1000 Hari Perlindungan
Image

Jangan Ragu Mengajak Si Kecil Melakukan Kegiatan Outdoor saat Pandemi

Anak-anak biasanya paling senang beraktivitas di luar ruangan karena hal tersebut membuatnya aktif bergerak dan bebas mengeksplorasi alam. Sayangnya, pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020 membuat semua orang harus membatasi kegiatan outdoor. Akibatnya, si Kecil jadi terpaksa lebih banyak berkegiatan #DiRumahAja agar terhindar dari wabah Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Sebenarnya kini Bunda sudah bisa mengajak si Kecil melakukan kegiatan outdoor asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Bunda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini bila ingin mengajak buah hati beraktivitas di luar ruangan:

Memastikan Bahwa Si Kecil dalam Kondisi Sehat

Hal pertama yang wajib Bunda perhatikan sebelum mengajak si Kecil melakukan aktivitas outdoor adalah kondisi kesehatan si Kecil. Pastikan bahwa kondisi kesehatannya benar-benar baik karena anak yang kurang sehat lebih rentan mengidap penyakit menular. Jadi, Bunda mesti memastikan bahwa si Kecil tidak demam, bersin-bersin, batuk, sakit perut, atau mengalami gangguan kesehatan lainnya. Kalau buah hati Bunda benar-benar sehat, maka Bunda bisa lekas menyiapkan aktivitas seru di luar ruangan.

Merencanakan Aktivitas Seru Bersama Si Kecil

Agar kegiatan di luar ruangan makin menyenangkan dan bermanfaat, sebaiknya Bunda mengajak si Kecil merencanakannya bersama-sama, ya. Ada beberapa pilihan kegiatan yang bisa dilakukan bersama si Kecil, antara lain:

  • Jalan-jalan ke pantai atau kebun binatang yang sedang sepi pengunjung.
  • Bermain di taman dekat rumah.
  • Berkebun atau berkemah di halaman rumah.
  • Playdate bersama teman-teman si Kecil tanpa mengabaikan protokol kesehatan (menjaga jarak, memakai masker, meminimalkan kontak fisik, dan lainnya).
  • Mencoba permainan tradisional, misalnya egrang, gobak sodor, tarik tambang, dan lempar tangkap bola.
  • Olahraga permainan, seperti badminton, basket, futsal, dan voli.
  • Piknik di tempat yang jauh dari keramaian.

Mencermati Cuaca Sebelum Merealisasikan Aktivitas 

Waktu terbaik untuk beraktivitas di luar ruangan yaitu pada pagi dan sore hari. Sebelum merealisasikan kegiatan outdoor, sebaiknya Bunda mencermati cuaca terlebih dahulu. Biasanya musim pancaroba menyebabkan perubahan cuaca ekstrem secara tiba-tiba. Niat beraktivitas di luar ruangan harus ditunda bila cuaca terlalu panas, berangin, atau hujan. Bunda tentu tak mau kan si Kecil jadi sakit hanya karena memaksakan diri melakukan kegiatan outdoor ketika cuaca tak bersahabat.

Menyiapkan Berbagai Perlengkapan Penting untuk Anak

Rencana kegiatan outdoor membuat Bunda harus ekstra teliti menyiapkan perlengkapan si Kecil. Jangan lupa kebersihan agar si Kecil bisa beraktivitas secara nyaman dan sehat selama berada di luar ruangan. Sebaiknya Moms menyiapkan beberapa perlengkapan ini untuk mendukung kegiatan si Kecil di luar ruangan:

  • Masker anak sesuai standar WHO. Bunda bisa menyiapkan masker medis atau masker kain tiga lapis yang bagian terdalamya terbuat dari bahan hidrofilik (katun atau campuran katun). Jangan lupa menyiapkan masker cadangan sebagai pengganti jika masker yang digunakan si Kecil sudah kotor atau basah karena keringat.
  • Tisu basah yang mengandung antibakteri.
  • Tisu kering.
  • Handsanitizer yang mengandung 70% alkohol. Pastikan kalau handsanitizer pilihan Bunda aman untuk kulit buah hati sehingga tidak menimbulkan iritasi.
  • Pakaian ganti.
  • Kantong plastik untuk menyimpan sampah atau pakaian kotor.

