1000 Hari Perlindungan

Image

Hal-hal yang Harus Bunda Perhatikan Saat Memandikan Si Kecil

Mandi merupakan salah satu langkah yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Si Kecil. Sebab, dengan mandi, kulit Si Kecil akan lebih bersih dan terbebas dari kuman penyebab penyakit. Akan tetapi, memandikan Si Kecil juga bukanlah hal yang mudah dan bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan dalam memandikan Si Kecil. Berikut ini beberapa diantaranya.


Menentukan Waktu yang Ideal

Saat memandikan Si Kecil, Bunda perlu mengetahui waktu yang ideal untuk memandikannya. Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk memandikannya agar Si Kecil bisa dijemur dibawah sinar matahari pagi setelah dimandikan. Selain itu memandikan Si Kecil pada sore hari juga bisa dilakukan selama Si Kecil tidak merasa kedinginan setelah dimandikan. Namun, pastikan Bunda tidak memandikan Si Kecil ketika waktu makan atau tidurnya agar istirahat dan asupan gizinya terpenuhi.


Durasi Mandi yang Tepat

Bagi orang dewasa, mandi umumnya dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Namun, bagi Si Kecil, mandi tidak perlu dilakukan terlalu sering. Sebab, kulit Si Kecil lebih sensitif dibanding orang dewasa dan lebih rentan terhadap iritasi. Selain itu, memandikan terlalu sering juga bisa membuat kulit Si Kecil lebih kering dan lebih mudah iritasi. Oleh karena itu, Bunda tidak perlu memandikan Si Kecil terlalu sering, agar kesehatan kulitnya bisa tetap terjaga dan juga selalu lembab.


Tidak Memandikan Si Kecil Setelah Makan atau Minum Susu

Sebelum memandikan Si Kecil, pastikan Bunda tidak memandikannya setelah SI Kecil makan atau minum susu yaa. Sebab, ketika mandi Bunda perlu membersihkan seluruh tubuhnya termasuk bagian perut Si Kecil. Ketika perut yang dibersihkan mengalami tekanan, maka bisa menyebabkan Si Kecil muntah. Sebaiknya tunggu beberapa saat mulai dari 30 menit sampai 1 jam setelah Si Kecil makan dan minum susu untuk memandikannya.


Memperhatikan Suhu Air

Kulit Si Kecil yang lebih tipis dibanding orang dewasa tidak hanya membuat kulitnya lebih sensitif dan mudah iritasi, melainkan juga mudah kedinginan. Untuk mencegah Si Kecil kedinginan, maka Bunda perlu memandikan Si Kecil di momen yang tepat dan dengan suhu air yang tepat. Usahakan untuk tidak memandikan Si Kecil dengan air dingin karena tubuh Si Kecil tidak sekuat orang dewasa. Gunakan air dengan suhu sekitar 38 derajat Celcius agar terasa hangat ketika dimandikan. Dengan demikian, Si Kecil tidak merasa kedinginan dan tubuhnya bisa dibersihkan walau sedang berada di cuaca dingin sekalipun.


Menggunakan Sabun yang Tepat

Kebersihan saat mandi sangat perlu Bunda perhatikan agar kulit Si Kecil senantiasa terlindungi dari penyakit. Untuk memastikan kesehatan saat mandi, Bunda bisa menggunakan sabun yang tepat sesuai dengan kulit Si Kecil. Gunakanlah sabun bayi yang diformulasikan khusus untuk kulitnya yang sensitif karena Si Kecil membutuhkan sabun yang aman untuk digunakan dan bebas dari bahan kimia berbahaya.


Salah satu produk sabun terbaik yang bisa Bunda gunakan untuk Si Kecil adalah Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash. Produk ini sangat direkomendasikan karena terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa mencegah kulit Si Kecil dari iritasi. Selain itu, sabun ini juga sangat cocok untuk kulit Si Kecil yang baru lahir agar tetap bersih dan terlindungi. Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Foamy Wash selain sebagai shampoo untuk rambut bisa juga digunakan sebagai sabun untuk badan, banyak kan Moms kegunaannya! Teksturnya yang foamy pun memudahkan Bunda dalam memandikan si Kecil sehingga Bunda bisa memberikan perlindungan terbaik untuk Si Kecil melalui penggunaan sabun yang tepat untuk kulitnya.


Leave a comment