1000 Hari Perlindungan
Image

Kegiatan Bermain Hujan Yang Aman dan Bermanfaat Untuk Si Kecil

Bermain dengan air tentunya menjadi aktivitas yang sangat disukai anak-anak. Terutama bila hujan turun, tak jarang si kecil merengek minta main hujan hujanan di luar. Bila sudah merengek pastinya sulit untuk Bunda menolak permintaan si kecil, izinkanlah mereka untuk main hujan hujanan sesekali. Karena main hujan hujanan ternyata memiliki beberapa manfaat untuk si kecil loh Bun. Namun perhatikan lagi ya hujan seperti apa yang diizinkan untuk anak bermain, bila hujan disertai angin dan petir sebaiknya jangan izinkan anak untuk bermain hujan. Pastikan juga kondisi si kecil dalam keadaan sehat dan perut sudah terisi ya.


Bunda bisa menemani si kecil main hujan hujanan loh, ajak si kecil bermain dan rasakan manfaat yang akan di dapat si kecil ketika bermain hujan. Apa saja manfaatnya, yuk Bunda simak berikut ini :


1. Stimulasi Kemampuan Motorik

Saat si kecil bermain main di bawah hujan, maka ia akan menggerakan seluruh tubuhnya. Berlompatan, menari dibawah guyuran hujan. Dengan gerakan gerakan tersebut maka akan menstimulasi kemampuan fisik motoriknya untuk berkembang dengan optimal.


Akan lebih menyenangkan jika Bunda menyediakan beberapa mainan agar main hujan hujanan makin seru. Bunda bisa membawakan payung,ember, gayung mainan perahu-perahuan agar si kecil makin aktif bermain di bawah hujan. Ajak si kecil aktif berlompatan di genangan air dan menciptakan berbagai macam cipratan


2. Merangsang Imajinasi dan Kreativitas 

Saat bermain di bawah hujan si kecil dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya loh Bun. Imajinasi si kecil akan muncul dengan sendirinya, ia bisa berpura-pura berenang, menjadi seorang pelaut atau berbagai imajinasi lainnya. Tentu saja semua hal itu akan berdampak positif bagi perkembangan daya imajinasinya.


Dengan main hujan hujanan juga dapat meningkatkan kreativitasnya. Si kecil dapat memanfaatkan benda-benda di sekitarnya untuk dijadikan permainan ketika sedang bermain hujan. Misalnya menjatuhkan helai daun ke aliran air dan membuatnya seolah sebagai kapal laut. Bunda juga bisa memancing kreativitasnya ketika sedang bermain hujan, Bunda dapat mencontohkan beberapa kegiatan kreatif yang dapat diikuti oleh si kecil.


3. Membuat Rambut Bersinar

Memang terdengar aneh yan Bun manfaat yang satu ini. Namun ternyata air hujan memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas gara dan bebas mineral buruk bagi rambut. Tentunya hal tersebut baik untuk kesehatan rambutnya. Air hujan baik untuk mempertahankan akar rambutnya sehingga mencegah masalah kerontokan pada rambut.


4. Menghilangkan Racun di Tubuh

Selain menyehatkan rambut ternyata main hujan hujanan juga bisa menghilangkan toksin pada tubuhnya loh Bun. Dengan bermain hujan maka kekebalan tubuhnya akan semakin baik, sehingga tubuh si kecil akan terbebas dari racun.


5. Menguatkan Tulang

Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa main hujan hujanan bisa membuat tulang si kecil semakin kuat. Mengapa begitu ya? Ternyata ion negatif yang ada pada air hujan dipercaya dapat menghasilkan reaksi biokimia, menetralkan asam tubuh serta menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan rapuhnya tulang.


Dinginnya air hujan dapat juga menetralkan suhu tubuh si kecil dengan baik serta memperlancar sistem peredaran darahnya.


6. Mempertajam Indra

Membiarkan si kecil main hujan hujanan juga dapat membantunya mempertajam indra. Dengan pengenalan langsung di alam maka anak yang sedang dalam proses peningkatan keseimbangan akan menjadi lebih peka. Si kecil dapat merasakan perubahan sensor dari panas ke dingin ataupun dari dingin ke panas.


Si kecil dapat mengenali aroma hujan, tanah yang basah, bunyi suara rintikan hujan, percikan hujan yang mengenai berbagai benda dan lain sebagainya. Dengan rasa penasaran anak yang tinggi akan meningkatkan indranya. Dengan membiarkan anak main hujan hujanan juga akan menjadi pengalaman baru yang akan anak ingat, ia pun dapat mengenal berbagai perubahan kondisi sehingga bisa beradaptasi dengan baik, tentunya hal ini akan bermanfaat baginya saat dewasa kelak.


