1000 Hari Perlindungan

Image

Jangan Sepelekan, Segudang Manfaat Gimnastik Buat Si Kecil

Kalau Si Kecil sedang aktif-aktifnya, ia tak sungkan berlari sana-sini, bermain bola, bersepeda, bahkan ketika diperingatkan untuk di rumah, ia tetap saja sibuk dengan mainannya. Terkadang kondisi tersebut membuat Bunda kewalahan. Padahal, jika kita memanfaatkan energinya, Si Kecil bisa mengasah skill olahraganya, lho, Bunda.

 

Salah satu olahraga bagi Si Kecil dan sedang happening tiga tahun belakangan adalah gimnastik. Gimnastik merupakan olahraga yang menggabungkan kekuatan, fleksibilitas, kecepatan, keseimbangan, tenaga, disiplin, dan menyenangkan.

 

Menurut President's Council on Fitness, Sports & Nutrition, aktivitas fisik dapat mendorong dan mengajarkan Si Kecil tentang gaya hidup sehat dan kuat. Keikutsertaan dalam gimnastik pun membantu mereka tetap sehat, fit, serta dapat mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes pada masa dewasa. Sehingga penyaluran energi Si Kecil bisa membuatnya sehat dengan cara menyenangkan. Berikut ini adalah segudang manfaat yang akan diperoleh Si Kecil jika ia mengikuti gimnastik.

 

1. Kekuatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu manfaat gimnastik adalah melatih kekuatan. Artinya, berlatih gimnastik sejak usia muda membantu fondasi kekuatan otot, daya tahan, dan tenaga. Menurut International Gymnastics School, pesenam akan lebih kuat jika berlatih secara ramping. Selain itu, tubuhnya pun akan lebih ramping, otot kencang, dan postur tubuh lebih baik.

 

2. Keseimbangan, koordinasi, dan skill saraf motor

Seorang pesenam muda akan belajar bagaimana menggunakan bagian tubuhnya dalam gerakan berbeda. Alhasil, gimnastik mampu membantu Si Kecil membangun keterampilan motorik dan koordinasi, serta mengembangkan kesadaran tubuh. Lembaga English Gymnastics mengklaim bahwa kesertaan seseorang dalam gimnastik mampu membangun kewaspadaan tubuh, kontrol, koordinasi, yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

 

3. Disiplin dan komitmen

Namanya olahraga pasti membutuhkan konsentrasi dan komitmen. Nah, untuk memperkuat dua unsur ini diperlukan kedisiplinan. Jika Bunda merasa Si Kecil kurang disiplin, gimnastik dapat melatih kedisiplinannya. Karena pada dasarnya, gimnastik mengajarkan Si Kecil bagaimana bekerja keras dan mendedikasikan waktu. Peraturan dan kode etik pun menolong Si Kecil tentang pentingnya menghargai sesama dan rules of safety.

 

Selamat berolahraga untuk si Kecil... dan juga Bunda. Hihihi.

Leave a comment