1000 Hari Perlindungan

Image

Ini Dia Penyebab Kulit Si Kecil Kering!

Kulit kering sering kali menjadi masalah yang sering terjadi pada Si Kecil. Umumnya, kulit kering terjadi di daerah lengan, ruas jari, perut, paha, atau bahkan sampai ke pipi. Ada banyak penyebab kenapa kulit Si Kecil bisa kering yang harus Bunda ketahui, seperti  5 hal dibawah ini.

1. Dermatitis

Kulit yang kering pada Si Kecil bisa jadi disebabkan oleh dermatitis. Dermatitis, atau juga dikenal dengan eksim, merupakan masalah peradangan yang menyebabkan kulit menjadi merah dan gatal. Dermatitis biasa disebabkan oleh alergi atau iritasi. Jika terkena gangguan kulit ini, wajar jika Si Kecil sering menangis karena tidak nyaman dengan kondisi kulitnya.

2. Mandi Terlalu Lama

Mandi bisa membuat tubuh Si Kecil bersih dari debu dan kotoran. Tapi ternyata aktivitas mandi yang terlalu lama, bisa menjadi penyebab kulit si Kecil kering. Bunda, cukup memandikan 5-10 menit dengan air hangat untuk menjaga kelembaban kulit si Kecil kesayang Bunda.

3. Udara Terlalu Dingin atau Panas 

Jika sering terkena udara dingin, misalnya pada ruangan ber-AC, kulit akan cenderung kering karena tidak mengeluarkan keringat sama sekali. Sebaliknya, saat berada dalam ruangan yang terlalu panas, Si Kecil juga akan sering berkeringat dan dapat menyebabkan biang keringat .

Untuk itu, selalu pastikan Si Kecil berada dalam suhu ruangan yang nyaman agar tidak membuat kulitnya menjadi lebih kering. Jangan lupa untuk mengganti pakaian apabila ia sudah banyak berkeringat, dan oleskan krim khusus bayi untuk menjaga kelembaban kulitnya.

4. Pakaian yang Kurang Nyaman

Menggunakan pakaian dengan bahan yang kasar dapat membuat kulit Si Kecil menjadi kering. Belum lagi, ukuran pakaian yang terlalu ketat juga tidak baik untuk kulitnya. Sebaiknya, Bunda memilih bahan katun yang mampu menyerap keringat dengan baik. Si Kecil akan merasa nyaman dan terbebas dari gangguan kulit.

5. Sabun yang Terlalu Banyak 

Asumsi memberikan sabun yang banyak saat mandi akan membuat tubuh lebih bersih ternyata tidak selalu benar. Karena, pemberian sabun yang berlebihan juga tidak baik untuk kulit Si Kecil. Pakai sabun dengan takaran yang wajar dan secukupnya.

Selain itu, Bunda juga perlu memastikan pemilihan sabun yang khusus untuk si Kecil. Bunda, bisa memakai Sleek Baby Liquid Soap yang mengandung ekstrak chamomile dan oatmilk untuk menjaga kesehatan  kulit si Kecil. Selain itu, Sleek Baby Liquid Soap juga telah lulus uji klinis Dermatology  dan no tears test lho, Bunda.

Leave a comment