1000 Hari Perlindungan

Image

Ini Fakta Tentang Bayi Baru Lahir!

Sebagai orangtua baru, Bunda tentu perlu tahu kondisi si Kecil baru lahir. Apa saja sih yang perlu Bunda tahu seputar si Kecil yang baru lahir?

 

1. Waktu Tidur yang Lama

Bunda, jangan panik ya kalau si Kecil hampir seharian tidur terus. Hal ini memang karena si Kecil yang baru lahir masih membutuhkan tidur sebanyak 17-20 jam perhari. Periode waktu setiap tidurnya tidak lebih dari 5 jam, sedangkan untuk waktu bangunnya tidak lebih dari 2-3 jam.

2. Sering Menangis

Bunda, karena si Kecil belum bisa berkomunikasi dengan baik, maka untuk menyampaikan sesuatu diberitahukan dengan cara menangis. Misal, si Kecil lapar, haus, merasa tidak nyaman atau sakit, maka si Kecil akan lebih banyak menangis keras terus menerus.

 

3. Bernapas Tidak Teratur

Si Kecil yang baru lahir dengan cara normal umumnya bernafas cepat, pendek, dan terengah-engah. Sampai usia si Kecil 3 bulan, Bunda akan melihat nafas si Kecil yang tidak teratur.

 

4. Ubun-ubun Berdenyut

Bunda, kalau pegang ubun-ubun si Kecil yang baru lahir, bentuknya sangat lunak dan belum ada pelindung tulangnya. Ini kondisi yang normal dan Bunda tidak perlu khawatir kalau ubun-ubun si Kecil berdenyut-denyut dan sangat lunak.

 

5. Kulit Keriput
Si Kecil yang baru lahir kulitnya bukan lembut dan halus malah cenderung keriput dan kering. Ini wajar Bunda, karena fungsi kulit belum sempurna. Pada minggu-minggu awal pasca lahir akan terlihat perubahan pada kulit bayi. Perlahan, kulit yang keriput tersebut akan menghilang dan berubah menjadi kulit yang mulus dan segar.

 

6. Bintik-bintik Putih di Wajah

Bunda juga akan melihat bintik-bintik putih pada wajah si Kecil yang baru lahir.
Bintik tersebut dinamakan milia dan tergolong normal. Pertumbuhan milia ini dipengaruhi hormon ibu yang masih terkandung dalam tubuh bayi. Milia adalah keringat dan kelenjar minyak yang membesar atau tersumbat di kulit dan biasanya akan menghilang setelah usia 3 - 4 bulan.

 

7. Tali Pusat Puput

Tapi pusat akan puput (lepas) dalam waktu 3 -10 hari pasca lahir dan lukanya akan kering dalam waktu 1 minggu. Selama proses ini, tali pusat akan berwarna kecoklatan dan tampak basah. Sebaiknya, kebersihan tetap dijaga agar tidak terjadi infeksi.

 

So, Bunda nggak perlu cemas dengan kondisi yang disebutkan di atas ya.
 

Leave a comment