Membawa Bekal Makanan dan Minuman dari Rumah

Bunda patut menjaga kesehatan si Kecil saat beraktivitas di luar ruangan dengan cara menyiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah. Sehingga si Kecil tidak tergiur untuk jajan di luar rumah saat lapar atau haus. Bunda patut memperhatikan beberapa hal ini saat menyiapkan bekal si Kecil, ya:

  • Membuat makanan yang praktis, lezat, dan disukai si Kecil. Bunda mesti menggunakan bahan-bahan makanan favorit agar si Kecil jadi lebih berselera. Beberapa bahan makanan yang biasanya disukai anak, yaitu telur, ayam, keju, sosis, dan cokelat.
  • Menyiapkan bekal yang praktis untuk disantap di luar ruangan, misalnya finger food yang mudah digenggam dan tidak mudah tumpah. Hindari makanan yang sulit dinikmati di ruang terbuka, misalnya sup atau daging yang teksturnya alot.
  • Menggunakan wadah makanan dan botol minum yang bahannya aman (BPA free), tidak mudah tumpah, dan kedap udara sehingga kualitas makanan dan minuman tetap terjaga.
  • Meluangkan waktu untuk menata bekal anak secara menarik sehingga si Kecil makin berselera. Bunda bisa membuat bento box yang bentuknya cantik dan berwarna-warni. 

Mencuci Peralatan Makan Si Kecil Sebelum dan Sesudah Aktivitas Outdoor

Selain memperhatikan kebersihan tubuh si buah hati, Bunda juga wajib membersihkan peralatan makan si Kecil secara seksama. Peralatan makan yang digunakan saat beraktivitas outdoor memang rentan terpapar mikroorganisme penyebab penyakit (virus, bakteri, dan jamur). Oleh sebab itu, Bunda harus mencuci peralatan makan tersebut sampai bersih sebelum dan sesudah digunakan.

Untuk urusan membersihkan peralatan makan anak, Bunda dapat mempercayakannya pada produk Sleek Baby Pembersih Botol (juga dikenal dengan nama Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser). Selain bisa digunakan untuk membersihkan botol susu bayi, Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci peralatan makan anak. Bunda bisa mendapatkan 8 perlindungan menyeluruh berikut ini bila menggunakan Sleek Baby Pembersih Botol:

1. Telah lolos uji klinis di lembaga terakreditasi.

2. Mengandung bahan yang aman dan natural, seperti Natural Anti Bacterial yang ampuh membasmi semua bakteri dan kotoran dan kotoran dari sisa susu maupun makanan.

3. Stain Removal Formula membuat botol menjadi kesat setelah mencuci lemak.

4. Bersifat paraben free sehingga aman dari bahan kimia berbahaya.

5. Food Grade Formula yang diklaim aman jika ada sisa sabun pada peralatan makan yang tidak sengaja tertelan oleh si Kecil serta tidak meninggalkan residu apapun.  

6. Hypoallergenic sehingga kandungannya tidak akan membuat kulit Bunda jadi kering atau mengelupas sesering apapun Bunda mencuci botol dengan Sleek Baby Bottle Nipple & Accessories Cleanser.

7. Cairannya bersifat konsentrat dengan tekstur kental dan padat. Pemakaian dalam jumlah sedikit sudah cukup untuk mencuci banyak botol dan membuat Bunda jadi lebih hemat. 

8. Microbiological Tested atau telah teruji efektif membunuh mikroorganisme berbahaya yang rentan mendiami dan merusak bahan pangan.

Mengingatkan Si Kecil untuk Membersihkan Diri setelah Beraktivitas

Hal terakhir yang mesti dilakukan si Kecil usai beraktivitas di luar ruangan adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Beberapa hal yang tak boleh dilewatkan saat pulang ke rumah antara lain:

  • Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun antibakteri.
  • Menyemprot tas dan barang bawaan lainnya dengan cairan disinfektan sebelum masuk ke rumah.
  • Jangan menyentuh barang apapun di rumah sebelum membersihkan diri.
  • Mandi dan mencuci rambut sampai bersih.
  • Berganti pakaian usai mandi. Sebaiknya pakaian dan masker kain yang digunakan saat beraktivitas di luar ruangan segera dicuci dengan deterjen yang mengandung antibakteri.


Kesimpulannya, jangan lupa kebersihan diri sendiri dan barang bawaan supaya si Kecil tetap sehat setelah beraktivitas di luar ruangan. Tak perlu ragu melakukan berbagai kegiatan seru secara outdoor jika Bunda dan buah hati bisa konsisten menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri.

Leave a comment