1000 Hari Perlindungan

Image

Inilah 4 Cara Menjaga Pompa ASI Tetap Bersih

Selain mengurus Si Kecil, pasti Bunda juga direpotkan soal membersihkan pompa ASI. Demi menjaga pompa ASI agar terhindar bakteri, bersih, serta awet, biasanya Bunda harus melakukan pencucian berulang kali, baik dengan air panas dan dengan air biasa.

 

Padahal, saat ini sudah ada cara menjaga pompa ASI yang lebih mudah dan menghemat tenaga. Bagaimana caranya?

 

Pertama, cuci semua bagian pompa ASI bersama-sama. Ketika Bunda ingin menyelingi kegiatan memompa ASI dengan melakukan pekerjaan rumah lain, sebaiknya Bunda jangan langsung mencuci bagian atas pompa ASI (personal fit). Simpan bagian tersebut dalam plastik ziploc dan letakkan di kulkas. Personal fit dapat digunakan kembali, setelah itu Bunda benar-benar selesai memompa ASI barulah cuci semua bagian pompa bersamaan. Agar awet, cuci peralatan tersebut dengan Sleek Bottle Nipple & Accessories Cleanser.

Kedua, mencuci dengan air mengalir atau dishwasher. Ketika mencuci pompa ASI, Bunda dapat menggunakan air mengalir dari keran cuci maupun dishwasher. Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, pompa bisa dicuci di dishwasher. Tetapi, Bunda perlu memeriksa buku manual dishwasher, apakah aman atau tidak untuk membersihkan pompa ASI di sana.

Ketiga, gunakan spons untuk noda susu. Jika terdapat noda susu membandel, Bunda dapat menggunakan spons lembut dan menggosoknya secara perlahan. Jangan menggunakan sikat botol, ya, Bunda. Karena bisa merusak personal fit.

Keempat, beli beberapa bagian pompa ASI. Jika Bunda hanya memiliki satu set pompa ASI tak masalah. Bunda tinggal membeli bagian personal fit atau breast shields-nya saja. Hal ini diperlukan untuk “jaga-jaga” jika salah satu personal fit kotor. 

Leave a comment