1000 Hari Perlindungan
Image

Ketahui Cara Memandikan Bayi Newborn yang Aman di Sini

Merawat bayi terutama newborn memang sangat tricky. Terutama saat hendak memandikannya dengan air dan merk sabun mandi bayi yang paling bagus. Prosesnya hampir selalu bikin deg-degan, lantaran kondisi fisik si kecil pada usia tersebut masih cenderung lemah. Tak heran, momen ini selalu membuat kebanyakan Bunda merasa khawatir jika terjadi kesalahan, bayi akan cidera.

Walau bagaimanapun, mandi adalah bagian penting dari perawatan si kecil. Mau tak mau Bunda harus tetap melakukannya setiap hari, agar tubuh bayi selalu bersih. Bagi para ibu muda yang mungkin belum pengalaman, ketahui cara memandikan bayi secara lengkap di sini, yuk! Dijamin kedepannya, Bunda tak kagok lagi dan bayi pun nyaman selama proses ini berlangsung.

3 Manfaat Mandi Bagi Bayi

Mandi punya banyak manfaat untuk bayi. Dengan melakukannya maksimal dua kali sehari menggunakan merk sabun mandi bayi yang paling bagus, tubuh si kecil akan terbebas dari kotoran dan kuman yang bisa menyebabkan gangguan kulit, seperti biang keringat atau ruam.

Selain itu, mandi juga memberi tiga manfaat lain yang tak kalah baik untuk bayi dan bahkan sang ibu. Berikut di antaranya:


Baca Juga : Hidung Bayi Mampet Tapi Tidak Pilek, Ada Apa?


Bonding

Waktu mandi sangat baik untuk memperkuat ikatan batin atau bonding Bunda dengan si kecil. Lakukan sembari mengajak bicara dan bernyanyi, jangan lupa tatap matanya dengan penuh kasih sayang. Meski nampak belum mengerti, lewat hal ini bayi sudah bisa menyadari kalau Bunda mencintainya, lho.

Menenangkan

Usai seharian tidur dan menyusu, si kecil bisa dengan mudah berkeringat hingga merasa tidak nyaman. Mandi, apalagi jika menggunakan air hangat, akan membuat bayi merasa lebih segar, tenang, dan otot-ototnya pun ikut rileks.

Bunda sembari belajar

Jangan sia-siakan waktu mandi bayi tanpa mengajarinya sesuatu. Saat mandi, Bunda dapat sembari mengasah panca indera si kecil sejak dini. Jadikan air mandinya sebagai stimulan dengan membuat bunyi-bunyian. Dengan begitu, bayi terpancing untuk menengok dan mencari sumber suara.

 

Sebelum Mandi, Siapkan Hal-Hal Berikut Ini

Siap memandikan si kecil? Persiapkan semua perlengkapan mandi bayi terlebih dulu sebelum memulai. Jangan lupa, gunakan merk sabun mandi bayi yang paling bagus ya. Lalu, siapkan juga beberapa peralatan mandi si kecil berikut ini:

Changing table/kasur dengan perlak.

Handuk dan alas ganti.

Bak mandi.

Gayung untuk mengalirkan air.

Air untuk memandikan bayi.

Merk sabun mandi bayi yang paling bagus.

Waslap untuk menyeka tubuh si kecil.

Pakaian dan popok pengganti.


Catatan: Untuk air, perhatikan suhunya benar-benar. Bayi yang baru lahir umumnya masih perlu kehangatan, sehingga tak disarangkan menggunakan air dingin. Pastikan air tersebut ‘hangat kuku’ dengan suhu sekitar 32 derajat celsius.  

Baca Juga : 27 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir


Tahapan Memandikan Bayi Newborn

Memandikan bayi tak lagi menegangkan jika Bunda sudah mengetahui tahapannya. Pastikan tidak nervous ya, Bun. Rileks saja agar bayi pun merasa nyaman. Seperti ini tahapan memandikan new born dari menyiapkan air hingga mengeringkan tubuh si kecil.

- Isi bak dengan air hangat berketinggian sekitar 7 cm, dengan suhu sekitar 32 derajat celcius.

- Baringkan bayi di alas ganti atau handuk, buka pakaiannya secara perlahan.

- Gunakan satu tangan dan lengan Bunda untuk menopang kepala serta tubuh bayi. Sangga tubuh bagian bawah dengan lengan yang lain, kemudian tempatkan ia ke air, dimulai dari bagian kaki.

- Mulai dengan membersihkan kelopak mata, dari dalam keluar, dengan kapas atau kain katun lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat. Gunakan kain yang berbeda untuk mata yang satu lagi. Lanjutkan dengan membersihkan hidung, telinga, dan wajah.

- Pastikan satu tangan menyangga kokoh punggung dan kepala bayi saat tangan Bunda yang lain membersihkan bagian tubuhnya lainnya. Jaga posisi kepala bayi tetap berada di atas permukaan air.

- Saat menggunakan sabun, tuang sedikit saja agar kulit bayi tidak kering.

- Berikan perhatian lebih pada area ketiak, belakang telinga, leher dan kelamin.

- Guyur kepala dan seluruh tubuh bayi secara perlahan dengan gayung, kemudian seka dengan waslap bersih.

- Angkat bayi perlahan-lahan. Segera letakkan bayi di atas alas ganti atau perlak yang sudah dialasi handuk. Keringkan tiap bagian tubuh secara perlahan-lahan.

