1000 Hari Perlindungan
Image

Hati-Hati Minyak Telon Palsu! Intip Cara Membedakan dan Memilihnya

Tak dapat dipungkiri, sekarang banyak ditemui barang-barang palsu, termasuk kebutuhan kita sehari-hari. Minyak telon yang palsu pun banyak beredar di pasaran dengan beragam merek terkenal sekalipun. Bunda perlu berhati-hati dalam membeli minyak telon untuk kebutuhan utama si kecil. Karena jika tidak, ketika si kecil diberikan minyak telon yang palsu, si kecil tidak merasakan efek apa-apa hingga buruknya, dapat membahayakan kesehatan si kecil. Apalagi, semakin canggih teknologi semakin sulit cara membedakan minyak telon asli dan palsu. 

Pelaku pemalsu produk minyak telon sudah semakin canggih membuat tiruannya. Mereka tidak hanya mampu membuat minyak telon dengan aroma dan bentuk kemasan yang sama persis seperti aslinya, namun juga menduplikasi secara persis tulisan pada stiker di kemasannya. Ini membuat masyarakat pada umumnya kesulitan untuk menemukan cara membedakan minyak telon asli dan palsu. Berbeda dengan minyak kayu putih, minyak telon memiliki aroma lebih lembut dan tidak menyengat. 

Nama minyak telon itu sendiri berasal dari Bahasa Jawa yaitu dari kata ‘telu’ yang berarti ‘tiga’ karena pada dasarnya kandungan minyak telon sendiri berasal dari 3 bahan minyak utama, yaitu minyak kayu putih (Oleum Cajuput), minyak adas manis/anisi (Oleum Anisi) dan minyak kelapa (Oleum Cocos) dengan kadar perbandingan masing-masing minyak yang telah disesuaikan. Komposisi dari setiap minyak dalam kandungan minyak telon sengaja ditakar dan disesuaikan dengan kulit bayi dan anak kecil. 

Hal ini bertujuan agar kandungan minyak tersebut dapat menyerap dengan efektif ke dalam tubuhnya karena lapisan kulit bayi yang masih tipis. Khasiat dan efek positif dari minyak telon dapat langsung dirasakan oleh si kecil jika dapat diserap dengan sempurna oleh kulit si kecil. Minyak telon telah secara turun temurun memang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi si kecil. 

Bunda perlu berhati-hati dalam membeli minyak telon untuk kebutuhan utama si kecil. Karena jika tidak, ketika si kecil diberikan minyak telon yang palsu, si kecil tidak merasakan efek apa-apa hingga buruknya, dapat membahayakan kesehatan si kecil. Namun, sepandai-pandainya sebuah produk dipalsukan, pasti akan selalu ada ciri khusus yang dapat menjadi tanda untuk membedakannya, termasuk pada produk minyak telon. Paling tidak, ciri khusus yang menjadi tanda untuk membedakan itu dapat diamati dari kemasan, cairan minyak dan efeknya yang dapat dirasakan oleh tubuh. 

7 Cara Membedakan Minyak Telon Asli dan Palsu

Minyak telon yang palsu sudah dipastikan tidak meenuhi standar kelayakan karena dibuat dengan asal-asalan, tanpa perhitungan dan hanya mengejar sisi keuntungan penjualan saja. Cara membedakan minyak telon asli dan palsu dapat diketahui dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

Melihat warna pada cairan minyak telon menjadi cara membedakan minyak telon asli dan palsu yang paling awal. Warna minyak telon yang asli itu adalah kuning cerah atau bening kekuning-kuningan. Sedangkan pada minyak telon yang palsu cenderung berwarna kehijauan.


Cek segel pada tutup botol kemasan dapat menjadi cara membedakan minyak telon asli dan palsu yang terlihat oleh mata. Tutup botol kemasan minyak telon yang asli biasanya tersegel dengan baik, sehingga agak keras saat pertama kali dibuka.


Cara membedakan minyak telon asli dan palsu selanjutnya adalah dengan mencium aromanya. Minyak telon yang asli memiliki aroma khas yang mirip dengan bau harum bayi. Sedangkan minyak telon yang palsu umumnya memiliki aroma minyak kayu putih yang menyengat atau terlalu kuat, karena pelaku pemalsu minyak telon mencampurkan minyak kayu putih dengan takaran paling banyak. Padahal komposisi minyak telon yang asli, seharusnya memiliki unsur minyak kayu putih yang lebih sedikit, sehingga aromanya pun sudah tercampur dengan campuran minyak adas dan minyak kelapa.


