1000 Hari Perlindungan
Image

Kiat Efektif Menjaga Kebersihan Rumah dan Seisinya saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba patut membuat Bunda ekstra waspada menjaga kesehatan keluarga, terutama si Kecil yang baru lahir. Biasanya musim pancaroba menyebabkan perubahan cuaca ekstrem dan memicu perkembangbiakan mikroorganisme penyebab penyakit sehingga buah hati Bunda jadi rentan sakit. Kebersihan rumah saat pancaroba sangat penting untuk meminimalkan risiko penyakit menular.

Jangan bingung memulai proses bersih-bersih rumah di musim pancaroba, Bun. Ikuti dulu ulasan kiat-kiat berikut ini untuk mewujudkan kebersihan saat pancaroba:

Menyingkirkan Barang-Barang Tak Terpakai

Barang-barang tak terpakai di rumah bisa menjadi tempat bersarangnya debu, mikroorganisme, dan kotoran lainnya. Selain itu, tumpukan barang yang berlebihan juga membuat ruang gerak jadi tak leluasa. Itulah sebabnya Bunda harus menyingkirkan barang-barang tak terpakai sesegera mungkin. Yuk, lakukan beberapa langkah berikut ini agar barang di rumah lekas tertata rapi dan tidak membuat suasana jadi sempit:

  • Mengelompokkan barang-barang yang masih bermanfaat ke dalam wadah tertutup seperti container box. Jangan lupa memberikan label nama barang pada masing-masing wadah penyimpanan supaya Bunda tidak kesulitan mencari barang tersebut saat membutuhkannya.
  • Sama seperti barang lainnya, perlengkapan si Kecil yang belum atau tidak terpakai juga mesti dikelompokkan dalam wadah tertutup dan disusun secara rapi.
  • Menyiapkan lemari atau rak baru agar barang-barang di rumah bisa ditata secara rapi.
  • Mengumpulkan barang-barang yang tidak akan digunakan lagi. Bunda bisa menyimpannya dalam kardus atau wadah lainnya sebelum dibuang atau diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

Memasang Exhaust Fan pada Setiap Ruangan Rumah

Kebersihan saat pancaroba juga berkaitan dengan sirkulasi udara di dalam rumah. Bila sirkulasi udara di rumah kurang lancar karena keterbatasan jumlah ventilasi, kemungkinan besar suasana interior rumah jadi pengap dan lembap. Kelembapan udara yang tinggi akan memicu perkembangbiakan mikroorganisme penyebab penyakit. Untuk mengatasi hal ini, Bunda harus memasang exhaust fan pada setiap ruangan rumah. Saat exhaust fan dinyalakan, sirkulasi udara jadi lebih lancar dan kondisi rumah jadi lebih sehat.

Menggunakan Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Seisi Rumah

Barang-barang yang tampak bersih di rumah bisa saja mengandung debu dan kotoran yang tak kasat mata. Oleh sebab itu, Bunda harus menggunakan vacuum cleaner dengan daya hisap besar untuk membersihkan seisi rumah. Bersihkanlah sudut-sudut rumah yang sulit dijangkau, karpet, sofa, dan barang-barang lainnya dengan vacuum cleaner setiap 1 minggu sekali. Kebiasaan bersih-bersih ini akan membuat rumah selalu higienis sehingga si Kecil pun senantiasa sehat.

Membersihkan Lingkungan Sekitar Rumah

Bukan hanya interior rumah yang mesti dibersihkan secara rutin saat musim pancaroba. Bunda juga patut memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar rumah, apalagi bila Bunda sering mengajak si Kecil keluar rumah untuk berjemur atau bermain sejenak. Beberapa hal yang patut dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan furniture dan seisi teras. Jangan biarkan ada sampah, debu, atau kotoran yang menumpuk.
  • Memangkas pepohonan besar yang menghalangi sinar matahari masuk ke rumah.
  • Menyingkirkan sampah yang menyumbat aliran air di selokan.
  • Menyemprotkan disinfektan dan insektisida di teras setiap hari.