- Ini saat yang tepat untuk memijat bayi sambil menyanyikan lagu atau mengajaknya bicara untuk membuat bayi makin rileks.

Jangan Lakukan Ini Ketika Memandikan Bayi

Memandikan bayi butuh kehati-hatian tingkat tinggi. Selain itu, perhatikan juga beberapa hal yang seharusnya tidak Bunda lakukan, demi kesehatan dan keselamatannya saat mandi:

1. Usahakan tidak memandikan bayi sesaat sebelum atau setelah menyusu

Menurut Heidi Murkoff dalam buku What to Expect The First Year, ketika perut penuh, si kecil berisiko muntah saat dimandikan. Sementara itu, bayi juga umumnya akan merasa tidak nyaman jika dimandikan dalam keadaan perut kosong. Maka bila ingin memandikan newborn setelah menyusu, ambil jeda dulu setidaknya 15-20 menit.

2. Jangan pernah meninggalkan bayi sendirian saat mandi di bak bayi

Sekalipun nanti ia sudah mampu duduk atau berdiri tanpa bantuan, jangan pernah meninggalkan si kecil sendirian di bak mandi. Banyak peristiwa kurang menyenangkan terjadi pada bayi saat ditinggal mandi. Jika Bunda perlu mengambil sesuatu, bawa bayi bersamamu atau minta bantuan orang lain.

3. Hindari memandikan dengan air dingin

Untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya hindari memandikan dengan air dingin demi menghindari risiko hypothermia atau menurunnya suhu tubuh secara drastis akibat kedinginan. Bunda bisa memperkenalkan air dingin pada usia tertentu, biasanya enam bulan saat kondisi fisiknya sudah lebih mudah beradaptasi.

Tips Memilih Merk Sabun Bayi yang Bagus

Berbicara mengenai perawatan si kecil, para ibu mungkin akan bertanya-tanya apa merk sabun mandi bayi yang paling bagus? Menurut dr. Mirawati Setyorini, SpKK, FINSDV, saat baru lahir, kondisi kulit bayi belum berkembang dan belum berfungsi sempurna. Kulit bayi baru lahir akan mengalami perubahan adaptif alamiah secara perlahan. Oleh karena itu, memilih sabun bayi pada dasarnya harus sesuai dengan kebutuhan kulit si kecil.

Ketika memilih merk sabun mandi bayi yang paling bagus, Bunda perlu menyesuaikan pH sabun mandi dengan keseimbangan pH kulitnya yakni 5,5. pH yang sesuai akan membuat kulit si kecil terlindungi sepanjang hari dan terhindar dari risiko iritasi. Nah, kelebihan inilah yang dimiliki Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash. Selain itu dengan menggunakan merk sabun mandi bayi yang paling bagus tersebut, Bunda dan si kecil juga akan merasakan beberapa manfaat lain berikut:

- Ada pilihan liquid dan foamy

Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash memiliki dua varian tekstur, yakni liquid dan foamy. Dua pilihan ini tentunya lebih memudahkan para ibu untuk menentukan mana sabun mandi yang paling sesuai dengan jenis kulit bayi. Untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya pilih Sleek Baby 2in1 Hair & Body Foamy Wash karena teksturnya tidak menimbulkan efek licin ketika Bunda memandikan si kecil. 


Baca Juga : Manfaat Minyak Telon Pada Bayi


- Mengandung antibacterial

Cari merk sabun mandi yang paling bagus dengan antibacterial, tapi ramah di kulit? Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash jawabannya. Sebagian besar masalah kulit bayi akan teratasi dengan sabun tersebut, tanpa memberi efek samping iritasi. Hal ini karena formulasinya ampuh melindungi kulit si kecil dari kontaminasi kuman dan bakteri.

- Busa tidak pedih di mata

Sering kali saat memandikan bayi, sabun dikhawatirkan bisa membuat mata dan kulitnya terasa pedih. Jangan khawatir, Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash aman untuk kulit bayi, kok. Keunggulan lainnya adalah merk sabun mandi bayi yang paling bagus ini tidak pedih di mata ataupun menimbulkan alergi.

- Efektif merawat kulit bayi

Merk sabun mandi bayi yang paling bagus tentunya juga memiliki kriteria efektif merawat kulit bayi. Sleek Baby 2in1 Hair & Body Liquid Wash dengan kandungan green tea, jojoba, lavender dan chamomile, dijamin membuat kulit bayi lebih halus tanpa bercak kemerahan, serta terbebas dari iritasi. Sementara Sleek Baby 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash memiliki milk protein, avocado untuk membuat kulitnya lebih lembut serta aroma lavender yang nyaman dan menenangkan.

-  Lebih praktis dan ekonomis

Sementara manfaat untuk para Bunda, Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash sangat praktis dan ekonomis. Pasalnya selain membersihkan tubuh, merk sabun mandi bayi yang paling bagus ini bisa digunakan untuk rambut si kecil. Jadi, Bunda tidak perlu membeli sampo lagi, karena sabun tersebut sudah diformulasikan dengan manfaat ganda.

Bunda tak perlu khawatir lagi saat harus memandikan bayi yang baru lahir. Asalkan tahu caranya seperti panduan di atas, pasti lama-lama terbiasa. Jangan lupa demi menunjang kesehatan kulit si kecil, gunakan merk sabun mandi bayi yang paling bagus seperti Sleek Baby 2in1 Hair & Body Wash.

Leave a comment