1000 Hari Perlindungan

Image

Ini Lho Bun, Mainan yang Sesuai Usia Si Kecil

Memilih mainan untuk Si Kecil tak bisa sembarangan. Pilihlah yang tepat sesuai usia Si Kecil.

 

Bagi Si Kecil, bermain bukan sekedar kegiatan pengisi waktu. Melalui bermain, ia bisa belajar dan mengembangkan kemampuannya. Jika Bunda memilihkan mainan yang tepat, Si Kecil akan terstimulasi untuk berkembang dengan baik dan kecerdasannya semakin meningkat.

 

0 – 1 tahun

Pada tahap ini, Si Kecil sedang mengembangkan kemampuan panca inderanya. Biasanya ia senang memasukkan mainan ke mulut, meraih benda yang menarik perhatian, hingga menjatuhkan benda berulang-ulang karena ingin mendengar bunyinya. Mainan yang direkomendasikan adalah mainan yang menimbulkan bunyi, memiliki warna menarik, atau memiliki tekstur yang berbeda-beda.

 

1 – 3 tahun

Kemampuan kognitif Si Kecil mulai berkembang pada usia ini. Bunda bisa memberikan mainan seperti puzzle sederhana atau mainan mengelompokkan bentuk balok. Hal ini akan mengasah kemampuannya dalam berpikir. Pada usia ini, kemampuan motorik kasar maupun motorik halusnya juga perlu dilatih. Motorik kasar terkait dengan berjalan, berlari, merangkak, menendang, mengayuh, dan sebagainya. Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain lempar bola, bersepeda, atau bermain kejar-kejaran bila ia sudah mahir berjalan sendiri. Sedangkan motorik halus adalah koordinasi gerakan mata dengan tangan. Kegiatan yang bisa Bunda lakukan untuk melatih motorik halus adalah dengan mengajaknya melukis atau mewarnai, membuat prakarya (mengoleskan lem, menjumput kertas, menaburkan glitter, dsbnya).

3 – 5 tahun

Anak-anak di atas 3 tahun mulai banyak menggunakan imajinasinya. Benda apa pun di sekitar Si Kecil dapat dijadikan permainan. Bunda bisa mengajak Si Kecil berpura-pura kemping dengan memanfaatkan selimut serta meja kursi sebagai tenda. Mainan lain yang dapat melatih imajinasinya misalnya playdough, balok susun, maupun kostum profesi. Biarkan Si Kecil membuat bangunan yang ia inginkan dari balok susun atau berimajinasi menjadi pilot sambil mengenakan kostum profesi.

 

5 tahun ke atas

Di usia ini Si Kecil mulai bersekolah. Ia punya kesempatan mengenal lebih banyak lingkungan di luar rumah. Stimulasi Si Kecil untuk lebih banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. Aktivitas ini selain membuat tubuh Si Kecil lebih sehat, juga membantunya memiliki koordinasi tubuh yang lebih baik. Bunda juga bisa memberikan permainan yang sesuai minatnya, misalnya alat musik, bola basket, sepeda, dan sebagainya.

 

Perhatikan Ini, Bun!

Selain memilih jenis mainan yang sesuai usia Si Kecil, Bunda juga harus teliti memerhatikan bahan, warna, serta bentuk mainannya. Hindari mainan yang berisiko melukai Si Kecil atau mengandung cat yang kurang baik untuk kesehatan. Satu lagi, pastikan kebersihan mainan dengan mencucinya secara teratur menggunakan sabun pembersih yang aman untuk Si Kecil ya Bun! 

Leave a comment