1000 Hari Perlindungan

Image

Inilah Manfaat Gadget Buat Si Kecil

Penggunaan gadget pada Si Kecil masih menjadi pro dan kontra. Ada orang tua yang setuju karena gadget dapat membuat Si Kecil melek teknologi. Namun, tak sedikit yang tidak setuju dengan alasan membuat Si Kecil malas dan merusak mata.

Sebenarnya, perkembangan teknologi—termasuk gadget—memiliki nilai positif untuk Si Kecil. Dengan catatan, orangtua ikut mendampingi dan mengenalkan aplikasi edukatif. Inilah manfaat mengenalkan gadget kepada Si Kecil.

 

1. Membaca

Membaca merupakan makanan super untuk otak, hati, dan jiwa Si Kecil. Membaca akan menambah kosakata, kemampuan menulis, dan melatih daya imajinasi. Tugas Bunda adalah memilih aplikasi membaca dan menceritakan isinya. Jika Si Kecil sudah belajar membaca, libatkan juga ia dalam memilih topiknya. Tak ada salahnya menumbuhkan minat baca sejak dini, kan?

2. Audiobook

Selain membaca, Bunda dapat memilih aplikasi audiobook. Aplikasi audiobook cocok untuk Si Kecil yang gemar audio visual, yaitu gemar melihat gambar sekaligus mendengarkan suara dari gambar tersebut. Jika Si Kecil suka mendengarkan audiobook, mengapa tak menjadikannya sebagai kegiatan rutin? Tanya juga pendapatnya mengenai cerita di audiobook, hargailah apapun yang ia katakan.

Audiobooks are valuable media for your children because they don’t pre-digest imagery for them…as your kids listen to the stories, they’re given the exquisite experience of actively imagining the worlds they’re hearing about, rather than having the characters and scenery presented to them like in a website or TV show. Their brains can paint the characters and actions in ways that resonate most with them,” ujar dr. Michael Rich dari Harvard Medical School.

3. Game

Khusus untuk game, Bunda wajib selektif memilih game apalagi untuk Si Kecil. Pilih game yang bisa melatih memori dan punyai nilai edukasi. Sebisa mungkin batasi penggunaan gadget untuk game, misalnya seminggu sekali atau dua kali.

 

Jika Si Kecil merengek meminta main gadget, Bunda bisa mengajaknya bermain di luar. Seperti bermain bola, layang-layang, naik sepeda, atau berenang di kolam karet. 

Leave a comment