1000 Hari Perlindungan

Image

Ingin Menggunakan Sabun Mandi Cair untuk Bayi? Perhatikan Lebih Dulu Kadar pH yang Dimilikinya

Saat membersihkan tubuh si Kecil biasanya para ibu menggunakan sabun khusus yang berbeda dengan sabun mandi orang dewasa. Sudah tahukah Bunda kalau sabun mandi cair bayi memiliki kadar pH khusus yang sesuai dengan kulit si Kecil? Jika belum, alangkah lebih baik jika Bunda memperhatikan kadar pH yang dimiliki sabun mandi cair Bayi sebelumnya melalui ulasan berikut.

Pengertian pH

pH merupakan singkatan dari potential Hidrogen atau jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia menjadi hidrogen potensial. Satuan pH dibuat untuk menunjukkan seberapa asam suatu zat. pH memiliki skala antara 0-14 dengan PH netral 7. Jika angka pH berada di atas 7 maka dapat dikatakan zat tersebut berarti basa. Sebaliknya, ketika pH berada dibawah 7 maka zat tersebut dikatakan asam.

Hubungan pH dengan Kulit

Lalu, apa hubungannya antara tingkat keasaman yang ditunjukan oleh pH dengan kulit manusia? Pada manusia dewasa umumnya keseimbangan pH yang dimiliki adalah 7 atau mendekati 7. Akan tetapi, sebenarnya bukan kulit yang memiliki pH atau tingkat keasaman melainkan keringat dan kelenjar sebaceous yang ada pada kulit. Adanya tingkat keasaman pada kelenjar Sebaceous membuat Bunda harus berhati-hati terhadap kadar pH yang digunakan pada sabun mandi terlebih sabun mandi cair bayi.

Tingkat PH dan karakteristik kulit bayi

Lalu, apakah tingkat keseimbangan pH yang dimiliki kulit orang dewasa sama dengan bayi? Seperti yang Bunda ketahui, kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi umumnya lebih sensitive dibandingkan kulit orang dewasa. Pun begitu dengan kadar keseimbangan pH kulit bayi yang berada di kisaran 5,5. Perbedaan keseimbangan pH inilah yang membuat sabun mandi cair bayi berbeda dengan sabun mandi cair orang dewasa.

Kemudian, bagaimana dengan karakteristik kulit bayi? Secara spesifik, kulit bayi dermi (bagian kulit luar) yang lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Tak hanya lapisan derminya yang lebih tipis dari kulit orang dewasa, lapisan Hydrolipidic yang dimiliki kulit bayi juga lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Lapisan Hydrolipidic berperan dalam melindungi kulit dari bakteri serta sebagai penghalang bakteri masuk kedalam tubuh manusia. Karena lapisan Hydrolipidic yang lebih tipis, maka tak heran jika kulit bayi tergolong lebih sensitive dibandingkan kulit orang dewasa.

Pengaruh tingkat PH pada kulit bayi

Setelah mengetahui bagaimana karakteristik dari kulit si Kecil dan keseimbangan pH pada kulitnya, lalu bagaimana pengaruh tingkat pH terhadap kulitnya? Tingkat pH yang berbeda pada kulit si Kecil memberikan dampak yang signifikan ketika Bunda salah dalam memilih sabun mandi cair untuk bayi. Sebagian besar sabun untuk orang dewasa memiliki pH 9 dan beberapa memiliki pH 7. Ketika Bunda menggunakan pH dengan tingkat yang tak sesuai dengan kulit si kecil, maka bisa jadi kulit si kecil akan bermasalah seperti alergi atau iritasi ringan.

Jenis sabun yang baik untuk bayi

Karena besarnya pengaruh tingkat pH terhadap kulit bayi, maka sebaiknya Bunda memilih sabun mandi cair yang tepat untuk si kecil. Untuk itu, saat memilih sabun mandi cair bayi, sebaiknya Bunda sesuaikan pH sabun mandi yang akan digunakan dengan keseimbangan pH kulit bayi yakni 5,5. pH yang sesuai dengan kulit bayi akan membuat kulit si Kecil senantiasa terlindungi sepanjang hari dan terhindar dari bahaya iritasi yang bisa menghampiri.

Leave a comment