Oleskan minyak telon pada kulit sebagai cara membedakan minyak telon asli dan palsu selanjutnya. Saat dioleskan pada kulit, minyak telon yang palsu cenderung tidak menimbulkan sensasi rasa hangat dan hanya terasa normal saja seperti terkena air biasa. Ini bisa disebabkan karena terlalu banyak kandungan pelarutnya sehingga tidak menimbulkan sensasi apapun dan terasa netral di kulit.


Cara membedakan minyak telon asli dan palsu lainnya adalah membandingkan kemasan produk minyak telon sejenis dengan produk minyak telon yang pernah dibeli sebelumnya. Jika terlihat ada perbedaan yang mencolok pada kemasannya, maka salah satu dari kedua botol minyak telon tersebut adalah palsu selama pihak produsen tidak mengumumkan adanya perubahan bentuk kemasan minyak telonnya, baik melalui televisi maupun media komunikasi lainnya.


Stiker hologram yang ditempelkan pada botol kemasan juga dapat menjadi cara membedakan minyak telon asli dan palsu. Pada botol kemasan minyak telon yang asli biasanya terdapat stiker hologram khusus sebagai penanda keasliannya.


Minyak telon yang asli umumnya sudah terkomputerisasi dalam proses produksinya, termasuk pencantuman tanggal kadaluarsa produk pada kemasan. Cara membedakan minyak telon asli dan palsu juga bisa dengan mencari tanggal kadaluarsa pada kemasannya. Pada minyak telon yang palsu tidak tercantum informasi tanggal kadaluarsa ini dengan cetakan yang jelas.

 Tips Memilih Minyak Telon yang Paling Tepat

Bunda harus lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih minyak telon yang tepat untuk si kecil, sebab kulit bayi masih sangat sensitif. Jika Bunda salah memilih minyak telon karena tidak mengetahui cara membedakan minyak telon asli dan palsu, hal ini bisa mengakibatkan kulit bayi mengalami iritasi dan memerah karena alergi terhadap kandungan tertentu. Walaupun ada berbagai macam minyak telon di pasaran, berikut tips yang dapat Bunda lakukan dalam memilih minyak telon yang tepat dan terhindar dari pembelian minyak telon yang palsu:

Bunda dapat membeli produk minyak telon di toko yang terpercaya, seperti minimarket atau supermarket agar terjamin keasliannya. Selain itu Bunda juga dapat membeli di toko resmi produk tersebut di marketplace jika ingin membeli secara online. Ingat ya, Bunda, pilih toko yang resmi dengan tanda centang di samping namanya.


Kebanyakan produk minyak telon yang palsu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga di toko resmi. Jangan tergiur harga yang murah ya, Bunda. Walaupun harga di warung lebih murah daripada di supermarket, namun belum tentu terjamin keasliannya. Tidak apa-apa jika membeli produk yang lebih mahal sedikit agar Bunda merasa tenang karena terjamin aman untuk si kecil.


Selalu memperhatikan cara membedakan minyak telon yang asli dan palsu tersebut di atas saat akan membeli produk minyak telon. Mulai dari kemasan botolnya, cairan minyaknya, aromanya hingga efek yang dirasakan saat mencoba minyak telon tersebut pertama kali.


Walaupun begitu, Bunda harus tetap mencobanya terlebih dahulu pada kulit Bunda sebelum mengoleskan pada kulit si kecil yang sensitif agar si kecil aman dan tidak menimbulkan reaksi apapun pada si kecil.


Seperti itulah cara membedakan minyak telon yang asli dan palsu. Pilih Sleek Baby Telon Oil, sudah pasti original. Di samping itu, kualitas yang dimiliki pun bukan abal-abal. Sleek Baby Telon Oil mengandung minyak anisi yang ampuh meredakan perut kembung, serta kandungannya yang 2x minyak telon biasa dapat digunakan sebagai P3K terbaik untuk melegakan pernapasan si Kecil saat pilek melanda. 

Leave a comment