basa mampu menghilangkan kotoran dengan baik. Sabun jenis ini biasanya berbentuk padat, mampu menghasilkan banyak busa dan dapat membersihkan kotoran dengan baik. Namun, sabun dengan kandungan basa ini dapat menyebabkan kulit terasa kesat dan cenderung kering yang tidak cocok untuk kulit sensitif. Oleh karena ini, pilihlah sabun bayi yang sesuai dengan kondisi kulit si kecil.


 Baca Juga : Bingung Memilih Produk Bayi Terbaik? Berikut Informasi Lengkapnya


Produk Lain Sebagai Penunjang Perawatan Kulit Sensitif Bayi

Tak cukup hanya memilih sabun bayi yang bagus untuk untuk cuci muka dan kulit sensitif, pemilihan sabun pencuci pakaian bayi juga perlu diperhatikan ya, Bunda. Bahan-bahan yang terkandung dalam sabun pencuci pakaian bayi dapat berpengaruh pada kulit bayi yang menempel pada pakaian. Laundry Detergent dari Sleek Baby dapat dipilih sebagai penunjang perawatan kulit sensitif bayi. Sleek Baby Laundry Detergent merupakan cairan sabun pencuci pakaian bayi yang telah diuji secara dermatologis aman digunakan untuk mencuci pakaian bayi dan terbukti tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif serta lembut di tangan. Sleek Baby Laundry Detergent mengandung natural plant extract yang aman, efektif menghilangkan noda dan menjaga pakaian si kecil tetap lembut.


Cara penggunaan Sleek Baby Laundry Detergent sangatlah mudah. Jika Bunda mencuci pakaian bayi dengan tangan, cukup tuangkan ½ tutup botol Sleek Baby Laundry Detergent ke dalam 10 liter air. Rendam pakaian si kecil selama 30 menit, kucek sebentar, lalu bilas sampai bersih dan peras. Selain mencuci dengan tangan, Bunda juga dapat mencuci pakaian si kecil dengan mesin cuci dan Sleek Baby Laundry Detergent. Caranya cukup tuangkan ½ tutup botol Sleek Baby Laundry Detergent untuk 30 liter air. Namun Bunda dapat menambah takaran Sleek Baby Laundry Detergent jika pakaian si kecil sangat kotor.

Leave a comment