Menjaga Kebersihan Air di Rumah

Musim pancaroba juga identik dengan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat virus yang dibawa nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk pembawa virus tersebut menyukai habitat air bersih yang tergenang sebagai tempat berkembang biak. Bila ingin menjaga kebersihan air di rumah dan mengurangi risiko penularan DBD, Bunda harus melakukan beberapa hal ini:

  • Menguras tempat penampungan air secara rutin minimal 3 hari sekali untuk membasmi jentik nyamuk yang sudah ada di dalamnya.
  • Menutup tempat penampungan air rapat-rapat sehingga tak ada jentik-jentik nyamuk yang hidup di tempat air tersebut.
  • Menyingkirkan barang-barang bekas, terutama yang berada di tempat terbuka dan berisiko menyimpan air tergenang, misalnya kaleng kosong dan botol bekas minuman.

Memperbaiki Atap Rumah yang Bocor

Jangan menganggap remeh kondisi atap yang bocor hingga membasahi interior rumah ya, Bun. Kerusakan rumah sekecil apapun harus ditangani secara cepat, terutama memasuki musim pancaroba. Air yang bocor dan menetes ke interior rumah akan membuat hawa rumah jadi lembap. Bila dibiarkan terus-menerus, kondisi rumah yang lembap akan mengganggu kesehatan sistem pernapasan serta memicu perkembangbiakan mikroorganisme penyebab penyakit. Jadi, pastikan kalau sudah tak ada bagian rumah yang bocor menjelang musim hujan.

Membersihkan Dapur Secara Telaten

Kondisi dapur juga sangat mempengaruhi kesehatan Bunda sekeluarga. Jangan sampai dapur yang kotor di musim pancaroba membuat Bunda, si Kecil, dan anggota keluarga lainnya jadi rentan sakit. Bunda harus melakukan beberapa hal ini untuk memastikan bahwa dapur selalu bersih:

  • Membersihkan seisi kulkas secara rutin setiap 1 minggu sekali. Jangan lupa membuang sisa makanan yang sudah tidak layak konsumsi.
  • Menjaga kebersihan meja makan, rak dapur, kompor, tempat cuci piring, dan lemari penyimpanan bahan makanan.
  • Memperbaiki saluran air dapur yang rusak karena mampet.
  • Menyemprotkan disinfektan pada bagian dapur yang sering disentuh, misalnya knop kompor, microwave, pintu kulkas, dan permukaan meja makan.
  • Membersihkan botol susu dan peralatan makan si Kecil menggunakan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories. Selain bisa digunakan untuk membersihkan botol susu bayi dan peralatan makan, Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan mainan si Kecil. Bunda bisa mendapatkan 8 perlindungan menyeluruh berikut ini bila menggunakan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser:

1. Telah lolos uji klinis di lembaga terakreditasi.

2. Mengandung bahan yang aman dan natural, seperti Natural Anti Bacterial yang ampuh membasmi semua bakteri dan kotoran dan kotoran dari sisa susu maupun makanan.

3. Stain Removal Formula membuat botol menjadi kesat setelah mencuci lemak.

4. Bersifat paraben free sehingga aman dari bahan kimia berbahaya.

5. Food Grade Formula yang diklaim aman jika ada sisa sabun pada peralatan makan yang tidak sengaja tertelan oleh si Kecil serta tidak meninggalkan residu apapun.  

6. Hypoallergenic sehingga kandungannya tidak akan membuat kulit Bunda jadi kering atau mengelupas sesering apapun Bunda mencuci botol dengan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser.

7. Cairannya bersifat konsentrat dengan tekstur kental dan padat. Pemakaian dalam jumlah sedikit sudah cukup untuk mencuci banyak botol dan membuat Bunda jadi lebih hemat. 

8. Microbiological Tested atau telah teruji efektif membunuh mikroorganisme berbahaya yang rentan mendiami dan merusak bahan pangan.

Jika menggunakan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories, Bunda tak perlu khawatir dengan kehigienisan botol susu, peralatan makan, dan mainan si Kecil. Risiko kontaminasi mikroorganisme penyebab penyakit pada anak akan berkurang kalau perlengkapan makan dan mainannya dicuci secara higienis.


Menjaga kebersihan saat pancaroba berarti mendukung tumbuh kembang si Kecil agar tetap aktif dan tak mudah sakit. Jadi, jangan malas meluangkan waktu untuk membersihkan rumah menjelang pergantian musim ya, Bun.

Leave a comment