1000 Hari Perlindungan

Image

Hati-hati, Lima Penyakit Musim Hujan Siap Mengintai Si Kecil!

Musim hujan sudah datang dan kerepotan di dalam rumah pun tak dapat dihindari. Mulai dari jemuran belum kering, membersihkan halaman rumah dari genangan air, serta Si Kecil yang sedang terserang penyakit “musiman”. Lakukan langkah preventif sebelum Si Kecil harus terjangkit wabah musiman.

 

Berikut ini lima penyakit musim hujan yang kerap mengintai Si Kecil.

 

1. Demam

Demam merupakan gejala tubuh merespon sesuatu (kuman, bakteri, jamur) yang berasal dari luar tubuh. Jika Si Kecil demam atau suhu badan tinggi berikan air mineral atau susu sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, lalu balurkan campuran minyak kayu putih dan parutan bawang merah. Jika demam sudah mendekati 40 derajat celcius, hubungi dokter terdekat.

 

2. Flu, batuk, dan pilek

Sudah lumrah Si Kecil menderita flu, batuk, dan pilek di kala musim hujan. Melarangnya untuk tidak main di luar sepertinya sia-sia, karena Si Kecil yang sedang aktif-aktifnya selalu ingin bermain. Tenang Bunda, semua dapat diatasi. Berikan saja pengertian bahwa untuk bermain, Si Kecil harus istirahat (tidur), mengonsumsi sup dan minuman hangat (teh lemon, jahe manis), relaksasi, dan berikan air garam sebagai anti-inflamasi alami ketika batuk dan pilek.

 

3. Demam berdarah dengue (DBD)

Bunda perlu waspada dengan penyakit satu ini. jika Si Kecil menunjukkan demam, nyeri pada mata belakang, tulang, otot, sendi, kepala, serta mual, muntah, dan bintik-bintik merah pada bagian tubuh, berarti ia telah terserang virus dengue. Segera bawa Si Kecil ke dokter dan pastikan ia dalam perawatan maksimal. Jika dirawat di rumah, berikan obat sesuai resep dokter, berikan makanan bernutrisi, cukup cairan, dan cukup istirahat. Jaga pula suhu dan kelembapan kamar, sehingga nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD tidak bersarang.

 

4. Radang tenggorokan

Tiba-tiba Si Kecil rewel, ogah makan, dan terkadang mual-mual? Wah, Bunda perlu hati-hati karena hal itu bagian dari gejala radang tenggorokan. Sebenarnya, radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya asal Si Kecil mengonsumsi makanan bernutrisi serta cukup cairan.

 

5. Cacingan

Si Kecil cenderung tak peduli terhadap kebersihan, apalagi kalau sudah bermain di luar rumah. akibatnya, telur cacing bisa terbawa dengan mudah, kemudian masuk ke tubuhnya. Untuk mengobati cacingan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Leave a comment