1000 Hari Perlindungan
Image

Hidung Bayi Mampet Tapi Tidak Pilek, Ada Apa?

Hidung mampet tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman, apalagi bila terjadi pada buah hati Bunda. Hal ini akan membuat bayi tidak bisa tidur dengan nyenyak dan kehilangan nafsu makan. Meskipun mengkhawatirkan, hidung mampet merupakan keadaan umum saat flu terjadi pada bayi, karena sistem daya tahan tubuh mereka belum berkembang dengan sempurna. Hidung mampet merupakan gejala awal yang dapat mengakibatkan bayi sulit bernapas. Namun, Bunda tidak harus panik karena beberapa cara sederhana dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi hidung bayi mampet tapi tidak pilek.


Penyebab Hidung Bayi Mampet Tapi Tidak Pilek

Di tahun pertamanya, bayi biasanya lebih mudah terkena pilek atau flu. Hal ini terjadi karena sistem daya tahan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna, sehingga mudah terinfeksi virus yang menyerang tenggorokan dan hidungnya. Hidung mampet memang merupakan gejala awal flu atau pilek yang dapat menyebabkan bagian hidung, pembuluh darah dan jaringan hidung yang berdekatan mengalami pembengkakan.


Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Baru Lahir


Kondisi hidung seperti ini pasti akan membuat bayi sulit bernapas dan menjadi sangat rewel karena bayi tidak tahu apa yang harus dilakukannya saat hidungnya terasa tidak nyaman. Bayi akan sering menggosokkan tangan pada hidungnya karena terasa gatal akibat hidungnya yang mampet. Rangsangan pernapasan bayi juga belum begitu sempurna, Bund, sehingga jika ada lendir di mulut atau hidungnya, si kecil masih sulit mengeluarkan lendir tersebut sendiri. Ketika bayi menangis, produksi lendir pun akan bertambah sehingga memperburuk sumbatan di hidungnya yang menyebabkan bayi semakin sulit bernapas. Terkadang karena hidung mampet, bayi bernapas dengan mulut yang malah menyebabkan suaranya menjadi berat dan seperti mengorok.


Selain itu, ada pula sejumlah alergi dan iritasi yang dapat memicu hidung mampet pada bayi. Misalnya alergi terhadap debu, serbuk sari bunga atau zat lainnya yang masuk ke dalam hidung dan akan menyebabkan peradangan. Oleh karena itu, hidung menjadi mampet dan mengeluarkan lendir karena kelebihan sekresi lendir. Hidung mampet juga dapat terjadi karena infeksi, paparan polusi dan asap yang menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan pada bayi. Agar mendapatkan kepastian penyebab hidung bayi mampet tapi tidak pilek, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak dahulu, ya!


Cara Mengatasi Hidung Bayi Mampet Tapi Tidak Pilek

Mengatasi hidung bayi mampet tapi tidak pilek memang dapat membuat setiap orangtua merasa khawatir. Pasalnya, bayi hanya bisa rewel tanpa mengetahui ketidaknyamanan yang dirasakannya. Pada saat seperti inilah, Bunda diharapkan untuk tetap tenang. Cobalah untuk konsultasikan ke dokter anak untuk memastikan penyebab hidung bayi mampet tapi tidak pilek. Selain itu, cobalah melakukan beberapa cara untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan bayi ketika hidung mampet. Di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi hidung bayi mampet tapi tidak pilek yang dapat Bunda praktikkan di rumah, di antaranya:


1. Tambah asupan cairan agar bayi tetap terhidrasi

Saat hidung bayi mampet tapi tidak pilek, si kecil akan sangat membutuhkan cairan. Jika usianya sudah cukup untuk diberikan makanan pendamping ASI seperti sup, berikanlah sup hangat untuk membuatnya merasa lebih baik. Namun jika usianya belum cukup untuk diberikan makanan pendamping ASI, berikan ASI atau susu formula seperti biasa. Kondisi yang tetap terhidrasi akan mengurangi hidung mampet pada bayi.