7. Mengenal Alam

Manfaat lain yang dapat si kecil rasakan selanjutnya yaitu dapat menambah pengetahuan tentang alam atau sains yang berhubungan dengan hujan dan air. Anak bisa melihat bahwa air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, melihat kondisi cuaca yang berubah-ubah, reaksi tanah atau benda di sekeliling saat terkena air hujan, serta kegiatan ilmu baru lainnya.


Bunda juga dapat memberikan penjelasan tentang bagaimana hujan turun dan mengapa bisa terjadi hujan setelah si kecil selesai main hujan hujanan. Ketika beraktifitas di alam terbuka dan luar ruangan akan membentuk hubungan yang kuat antara si kecil dengan alam. Si kecil juga akan semangat untuk bereksplorasi.


8. Menjadi Waktu Bonding 

Ketika si kecil main hujan hujanan ikutlah bersamanya, temani ia bermain dan belajar. Bunda Ayah dan si kecil dapat bermain genangan, berlarian, melompat lompat bersama, saling berpelukan. Buatlah kenangan yang indah dengan si kecil, sehingga momen ini akan menjadi momen yang tak terlupakan baginya serta dapat semakin mempererta hubungan antara orang tua dan anak.


Setelah bermain hujan bersama, Bunda dapat menghangatkan badan bersama dengan memeluk satu sama lain di dalam selimut sambil bercanda-canda mengingat kegiatan seru yang dilakukan saat main hujan hujanan.


Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan si kecil ketika main hujan hujanan ya. Meskipun banyak manfaatnya masih banyak Bunda yang ragu mengizinkan si kecil untuk bermain hujan. Bunda dapat melakukan beberapa hal ini agar tetap sehat ketika bermain hujan.


1. Memastikan Kondisi Si Kecil

Sebelum mengizinkan bermain hujan pastikan kondisi si kecil dalam keadaan sehat. Jika si kecil terlihat memiliki gejala batuk, pilek atau demam sebaiknya jangan beri izin untuk bermain hujan. Pastikan juga si kecil telah makan saat ingin main hujan hujanan agar perut tidak dalam keadaan kosong sehingga terhindar dari perut kembung.


2. Menggunakan Jas Hujan dan Sepatu

Bila Bunda ragu mengizinkan si kecil terkena hujan, maka Bunda dapat memberinya jas hujan serta sepatu boot untuk memberikan perlindungan ekstra. Menggunakan jas hujan dan sepatu boot juga dapat meminimalisir bakteri dan kuman secara langsung. 


3. Jangan Biarkan Terlalu Lama

Terlalu lama bermain hujan juga tidak baik untuk si kecil, untuk itu perhatikan durasi bermainnya. Jangan sampai si kecil menggigil kedinginan karena terlalu lama bermain hujan. Biarkanlah si kecil main hujan hujanan selama 15 menit hingga 30 menit. Waktu itu terbilang cukup untuk bermain hujan.


4. Langsung Mandi Air Hangat

Setelah selesai main hujan hujanan segera ajak si kecil mandi dengan air hangat. Air hangat akan membantu suhu tubuh si kecil kembali stabil. Gunakan juga sabun hingga bersih ke seluruh badan untuk menghilangkan kotoran-kotoran serta tanah yang menempel saat bermain hujan. Jangan biarkan si kecil berlama-lama dengan baju basahnya ya Bun.


5. Oleskan Minyak Telon

Setelah mandi segera oleskan minyak telon yang akan membantu menghangatkan tubuh si kecil. Bunda dapat menggunakan Sleek Baby Telon Oil. Minyak telon yang berkualitas ini memiliki tiga kandungan utama yang baik untuk bayi, yaitu 60% minyak kelapa, 20% minyak kayu putih dan 20% minyak anisi atau minyak adas manis. Sleek Baby Telon Oil mengandung 2x lebih banyak minyak telon dibandingkan dengan minyak telon lainnya yang efektif untuk melancarkan pernafasan dan mencegah kembung pada si kecil.


Bunda juga dapat memberikan pijatan pada badan si kecil sambil mengolesi minyak telon agar si kecil nyaman dan menghilangkan pegal dan lelahnya setelah seru main hujan hujanan


6. Berikan Makanan Hangat 

Biasanya setelah main air atau main hujan hujanan membuat perut si kecil menjadi lapar. Berikanlah makanan atau minuman hangat yang bisa membuatnya nyaman kembali.

Leave a comment