1000 Hari Perlindungan

Image

Kok Si Kecil Jalan Jinjit?

Ketika belajar berjalan, Si kecil kadang berjalan berjinjit. Bunda tidak perlu khawatir karena ini hal yang normal. Untuk Bunda ketahui, bahwa cara berjalan sambil jinjit (toe walking), ada yang memang hanya kebiasaan tetapi ada pula yang gangguan. Pada umumnya, Si kecil yang sedang melancarkan kemampuan berjalan, sesekali memang terlihat jalan sambil berjinjit yaitu berjalan dengan menggunakan ujung kaki pada bagian jari. Ini bisanya terlihat pada usia 18 bulan hingga 3 tahun.

Menurut Dr. Jennifer Shu, pakar tumbuh-kembang  anak dari Children’s Medical Group, Atlanta, AS, semakin bertambah usia, seharusnya semakin normal pula cara jalannya. Meski begitu, Bunda harus tetap memerhatikan kebiasaan berjalan jinjit pada Si Kecil.

Caranya, perhatikan seberapa sering ia berjalan jinjit. Jika sesekali, maka tergolong normal, sama halnya dengan ketika Si Kecil berjalan dengan jarak kedua kaki lebar, kedua lutut agak ditekuk, atau sesekali oleng. Itu semua karena masih dalam tahap belajar berjalan sendiri. 

Namun, bila Bunda melihat Si Kecil hampir setiap kali melangkahkan kaki dengan berjinjit, sebaiknya segera dibawa ke dokter. Karena kalau Si Kecil masih berjalan jinjit di usia 3-5 tahun diwaspadai ada gangguan pada kakinya. Sebaiknya, Bunda konsultasikan dengan dokter spesialis anak bila pada proses belajar berjalannya Si Kecil tidak juga belajar menapak karena deteksi dini dapat mencegah berjalan jinjit menjadi suatu kebiasaan dan berdampak negatif pada tumbuh kembangnya.

 

Leave a comment