Baca Juga : Penyebab Perut Bayi Kembung dan Berbunyi


2. Jaga udara di rumah agar tetap bersih

Selanjutnya, jaga udara di rumah agar tetap bersih. Udara yang kotor dapat membuat saluran pernapasan bayi menjadi terganggu. Radang bisa muncul, bahkan memperburuk hidung mampet yang dialaminya. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk senantiasa menjaga kebersihan di setiap ruangan. Biarkan cahaya matahari masuk dengan membuka pintu dan jendela setiap pagi. Serta jauhkan si kecil dari udara yang berpolusi.


3. Gunakan humidifier untuk melembabkan udara di dalam ruangan.

Penggunaan humidifier dapat meringankan hidung bayi mampet tapi tidak pilek, karena kelembaban ruangan menjadi agen yang bermanfaat yang dapat membantu menghilangkan hidung mampet, serta membuat kondisi udara dalam ruangan lembab dan nyaman karena udara yang kering akan sangat menyiksa saluran pernapasa. Jika tidak memiliki humidifier, Bunda dapat menggunakan uap dari air panas dan biarkan si kecil menghirupnya selama 10-15 menit.


4. Buang lendir dari hidungnya

Bayi tidak dapat membuang lendir pada hidungnya sendiri, sehingga si kecil akan sangat memerlukan bantuan ibu untuk mengatasinya. Bunda dapat menggunakan alat penyedot ingus yang berebentu seperti pipet, kemudian sedot lendir dari hidungnya dan angkat secara perlahan. Cara ini mudah untuk dilakukan agar bayi merasa lebih cepat terbebas dari hidungnya yang mampet tersebut.


5. Menghilangkan lendir yang telah mengeras

Kalau hidung bayi mampet tapi tidak pilek, mungkin ada lendir yang mengeras di dalamnya, Saat mengecek hidung si kecil, Bunda mungkin akan melihat lendir yang sudah mongering hingga sulit diangkat. Bunda dapat membersihkannya untuk mengatasi hidung mampet pada bayi dengan kapas dan air hangat. Lakukan secara perlahan untuk menghindari iritasi pada kulit bayi.


6. Biarkan bayi untuk tetap beristirahat

Cara terbaik untuk membantu bayi bernapas dengan nyaman saat mengalami hidung mampet selama istirahat, angkat kepalanya saat tidur sehingga posisi dengan kepala lebih tinggi ini dapat memudahkannya bernapas dengan nyaman. Berikan terus ASI agar reflex menelan membuat hidung mampetnya reda atau susu formula hangat supaya lebih melegakan pernapasan si kecil.


Pijat Sederhana Untuk Mengatasi Hidung Bayi Mampet Tapi Tidak Pilek

Mengatasi hidung bayi mampet tapi tidak pilek atau flu sebenarnya tidak membutuhkan obat. Beri pijatan pada tubuhnya untuk membantu mengatasi hidung bayi mampet tapi tidak pilek ini. Dalam gerakan pijat ini, Bunda membutuhkan Sleek Baby Telon Oil yang kandungan 2x minyak telonnya ampuh memberi kehangatan, sehingga napas kembali lega. Bunda dapat melakukan pijat sederhana di rumah dengan cara sebagai berikut:


Baca Juga : Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Bunda Ketahui


- Oleskan Sleek Baby Telon Oil, letakkan tangan di dada bayi, gosok perlahan dada membentuk bentuk hati. Bagian tubuh seperti dada, punggung, perut, tangan, kaki dan leher memiliki pembuluh darah yang halus yang jika dioleskan Sleek Baby Telon Oil dengan cara dipijat perlahan juga akan membuat tubuh si kecil menjadi rileks. Sleek Baby Telon Oil memiliki kandungan minyak anisi lebih banyak sehingga efektif cegah kembung dan melancarkan pernafasan.


- Gosok bagian dada dengan gerakan tangan menyilang secara bergantian.

- Letakkan kedua telunjuk di bagian atas hidung, gosok perlahan ke arah atas melintasi bagian bawah mata, belakang telinga dan leher, lalu ulangi hingga tiga kali. 


Di tahun pertamanya, si kecil lebih mudah mengalami hidung bayi mampet tapi tidak pilek. Segera periksakan si kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat ya, ibu-ibu. Bunda juga disarankan untuk tidak sembarangan memberikan obat flu kepadanya saat hidungnya mampet. Sebagai perawatan di rumah, lakukan beberapa cara mengatasi hidung bayi mampet tapi tidak pilek untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakannya.

Leave a comment