1000 Hari Perlindungan

Image

Kapan Saat Tepat Mendeteksi Masalah Pendengaran Si Kecil?

Apapun yang terjadi pada perkembangan Si Kecil wajib diketahui Bunda. Tak jarang, Bunda mengabadikan momen seperti mengoceh, menyebutkan kata pertama, berguling, tertawa, merangkak, hingga berjalan. Namun, ada satu perkembangan penting yang tak boleh dilewatkan, yaitu yang berhubungan dengan pendengaran Si Kecil.

 

Mungkin sebagian orang berpikir, masalah pendengaran merupakan persoalan sepele. Tetapi tidak untuk Si Kecil. Pendengaran Si Kecil dikatakan normal jika, ia dapat merespon panggilan Bunda atau orang yang memanggilnya. Lalu, kapan kita mendeteksi masalah pendengarannya?

 

Pendengaran Si Kecil berkembang pada akhir bulan pertama. Tetapi, ia belum bisa menanggapi dan mengerti semua hal yang didengar hingga usia enam bulan. Meski demikian, mendeteksi masalah pendengaran Si Kecil harus dilakukan sejak dini.

 

1. Newborn

Normalnya, Si Kecil yang baru lahir hingga usia sebulan akan menaruh perhatian pada suara manusia maupun bunyi benda lain, khususnya yang bernada tinggi.

 

2. Dua-tiga bulan

Pada usia ini, otak Si Kecil sudah mampu untuk mendengar, berbahasa, dan mencium sesuatu. Ketika Bunda memanggilnya, ia akan melihat ke arah Bunda. Namun, ia belum bisa mendengar dengan baik apa yang dikatakan Bunda.

 

3. Empat-lima bulan

Si Kecil akan bereaksi heboh terhadap suara kencang. Ia bisa tersenyum, ketika mendengar suara televisi, Bunda, dan mencoba meniru apa yang dikatakan lawan bicara. Ia juga bisa menyuarakan huruf ‘m’ dan ‘b’. Jika ada suara keras, tetapi Si Kecil tidak bereaksi, Bunda wajib waspada dan konsultasikan hal ini ke dokter. Karena gangguan pendengaran Si Kecil disebabkan beberapa hal, sehingga memerlukan pemeriksaan intensif.

 

Seperti yang Bunda tahu, gangguan pendengaran bisa terjadi karena Si Kecil terkena virus (rubella, toxoplasmosis, atau cytomegalovirus) saat di dalam janin, faktor genetika, prematur atau bayi berat lahir rendah (BBLR), atau efek pengobatan ketika sakit.

 

4. Enam-tujuh bulan

Pada usia ini, Si Kecil sudah menyadari di mana sumber suara dan akan mencarinya. Ia mampu merespon suara sangat lembut, serta mulai mengoceh.

 

5. 12 bulan

Ketika berusia setahun, Si Kecil dapat mengenali suara favoritnya. Bahkan, ia bisa menikmatinya dan menari. Kalau yang terjadi sebaliknya, bawa Si Kecil ke dokter untuk melakukan screening pendengaran.

 

Deteksi pendengaran ini akan berlangsung hingga Si Kecil berumur tiga tahun. Semoga Bunda tetap semangat dalam mendeteksi dan menstimulasi Si Kecil, ya!

Leave a comment