1000 Hari Perlindungan

Image

Inilah Beberapa Perkembangan Motorik Si Kecil Sebelum Usia 1 Tahun

Agar proses tumbuh dan kembang Si Kecil terjaga, Bunda tidak hanya perlu memerhatikan pertumbuhan fisiknya saja. Selain pertumbuhan fisik, Bunda juga perlu memerhatikan seberapa cepat perkembangan motorik yang dialami Si Kecil. Sebab, perkembangan motorik yang berjalan cepat bisa mendukung kecerdasan Si Kecil sekaligus membuat Si Kecil lebih tanggap terhadap sekitarnya.

Dalam membantu perkembangan motoriknya, Bunda bisa melakukannya sejak Si Kecil baru lahir. Sebab, perkembangan motorik bisa dimulai ketika Si Kecil belum genap berusia 1 tahun. Untuk itu, perhatikan lebih dulu beberapa perkembangan motorik Si Kecil sebelum memasuki usia 1 tahun sebagai berikut :


Menggenggam

Perkembangan pertama yang akan terlihat saat Si Kecil baru lahir adalah tangannya yang mulai menggenggam. Biasanya Si Kecil akan menggenggam ketika diberikan rangsangan berupa sentuhan di sekitar tangannya. Selain itu, setelah menggenggam biasanya tangan Si Kecil juga akan menarik benda yang digenggamnya. Agar perkembangan motorik pada tangan Si Kecil lebih cepat, maka Bunda perlu memberikan rangsangan agar Si Kecil tertarik untuk menggerakkan tangannya.


Tengkurap

Setelah tangannya menggenggam, proses perkembangan yang umumnya dialami Si Kecil yakni tengkurap. Si Kecil akan mulai belajar menggulingkan tubuhnya agar bisa tengkurap saat usia 3 bulan. Proses latihan tengkurap sangat bermanfaat untuk melatih kekuatan otot di tubuhnya seperti otot di leher, badan dan tangan. Rangsang Si Kecil untuk aktif bergerak dengan meletakkan mainan di sekitar tempat tidurnya. Jika tertarik, Si Kecil akan meresponnya dengan mencoba tengkurap agar bisa mengambil mainan tersebut.


Duduk

Proses perkembangan motorik berikutnya yang dialami oleh Si Kecil adalah duduk. Proses ini dapat memperkuat otot di bagian punggung dan perut Si Kecil. Biasanya, Si Kecil melakukan ini saat telah memasuki usia 4-6 tahun. Agar Si Kecil bisa duduk, Bunda perlu melatihnya dengan meletakkan Si Kecil pada posisi duduk. Jaga keseimbangan Si Kecil saat sedang duduk agar Si Kecil tidak jatuh. Lakukan proses ini di tempat yang empuk agar Si Kecil tidak cedera saat mencoba duduk untuk pertama kalinya.


Makan Sendiri

Sebelum memasuki usia 1 tahun, Si Kecil sudah bisa makan sendiri, lho, Bun. Proses makan sendiri tentu tidak dapat dilakukan dengan mudah dan Bunda perlu melatihnya agar nyaman saat makan sendiri. Selain itu, aktivitas makan sendiri biasanya baru bisa dilakukan Si Kecil ketika memasuki usia diatas 6 bulan. Sebab, di usia tersebut Si Kecil sudah bisa mengenggam makanannya dengan benar dan bisa duduk secara normal.

Agar memudahkan proses belajar makan sendiri, tempatkan Si Kecil di tempat duduk dan meja khusus untuk dirinya. Berikan makanan yang mudah dicerna dan biarkan Si Kecil memegang makanan tersebut. Proses memberikan makanan dengan cara memegang makanan sendiri bisa memberikan banyak manfaat untuk Si Kecil. Karena, Si Kecil dapat mengenal sendiri makanan yang dimakan serta melatih motorik mulutnya secara natural. Meskipun berantakan, Bunda perlu melanjutkan proses ini terus menerus agar perkembangan motorik Si Kecil tetap terjaga.


Supaya Si Kecil bisa menjalani proses latihan makan dengan aman, pastikan Bunda menjaga kebersihan peralatan makannya. Bersihkan peralatan makan Si Kecil dengan sabun pencuci yang aman dan memiliki kandungan antibakterial didalamnya. Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kebersihan peralatan makan Si Kecil. 

Kandungan Stain Removal Formula yang ada didalamnya dapat menghilangkan sisa lemak pada makanan dan mencegah perkembangan bakteri pada peralatan makannya. Selain itu, Sleek Baby Bottle Nipple & Baby Accessories Cleanser juga memiliki formula food grade yang aman untuk peralatan makan Si Kecil. Sehingga, Si Kecil bisa menjalani proses perkembangan motorik secara lebih aman karena peralatan makannya terjaga kebersihannya.


Leave a comment