1000 Hari Perlindungan

Image

Kenalan Yuk Dengan Bumbu Dapur untuk Kesehatan Si Kecil

Bunda, bisa memanfaatkan bumbu dapur untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Berikut ini, bumbu dapur yang bisa Bunda pakai untuk meredakan batuk dan flu yang menyerang Si Kecil.

1. Jahe

Jahe mengandung minyak atsiri, fellandren, minyak sineol, kamfer, asam aminos, vitamin A, B1,  C dan juga protein. Jahe hangat cocok untuk Si Kecil yang terserang gejala batuk. Caranya mudah, rebus jahe dengan air putih dan tambahkan gula untuk memberikan rasa manis. Air jahe hangat bisa meredakan batuk kering atau batuk berdahak. Ramuan tradisional ini bisa Bunda berikan 1-2 sehari saat Si Kecil sakit. Rasa hangat air jahe akan membantu proses penyembuhan secara alami pada Si Kecil yang batuk.

2. Bawang Putih

Bawang putih ini banyak mengandung sumber vitamin dan mineral seperti fosfor, kalium, natrium, magnesium, dan besi.  Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat kesehatan seperti menjaga sistem kekebalan tubuh.  Kandungan allion dan allicin pada bawang putih mampu melawan virus yang menyebabkan flu. Untuk Si Kecil, Bunda bisa membuat sup ayam dengan irisan bawang putih.

3. Bawang Merah

Beberapa kandungan zat yang ada dalam bawang merah antara lain vitamin, zat pati, saponin, peptide, metilallin, dihidroallin, minyak atsiri, dan lainnya. Ketika Si Kecil demam atau batuk, Bunda bisa memberikan parutan bawang merah dan membalurkan ke seluruh punggung Si Kecil sambil diurut perlahan.

Bawang merah akan mengeluarkan gas dan bisa menghangatkan tubuh Si Kecil. Bunda bisa mengolesi baluran bawang merah yang sudah dicampur dengan minyak telon pada bagian leher dan punggung Si Kecil untuk memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan.

4. Jeruk Nipis

Bunda, ternyata jeruk nipis yang asam ternyata aman untuk diberikan sebagai ramuan tradisional pada Si Kecil yang menderita batuk berdahak. Satu sendok teh perasan jeruk nipis ditambahkan dengan madu kemudian aduk dalam air hangat. Sebaiknya perasaan jeruk nipis diberikan setelah Si Kecil makan sebanyak 2-3 kali dengan takaran 1-1/2 sdt.

Ternyata ada banyak cara alami untuk menjaga daya tahan tubuh bahkan mengobati berbagai penyakit yang menyerang SI Kecil. Tapi, penggunaan bahan-bahan alami ini alangkah lebih bijaknya kalau digunakan sebagai penunjang kesembuhan dan harus tetap berdasarkan arahan dari dokter ya, Bunda.

Leave a comment